-->

Kandungan Gizi Dan Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan gizi dan manfaat daging sapi - Daging sapi diperoleh dari hewan ternak sapi yang diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang sangat lezat. Makanan seperti bakso, soto daging, sate, steak merupakan sebagian contoh makanan yang menggunakan bahan dasar daging sapi. Daging sapi kaya akan kandungan gizi yang sangat dibutuhkan tubuh, oleh karena itu pada kesempatan ini akan dijelaskan kandungan gizi dan manfaat yang terdapat pada daging sapi.
Daging Sapi Segar
Saat perayaan Idul adha atau Idul fitri pasti sebagian besar orang memiliki stok daging di rumah, baik daging sapi atau daging kambing. Pada daging sapi mengandung gizi yang sangat tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh kita, asalkan tidak berlebihan.

Kandungan Gizi Daging Sapi Per 100 gr


Kandungan gizi yang terdapat pada 100 gr daging sapi adalah energi 207 Kkal, protein 18,8 gr, lemak 14 gr, karbohidrat 0 gr, kalsium 11 mg, fosfor 170 mg, zat besi 3 mg, vitamin A 30 IU, vitamin B1 0,08 mg, vitamin C 0 mg dan air 66 gr. Untuk lebih jelas mengenai komposisi gizi pada daging sapi, bBerikut ini adalah lis komposisi kandungan gizi pada daging sapi per 100 gram :

Bahan : Daging sapi
Berat   : 100 Gram (g)
  • Jumlah kandungan Energi = 207 kkal
  • Jumlah kandungan Protein = 18,8 gr
  • Jumlah kandungan Lemak = 14 gr
  • Jumlah kandungan Karbohidrat = 0 gr
  • Jumlah kandungan Kalsium  = 11 mg
  • Jumlah kandungan Fosfor = 170 mg
  • Jumlah kandungan Zat Besi = 3 mg
  • Jumlah kandungan Vitamin A = 30 IU
  • Jumlah kandungan Vitamin B1 = 0,08 mg
  • Jumlah kandungan Vitamin C = 0 mg
  • Jumlah kandungan Air = 66 gr

Sumber Data : Direktorat Gizi, Depkes (2004)

Perlu diketahui bahwa kandungan gizi yang terdapat pada daging sapi seperti protein, ternyata dapat membantu memproduksi jaringan otot baru, yaitu memproduksi antibodi serta melindungi tubuh dari infeksi, dan warna merah yang dihasilkan pada daging sapi mengandung banyak zat besi, zat besi inilah yang memproduksi hemoglobin oksigen dari darah ke seluruh sel otot. Agar lebih sehat sebaiknya daging sapi diolah menjadi sajian sup atau soto bening dengan tambahan sayuran.

Manfaat Daging Sapi Berdasarkan Kandungan Gizinya


Daging sapi atau daging merah merupakan sumber protein dan besi yang sangat baik, selain itu, kedua jenis daging ini juga mengandung zinc, vitamin B12, omega-3, nianicin, riboflavn, vitamin B6, asam pantotenat dan fosfor. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan kandungan gizi yang terdapat pada daging sapi diantaranya sebagai berikut :

1. Zat Besi


Zat besi adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh kita, kita bisa mendapatkan zat besi ini salah satunya dari daging sapi, jika tubuh kita kekurangan zat besi, maka akan menyebabkan gejala anemia sehingga tubuh kita akan menjadi lesu. Zat besi pada daging sapi bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Zat besi berperan sebagai benteng bagi tubuh kita karena zat besi bisa meningkatkan kekebalan tubuh..

2. Protein

 
Daging sapi juga mengandung protein yang bisa membantu perkembangan otak pada anak, selain mengandung protein rasanya pun juga enak, protein juga bisa membantu tubuh anda untuk membentuk jaringan baru pada otot anda.

3. Selenium


Kandungan gizi lainnya yang ada pada daging sapi adalah selenium, selenium sendiri sangat dibutuhkan untuk membentuk zat antioksidan dan meningkatkan imunitas anak

4. Seng Atau Zinc


Kandungan zat seng yang terdapat pada daging sapi, memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh kita, ketika tubuh kekurangan zat seng tersebut maka bisa mengakibatkan gangguan fungsi kekebalan tubuh.

5. Vitamin B Kompleks


Selain kandungan gizi di atas Konsentrasi dan daya ingat bisa menjadi masalah tersendiri bagi kita, karena kandungan Vitamin B kompleks yang terdapat pada daging sapi membentuk kerja sistem saraf otak sehingga mampu membentuk dan menjaga meningkatkan daya ingat.

6. Omega 3


Omega 3 ini membentuk fungsi jantung sistem saraf pusat dan hati, dalam 150 gram daging sapi terkandung sekitar kurang lebih 30 gram asam lemak Omega 3. Selain itu omega 3 ini yang berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan Tubuh


Daging sapi merupakan bahan makanan yang digunakan untuk memenuhi gizi dan protein yang diperlukan oleh tubuh. Daging sapi kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh dan berikut ini adalah manfaat daging sapi untuk tubuh kita yang perlu anda ketahui :

1. Bermanfaat untuk menambah masa otot lebih kuat dan kencang


Protein pada daging sapi sangat tinggi sehingga dapat menambah masa otot menjadi lebih kuat dan lebih kencang. Untuk Anda yang menginginkan badan six pack sangat disarankan untuk mengkonsumsi daging sapi guna untuk asupan protein pada tubuh.

2. Bermanfaat sebagai sumber energi


Ternyata disetiap 100 gram daging sapi itu terdapat kurang lebih 250 kkal, yang cukup banyak, sehingga dapat memenuhi dari kebutuhan tubuh anda kemudian diolah oleh tubuh menjadi sebuah energi.

3. Bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka


Kandungan protein yang terdapat pada daging sapi sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka karena protein adalah zat pembangunan sel dalam tubuh. Mengkonsumsi daging sapi sangat dianjurkan ketika bagian dari tubuh mengalami luka atau selepas operasi.

4. Bermanfaat untuk mencegah diabetes


Penyakit diabetes sering kali disebabkan karena kurangnya kadar insulin yang berperan pengting dalam mengendalikan gula darah. Daging yang yang diolah secara benar dan dikonsumsi sesuai dengan aturan bisa meminimalisir resiko terkena diabetes, sehingga daging sapi ini sangat cocok untuk anda konsumsi untuk mencegah terkena diabetes.

5. Bermanfaat untuk mencegah obesitas


Kelebihan berat badan memang tidak nyaman yang disebabkan oleh lemak, selain itu, kandungan lemak yang berimbang terdapat pada daging sapi, kandungan lemaknya cukup aman, jadi dengan mengkonsumsi daging sapi bisa terhindar dari kegemukan atau obesitas, info ini sangat penting bagi anda yang sedang melakukan program diet.

6. Bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak


Untuk meningkatkan kecerdasan otak anak ternyata bisa dibantu dengan cara mengkonsumsi daging sapi, tidak hanya untuk otak, tetapi juga untuk kesehatan anak-anak dalam perkembangan khususnya untuk meningkatkan masa tumbuh anak, karena di dalam daging sapi mengandung omega 3 dan omega 6 serta zat protein yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh.

7. Bermanfaat untuk mencegah stroke


Perlu diketahui bahwa serangan stroke bisa terjadi karena sel-sel syaraf yang tidak mendapatkan cukup oksigen dari pembuluh darah kapiler. Salah satu kandungan lemak yang ada pada daging sapi adalah lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Faktor yang harus diperhatikan adalah pengolahan daging sapi dengan benar sehingga bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari daging sapi tersebut.

8. Bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh


kandungan nutrisi dan protein yang ada dalam daging sapi ini terbilang sangat tinggi, sehingga bermanfaat untuk meningkat kan kekebalan tubuh. Salah satu tujuan orang sering mengkonsumsi daging sapi karena kandungan zat yang ada pada daging sapi dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga badan selalu sehat tidak mudah sakit.

9.  Bermanfaat untuk mencegah anemia


Manfaat mengkonsumsi daging sapi lainnya yaitu dapat mengatasi dan mencegah resiko penyakit anemia. Zat besi yang terkandung pada daging sapi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah sehingga mengurangi resiko kekurangan darah merah sehingga penyakit anemia dapat dicegah.

10. Bermanfaat untuk memperbanyak sel-sel darah merah


Mengkonsumsi daging sapi merupakan fungsi dari protein serta zat besi yang terkandung dalam daging sapi untuk membentuk jaringan hemoglobin. Seperti penjelasan sebelum bahwa zat besi adalah salah satu zat yang digunakan untuk pembentukan darah dan daging sapi adalah bahan makanan yang kaya akan zat besi.

11. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit


Kulit merupakan bagian yang sensitif pada tubuh manusia, terkadang kulit juga bisa kekurangan nutrisi, agar kulit terjaga kesehatannya bisa juga kita atasi dengan mengkonsumsi daging sapi, sebab di dalam daging sapi mengandung kadar air, vitamin, dan protein yang tentunya sangat dibutuhkan oleh kulit, sehingga kulit akan terjaga kesehatannya.

12. Bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker


Manfaat mengkonsumsi daging sapi yang lainnya yaitu dapat mencegah resiko penyakit kanker, dalam hal ini, penyakit stroke disebabkan karena sel-sel saraf tidak mendapatkan oksigen yang cukup dari pembuluh darah.

13. Bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung


Kandungan dari omega 3 dan omega 6 daging sapi ini dapat mencegah resiko serangan jantung karena kandungan omega 3 dan omega 6 yang terdapat pada daging sapi sangat baik untuk kesehatan jantung.

14. Bermanfaat untuk meningkatkan produksi sperma


Manfaat mengkonsumsi daging sapi yang lainnya yaitu dapat meningkatkan reproduksi sperma anda sehingga meningkatkan sangat dianjurkan untuk pasangan suami istri untuk mengkonsumsi daging sapi untuk mendukung hubungan suami istri.

15. Bermanfaat sebagai perlindungan yang baik bagi tubuh


Daging sapi memiliki cita rasa yang sangat lezat, oleh karena itu banyak orang yang menyukai daging sapi sebagai makanan favorit,  selain memiliki rasa yang lezat, mengkonsumsi daging sapi ini juga dapat memberikan manfaat lebih bagi kesehatan tubuh anda dan salah satunya yaitu sebagai perlindungan tubuh yang baik.

16. Bermanfaat untuk menjadikan berat badan ideal


Seperti yang sudah dijelaskan bahwa daging sapi mengandung banyak energi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, selain itu mengkonsumsi daging sapi menjadikan tubuh lebih ideal dan terhindar dari obesitas atau kegemukan.

Efek Samping Terlalu Banyak Makan Daging Sapi


Organisasi kesehatan dunia sudah menyatakan orang yang kebanyakan makan daging beresiko terkena kanker, daging memang santapan yang enak dan mengeyangkan, tetapi makan terlalu berlebihan juga dapat menimbulkan resiko kesehatan yang serius. Berikut ini adalah efek samping dan bahaya terlalu banyak makan daging sapi :

1.  Napas bau


Seseorang  yang mengkonsumsi daging secara berlebihan berarti kelebihan kandungan protein juga, kondisi ini akan memicu pada kondisi ketosis, yang mana tubuh akan membakar lemak untuk menjadikan energi.

2.  Peradangan


Pada saat mengkonsumsi daging sapi biasanya sulit untuk dicerna, meskipun sudah dimasak, hal ini akan meningkatkan jumlah enzim pencernaan untuk dapat mencerna makanan tersebut. Jika kejadian seperti itu sering terjadi, maka dapat menimbulkan asam lemak dalam tubuh, yang memberikan kontribusi untuk kondisi peradangan dan rasa sakit.

3.  Kanker


Dalam daging sapi terdapat bahan kimia organik yang sangat beracun yang dikenal bernama dioxin, dimana bahan kimia tersebut berasal dari partikel mikroskopis dari abu dari insinerator yang telah menetap di rumput dan tanaman yang dimakan oleh hewan ternak seperti sapi. 

Beberapa ilmuan mengatakan bahwa dioxin merupakan hormon kimia yang dapat mengganggu fungsi sel-sel dalam tubuh, sehingga hal ini akan berpotensi untuk meningkatkan memicu endometriosis, gangguan attention deficit disorder, kecacatan sistem reproduksi anak-anak, sindrom kelelahan kronis, menurunnya sistem kekebalan tubuh dan gangguan saraf

4.  Keracunan


Daging sapi merupakan sumber dari jenis kuman mematikan yang bernama E. Colli 0157:H7 yang dapat menyebabkan keracunan makanan, kuman tersebut ada pada daging sapi yang telah terkontaminasi dengan kotoran sapi pada saat penyembelihan dilakukan.

5.  Mood labil


Harus kita ketahui bahwa tubuh dan otak sangat butuh asupan karbohidrat yang berasal dari tepung dan gula, asupan karbohidrat ini diperlukan untuk merangsang produksi hormon serotonin  sebagai pengatur mood anda.

6.  Resistensi obat-obatan


Biasanya hewan-hewan yang ada di pertenakan akan ditambahkan obat-obatan atau antibiotik pada makanan hewan, hal ini bertujuan untuk menambah berat badan hewan serta untuk mencegah terjadinya wabah penyakit menular, efek samping obat-obatan yang diberikan secara rutin berkontribusi pada masalah resistensi obat-obatan atau antibiotik pada manusia yang mengkonsumsinya.

Tips Memilih Daging Sapi Yang Baik


Untuk menjamin kesehatan tubuh tentu daging yang dikonsumsi harus sehat dan higenis. Untuk mendapatkan daging segar berkualitas dan sehat Anda dapat menggunakan beberapa tips di bawah ini sebelum membeli daging sapi :
  1. Perhatikan warna daging dengan memilih daging yang berwarna cerah merah dan terlihat segar, jangan memilih daging yang warnanya pucat karena bisa jadi daging tersebut sudah lama dan tak layak konsumsi.
  2. Perhatikan aroma daging yang masih tercium aroma segar bau dagingnya.
  3. Perhatikan tekstur daging yang kenyal dengan cara menekan sedikit daging dan apabila terasa kenyal dan daging kembali semua maka akan tersebut masih segar.
  4. Hindari membeli daging dalam keadaan beku.
  5. Hindari membeli daging yang berair.
  6. Pastikan untuk memperhatikan kehalalan daging sapi dengan memperhatikan tempat pembelian daging sapi atau sertifikat halal.

Sampai di sini kita telah selesai membahas kandungan gizi dan manfaat daging sapi berikut efek samping dan tips dalam memilih daging daging sapi. Lalu bagaimana dengan daging kambing ? Nah, untuk memperluas pengetahuan Anda kami sarankan untuk menyimak artikel kandungan gizi dan manfaat daging kambing pada blog ini.
Demikianlah pembahasan kita tentang kandungan gizi serta manfaat mengkonsumsi daging sapi untuk kesehatan tubuh, mudah mudahan dengan pembahasan pada artikel ini kita akan bertambah wawasan mengenai kesehatan.

0 Response to "Kandungan Gizi Dan Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel