-->

Kandungan Gizi Dan Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan gizi kacang panjang - Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang sering kita temukan dalam masakan sehari-hari. Baik itu masakan rumahan ataupun restoran, ada yang masaknya ditumis, disantan serta ada yang dibuat lalapan mentah. Meskipun kacang panjang sangat populer, tapi banyak yang belum tahu tentang kandungan gizi serta manfaat yang terkandung dalam kacang panjang tersebut.
Kandungan gizi dan manfaat kacang panjang bagi kesehatan
Kacang Panjang | Sumber : pixabay.com
Tanaman kacang panjang ini tumbuh subur di tanah yang mengandung banyak humus dengan ketinggian 1000 meter ke atas permukaan laut, tanaman kacang panjang ini sangat mudah untuk ditanam, sehingga di setiap plosok negeri ditemui jenis sayuran ini, harganya pun relatif murah dan terjangkau. tanaman ini sangat digemari oleh semua kalangan karena mempunyai rasa yang enak.

Untuk menambah pengetahuan anda tentang hebatnya sayuran yang satu ini, berikut kami sajikan ulasan mengenai kandungan gizi serta manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Nutrisi Kacang Panjang


Kacang panjang mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang panjang yang perlu Anda ketahui :

1. Sumber protein


Pada 100 gr kacang panjang terkandung protein sebesar 8,3 , sehingga kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk menunjang dan bisa memenuhi protein tubuh kita setiap harinya. Oleh karena itu mengkonsumsi kacang panjang sangat dianjurkan demi memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.

2. Vitamin B Komplek


Dalam setiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 146 mcg
  • Folat (37% kebutuhan): 0,2mg
  • Thiamin (14% kebutuhan): 0,1mg
  • Vitamin B6 (5% kebutuhan): 0,1mg
  • Riboflavin (4% kebutuhan): 0,4mg
  • Asam pantotenat (4% kebutuhan): 0,6
  • Niacin (3% kebutuhan) 

Berbagai macam vitamin yang terkandung dalam kacang tersebut baik untuk kesehatan tubuh kita. Secara umum vitamin B komplek memiliki fungsi penting dalam memproduksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh manusia, sehingga orang yang kekurangan vitamin B biasanya akan kekurangan tenaga dan mudah lelah.

3. Mengandung Serat Tinggi


Kacang panjang merupakan sayuran yang akan kaya seratnya. Dalam 100 gram kacang panjang, kandungan seratnya mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian kita, Serat yang terkandung dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk menjaga kadar gula dalam darah pada level normal, dan juga untuk metabolisme lemak yang normal.

Kandungan Mineral Kacang Panjang

 
Selain kaya akan nutrisi kacang panjang juga kaya akan berbagai macam meneral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan mineral yang terkandung dalam kacang panjang diantaranya adalah :

1. Kalsium

 
Dalam 100 gram kacang panjang rebus mengandung 42 mg kalsium (4% kebutuhan). Kalsium adalah salah satu mineral yang sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat. Kalsium juga untuk berfungsi untuk perkembangan saraf dan otot yang optimal. Kekurangan kalsium menyebabkan masalah kesehatan terutama pada tulang seperti pengeroposan tulang.

2. Zat Besi

 
Dalam 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,6 mg zat besi (15% kebutuhan). zat besi adalah komponen yang sangat penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel otot.

3. Magnesium

 
Dalam 100 gram  kacang panjang rebus mengandung 98 mg magnesium (25% kebutuhan), mineral ini sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi agar lebih kuat dan sehat. Magnesium juga berperan penting dalam memelihara fungsi otot dan mendukung aktivitas enzim yang ada pada tubuh.

4. Mangan

 
Dalam 100 gram kacang panjang rebus mengandung 0,5 gram mangan (24% kebutuhan), Mangan sangat berperan penting untuk aktivitas enzim, serta untuk metabolisme karbohidrat dan kesehatan sendi.

5. Fosfor

 
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 181 gram fosfor (18% kebutuhan), kandungan fosfor ini juga penting untuk memproduksi energi serta pembentukan tulang dan gigi

6. Tembaga

 
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 0,2 gram tembaga  (11% kebutuhan), tembaga sangat penting bagi kesehatan kulit dan penting untuk menjaga daya tahan tubuh akibat stres.

7. Kalium

 
Tiap 100 gram kacang panjang mengandung 315 gram potassium (9% kebutuhan). yang penting bagi fungsi saraf dan otot tubuh manusia

8. Zinc

 
Tiap 100 gram kacang panjang mengandung 1,1gram zinc atau seng (7% kebutuhan). Zing merupakan komponen enzim yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan tulang.

9. Selenium

 
Tiap 100 gram kacang panjang mengandung 2,8gram selenium (4% kebutuhan). selenium adalah mineral penting untuk sintesa enzim, dan juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh manusia.

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Tubuh

 
Manfaat kacang panjang untuk kesehatan tentunya sangat banyak karena kacang panjang merupakan sumber protein dan vitamin  yang sangat dibutuhkan tubuh dan baik pula bagi kesehatan tubuh, berbagai kacang-kacangan memiliki kandungan gizi dan manfaat tersendiri diantaranya:

1. Mencegah Diebetes

 
Hampir semua jenis kacang-kacangan dapat mengontrol gula dalam darah berlebih yang mencegah terjadinya penyakit diabetes, selain itu, kacang panjang juga rendah kalori dan gula sehingga sangat aman bagi anda yang mempunyai riwayat gula darah tinggi

2. Kesehatan Jantung

 
Pada kacang panjang mengandung zat yang menyehatkan jantung, vitamin K yang terkandung dalam kacang panjang dapat mencegah perangsangan pembuluh darah, yang merupakan faktor umum dan penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Penelitian baru menunjukan bahwa salah satu kategori vitamin K yakni Vitamin K2 , yang dikombinasikan dengan Vitamin D, dapat mencegah pengaruh arteri koroner sehingga tercegah dari penyakit kardiovaskuler.

3. Sumber Antioksidan

 
Antioksidan sangat penting bagi tubuh manusia, karena mencegah dan memerangi radikal bebas, kacang panjang merupakan sumber yang kaya akan antioksidan konvensional seperti Vitamin C dan beta-karoten. Kacang panjang juga mengandung mineral mangat yang penting untuk antioksidan, kacang panjang mengandung berbagai macam karotenoit (termasuk lutin, beta-karotin violazanthin dan neokanthin) dan flavonoit (termasuk quercetin, kaemferol, catechin, epicatechin dan procyandinis) yang semua sudah terbukti memiliki sifat antioksidan.

4. Mencegah Osteoporosis

 
Tinggi kandungan vitamin k yang ada pada kacang panjang merupakan salah satu faktor yang dapat membantu dan mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan Vitamin K yang ada pada sayuran kacang ini setidaknya dapat memenuhi kurang lebih 20% kebutuhan harian anda.

5. Baik Untuk Pencernaan

 
Fiber atau serat yang terkandung dalam kacang panjang memberikan efek baik pada sistem pencernaan yang dapat memperlancar sekreasi yang menghindari permasalahan seperti sembelit, atau yang lebih berbahaya yaitu kanker usus besar.

6. Kesehatan Tulang

 
Selain osteoporosis, ada beberapa penyakit kelainan yang terjadi pada tulang, ini sangat penting untuk kita hindari, Vitamin K dan mangan yang ada dalam kacang panjang sangat efektif dan menjaga kesehatan tulang.

7. Baik Untuk Kesehatan Kulit

 
Asupan vitamin C yang cukup bermanfaat agar mencegah kekeringan pada kulit, mencegah timbuknya keriputan, dan memperlambat proses penuaan kulit, Anti oksidan pada kacang panjang bermanfaat untuk kulit agar tetap terlindungi dari kerusakan kulit akibat radikal bebas.

8. Mencegah Kanker

 
Kacang panjang merupakan salah satu makanan yang kaya akan folat, yang bermanfaat untuk mencegah perkembangannya kanker termasuk kanker payudara, leher rahim, paru-paru, dan kanker otak dan lainnya.

9. Membuat Tidur Lebih Enak

 
Jika anda mengalami gangguan tidur atau susah tidur dikarenakan gelisah, cemas, cobalah anda mengkonsumsi kacang panjang, karena dapat menenangkan otak dan membuat tubuh lebih rilek. Hal ini dikarenakan kacang panjang mengandung magnesium.

10. Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

 
Kacang panjang termasuk kacang yang kaya akan folat. kita tahu bahwa folat merupakan salah satu nutrisi penting untuk perkembangan jaringan janin dan sel tubuh sehingga menghindari bayi terlahir cacat. Untuk ibu hamil juga sangat penting agar keseimbangan hormon tetap terjaga dan membantu memperbanyak ASI.

11. Meningkatkan Imunitas

 
Kandungan thiamin pada kacang panjang berfungsi untuk membantu reaksi asam klorida yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu penyerapan nutrisi makanan agar lebih baik. dengan baiknya penyerapan nutrisi makanan maka otomatis akan meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga tubuh anda tidak mudah lelah dan sakit.

12. Meningkatkan Kesehatan Mata

 
Berdasarkan penelitian mengatakan bahwa thiamin berfungsi untuk meningkatkan kemampuan otot dan sinyal saraf pada mata. Dan menyampaikan berbagai informasi dilihat mata ke otak, Kandungan vitamin A juga sangat baik untuk kesehatan mata kita.

Selain manfaat utama di atas, kasiat kacang panjang juga bisa kita jabarkan berdasarkan kandungan gizi yang ada pada kacang panjang tersebut diantaranya:

- Vitamin K
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah kanker
  • Mencegah osteoporosis
  • Mencegah alzeimer
Mangan
  • Memproduksi kesehatan tulang
  • Membantu menjaga kesehatan kulit
  • Mengontrol gula darah
  • Mencegah radikal bebas
  • Mencegah epilepsi
- Serat
  • Memperlancar pencernaan
  • Mencegah sembelit
  • Menjaga berat badan
  • Mencegah struk
  • Menjaga kesehatan kulit
- Vitamin C
  • Mencegah katarak
  • Menjaga kesulitan bernafas
  • Mencegah serangan jantung
  • Meningkatkan sistem peredarah darah
  • Mencegah stres
- Asam Folat
  • Mencegah anemia
  • Nutrisi untuk otak
  • Meningkatkan sel darah merah
  • Sistensis DNA dan RNA
  • Membantu pembelahan dan pembagian sel
  • Sangat penting untuk ibu hamil
- Vitamin B2
  • Mencegah migran dan sakit kepala
  • Sumber energi
  • Sebagai antioksidan
- Tembaga
  • Mencegah osteoporosis
  • Mencegah anemia
  • Membantu kesehatan janin
  • Mencegah pigmentasi kulit
  • Mencegah kelainan tiroit
- Vitamin B1
  • Mencegah gangguan metabolisme
  • Mencegah kelainan pada otak
  • Menjaga sistem imun
  • Mencegah gangguan ginjal
- Magnesium
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Baik untuk diabetes
  • Menjaga kesehatan jantung

Sungguh beraneka ragam manfaat yang diperoleh jika mengkonsumsi kacang panjang, tidak hanya lidah anda yang merasakan kenikmatannya melainkan tubuh anda menjadi lebih sehat.

Nah, untuk melengkapi pengetahuan Anda mengenai informasi gizi dan manfaat dari sayuran yang sering kita konsumsi Anda dapat menyimak kandungan gizi dan manfaat kangkung pada blog ini.

Demikianlah ulasan mengenai kandungan gizi pada kacang panjang dan manfaat kacang panjang bagi kesehatan kami harapkan ulasan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

0 Response to "Kandungan Gizi Dan Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel