-->

Kandungan Gizi Buah Apel Dan Manfaat Mengkonsumsi Apel Bagi Kesehatan

Apel merupakan jenis buah-buahan yang sangat populer di seluruh penjuru negeri. Buah apel pada awalnya berasal dari Asia Tengah, dan kini sudah dibudidayakan oleh berbagai negara salah satunya Indonesia dan telah menjadi salah satu makanan sehat bagi semua penduduk di dunia. Buah apel ini memiliki banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, nah pada kesempatan ini akan dijelaskan kandungan gizi apel dan manfaat apel.

Kandungan gizi dan manfaat buah apel
Buah Apel

Buah apel sering kita jumpai di pasar tradisional maupun supermarket, harganya pun tidak terlalu mahal dan rasanya manis. Buah Apel yang biasanya dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan minuman jus, buah apel mengandung serat makanan (fiber), vitamin C dan beberapa jenis antioksidan yang tinggi. Untuk lebih mengenal buah apel selanjutnya akan dibahas asal usul buah apel, kandungan gizi apel, manfaat buah apel, jenis - jenis buah apel dan efek samping mengkonsumsi apel secara berlebihan.

Pusat keragaman genus malus adalah Turki Timur, pohon apel mungkin merupakan tumbuhan awal yang menjadi tanaman petani, buah-buahannya diperbaiki memalui proses seleksi selama ribuan tahun. Iskandar Agung dihargai karena menemukan tumbuhan apel kerdil di Asia kecil pada tahun 300 SM, Apel musim dingin yang dipetik pada akhir musim gugur dan disimpan dalam suhu yang sedikit melebihi beku, Apel ini telah menjadi makanan penting di Asia dan Eropa selama ribuan tahun, dan juga di Argentina dan Amerika Serikat sejak kedatangan bangsa Eropa.

Kandungan Gizi Apel Per 100g

 
Ada banyak kandungan gizi / nutrisi yang terdapat pada buah apel yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, berikut ini adalah kandungan gizi Apel per 100 g :
Jenis Gizi / Nutris
Jumlah Kandungan
AKG %
Kalori
52 kkal
-
Karbohidrat
13,8 g
-
Air
86%
-
Gula
10,4 g
-
Protein
0.3%
-
Serat
2,4 g
-
Lemak
0,2 g
-
Vitamin A
3 ug
0 %
Vitamin C
4,6 g
5 %
Vitamin E
0,18 mg
1%
Vitamin B1 ( Thiamine )
0,02 mg
1 %
Vitamin B2 ( Riboflavin )
0,03 mg
2 &
Vitamin B3 ( Niacin )
0,09 mg
1 %
Vitamin B5 (Panthothenic acid )
0,06 mg
1 %
Vitamin B6 ( Pyridoxine )
0,04 mg
3 %
Vitamin B9 ( Floaf )
3 µg
-
Vitamin B12
0 µg
1 %
Kalsium
6 mg
1 %
Zat Besi
0,12 mg
2 %
Cholin
3,4 mg
1%
Magnesium
5 mg
1 %
Fosfor
11 mg
2 %
Sodium
1 mg
0 %
Seng
0,04 mg
0 %
Potassium
107 mg
2 %
Keterangan :
- Angka Kecukupan Gizi (AKG) merupakan angka rata - rata kecukupan gizi sehari bagi orang sehat berdasarkan golongan umur, jenis kelamin, ukuran fisik tubuh, genetik dan keadaan fisiologis untuk mencapai derajat kesehatan dengan ukuran yang maksimal.

Manfaat Apel Untuk Kesehatan


Buah apel yang nama ilmiahnya disebut (Malus Domestica) mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita, manfaat-manfaat buah apel diantaranya yaitu:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol


Serat larut yang terdapat pada apel akan mengikat lemak di usus sehingga akan menurunkan kolesterol anda.

2. Mengendalikan Berat Badan


Berat badan yang berlebihan merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, struk dan masih banyak yang lainnya, untuk menurunkan berat badan yang berlebihan biasanya dokter akan menyarankan diet dengan menggunakan apel yang kaya serat, apel merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Apel yang berwarna merah mengandung antioksidan yang disebut dengan Quercetin. Penelitian baru mengatakan bahwa Quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, pada saat kita mengalami stres.

4. Mencegah Katarak


Katarak adalah penyakit yang mengaburkan penglihatan dan sangat menjadi umum bagi manusia, Sebuah penelitian jangka panjang menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah apel akan menurunkan risiko terkena penyakit katarak sekitar 10% hingga 20%.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker


Para penelitian berasal dari Universitas Cornell mengidentifikasi beberapa senyawa yang terdapat pada kulit apel (senyawa triterpenoids) dapat menghambat pertumbuhan sel kanker terutama sel kanker hati, usus besar serta kanker payudara.

6. Menurunkan Risiko Diabetes


Apel merupakan buah yang kaya serat larut, Apel dapat mengendalikan darah dengan melepaskan zat gula lebih lambat ke dalam aliran darah. Dengan demikian, lonjakan gula darah yang dikhawatirkan oleh penderita diabetes akan terhindar, serat larut juga memiliki zat anti-inflamasi yang dapat membantu penderita diabetes pulih lebih cepat dari infeksi.

7. Jantung Yang Lebih Sehat


Senyawa Fenolik yang terdapat pada kulit apel mencegah peningkatan kadar kolesterol dengan memperkuat dinding pembuluh arteri atau pembuluh nadi dan mencegah pembentukan plak (plaque) di dalam arteri, pembentukan plak dalam arteri ini yang dapat mengurangi aliran darah ke jantung sehingga menyebabkan penyakit jantung koroner.

8. Mencegah Batu Empedu (Gallstones)


Batu empedu terbentuk ketika terlalu banyak kolesterol dalam empedu tubuh manusia, apel yang kaya dengan serat dapat membantu kita dalam mengendalikan kolesterol dan berat badan yang merupakan penyebab utama terbentuknya batu empedu.

9. Membantu sistem Pencernaan


Apel mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga penyakit seperti sembelit dan diare dapat tercegah dengan mengkonsumsi buah apel. Apel juga mengandung pektin yang dapat membantu usus untuk bekerja secara maksimal.


10. Mengobati Penyakit Asma


Buah apel sangat efektif untuk melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif, hal ini karena kandungan antioksidan buah apel sangat tinggi. Karena itu sangat dianjurkan bagi kita semua untuk mengkonsumsi apel secara teratur.

11. Mengenyangkan Perut Tanpa Kalori Berlebih


Apel mengandung serat sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama, tanpa anda harus mengasup kalori terlalu banyak, apel ukuran medium mengandung 95 gram serat. kandungan serat yang tinggi membuat tubuh memerlukan waktu lama untuk mencernanya dibandingkan gula atau nasi putih, sehingga lebih lama memberikan efek perut terasa penuh.

12. Mencegah Masalah Pernapasan


Mengkonsumsi 4 atau lebih apel dalam seminggu, akan membuat fungsi paru-paru lebih baik, apel memiliki antioksidan yang dinamakan quercetin yang terdapat dikulitnya. antioksidan ini berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

13. Mengatasi Flu


Meskipun tidak sebanyak jeruk kandungan vitamin C nya, apel juha membantu memperkuat daya tahan tubuh, kandungan vitamin C didalam apel lebih dari 8 miligram, ini mampu mencukupi kebutuhan harian hingga 14% .


14. Meningkatkan Kekuatan Otak


Buah apel bisa memperkuat daya ingat dan menurunkan risiko Alzheimer di usia senja nanti, karena apel membantu meningkatkan produksi actylcholine, zat yang menghubungkan sel-sel saraf sehingga bisa berfungsi sengat maksimal.

Jenis-Jenis Buah Apel


Saat ini ada beberapa jenis apel yang tersebar di seluruh dunia dan berikut ini adalah jenis apel yang biasa dikonsumsi.

1. Rome Beauty


Jenis Jenis Apel Rome Beauty
Apel Rome Beauty
Apel ini banyak dibudidayakan di kota Malang dan terkenal sebagai sebutan Apel Malang. Apel Rome Beauty memiliki karakteristik kulit yang berwarna hijau dengan semburat merah, rasanya manis-manis asem, dan warna dagingnya putih kehijauan, sedangkan apel manalagi memiliki karakteristik kulit yang berwarna kuning kehijauan, rasanya manis dan aromanya kuat, serta warna dagingnya putih kekuningan.

2. Princess Noble


Jenis Apel Princess Noble
Apel Princess Noble
Apel ini disebut juga apel Australia, ciri khasnya terletak pada warna kulit buah apel yang hijau kekuningan meskipun sudah masak. Buahnya berbentuk bulat dengan lekukan dibagian ujung, berat rata - rata buah apel jenis ini sekitar 170 gram.

3. Apel Anna


Jenis Buah Apel Ana
Buah Apel Ana
Apel ini merupakan apel yang menjadi favorit, bentuk dan warnanya mirip aple impor, warna kulit apel anna ini kalau sudah matang tua merata, warna kulit inilah yang menjadi satu daya tarik pembeli

4. Apel Manalagi


Jenis Buah Apel Manalagi
Buah Apel Manalagi
Apel manalagi ini mempunyai warna tetap hijau kekuningan walaupun sudah matang, buahnya berbentuk jorong, pangkal dan pucuknya berlekuk ke dalam, jenis apel ini mempunyai pori kulit buah yang nyata, halus dan renggang, rasanya apel manalagi ini sangat segar dan mempunyai aroma kuat. Tanaman ini berasal dari pegunungan caucasus di asia Barat dan Eropa Timur, dari desa Gandon, Di Indonesian Kecamatan Batu, Malang, yang merupakan pusat apel di Indonesia termasuk apel manalagi.

5. Apel Manalagi Ceri


Jenis Buah Manalagi Ceri
Buah Manalagi Ceri
Apel manalagi ceri ini merupakan apel yang berukuran lebih kecil, warnanya hijau meski sudah matang.

6. Fuji Apel


Jenis Buah Apel Fuji
Buah Apel Fuji
Apel fuji ini berwarna merah muda hampir keseluruhan kulitnya, apel fuji ini pertama dikembangkan dijepang pada era 1930-an. apel ini merupakan hasil seleksi dari selingan antara Red Delicios dan Ralls Janet. Sejak diperkenalkan, apel fuji langsung terkenal di jepang, Korea,Tiongkok, dan Amirika Serikat, hal ini karena apel memiliki rasa yang lezat dan mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya.

7. Golden Delicious


Buah Golden Delicious
Buah Golden Delicious
Apel ini berasal Amerika, kulitnya yang berwarna kuning, daging buah sedikit keras, berair, dan rasanya sedikit asam, apel ini enak dibuat saus apel.

8. Granny Smith


Jenis Buah Apel Granny Smith
Apel Granny Smith
Apel ini berasal dari australia dengan warna kulit yang hijau, apel ini berair dan rasanya asam dan berukuran sedang. Apel inilah yang sangat rentang tercemar bakteri Listeria monocytogenes yang berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia.

9. Royal Gala


Jenis Buah Apel Royal Gaya
Apel Royal Gaya
Apel ini berasal dari selandia baru, warna kulitnya kuning dengan garis-garis berwarna merah jambu, berair, daging buah keras, rasanya manis dan beraroma sangat tajam.

10. Apel Washington


Jenis Buah Apel Washington
Buah Apel Washington
Apel ini berasal dari Amerika, warna kulitnya merah bergaris-garis, tekstur dagingnya lunak dan rasanya manis sedikit asam, Apel ini sangat mudah untuk didapat kan di Indonesia.

Efek Samping Terlalu Berlebihan Mengkonsumsi Apel


Apel adalah buah yang banyak mengandung sumber vitamin dan mineral. Banyaknya sumber vitamin tentu banyak pula dari segi manfaatnya, tetapi banyak juga yang belum tahu tentang efek samping jika kita mengkonsumsi buah apel ini secara berlebihan. 

Memang sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa buah apel mulai dari kulit sampai daging juga mengandung banyak zat-zat yang baik bagi tubuh manusia. Dalam dunia kecantikan Apel juga dipercaya mampu mencegah keriputan dan penuaan, ini karena apel mengandung zat fitomia yang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan pembuluh darah.

Namun mengkonsumsi buah apel secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping, dan berikut ini adalah efek samping ketika mengkonsumsi buah apel secara berlebihan :
  1. Apel mengandung banyak gula sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan bagi penderita diabetes.
  2. Kandungan asam dalam apel dapat merusak kesehatan gigi, oleh karena itu jangan terlalu lama mengunyah buah apel tersebut.
  3. Untuk mengkonsumsi apel usahakan sambil minum susu atau keju. karena kalsium susu dan keju dapat menetralisir asam yang berlebihan dalam apel.

Itulah tadi beragam macam manfaat dan kandungan gizi buah apel sibuah bundar yang menjadi primadona. Semoga dengan artikel ini kita semua lebih mengutamakan kesehatan dengan pola makan yang sehat mengkonsumsi buah dan sayur.

0 Response to "Kandungan Gizi Buah Apel Dan Manfaat Mengkonsumsi Apel Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel