-->

Kandungan Gizi Kangkung Dan Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh

Kangkung gizi dan manfaat kangkung - Kangkung merupakan jenis sayuran yang sangat terkenal di Indonesia, sayuran yang biasa ditumis ini berasal dari India. Berdasarkan tumbuhnya, kangkung dibagi menjadi dua yaitu, kangkung air (Ipomoea aquatica sp) dan kangkung darat (Ipomoea reptans poir). Perbedaan dari kedua kangkung terletak pada batang dan bentuk daun, kangkung air ini memiliki batang yang merambat seperti ubi jalar dengan daun yang pendek dan sedikit tupul, sedangkan kangkung darat memiliki batang yang tegah dengan ujung daun memanjang dan runcing. 
Kandungan gizi dan manfaat kangkung
Kangkung Segar
Meski sekarang kangkung banyak dibudidayakan, terutama kangkung darat, namun pada dasarnya kangkung ini merupakan tanaman liar, menyukai tempat yang berair, daratan kering ataupun lumpur, dengan mendapatkan kecukupan sunar matahari, sayuran ini biasanya hanya ditumis dikenal dengan tumis kangkung atau menu yang saat ini lagi cukup terkenal yaitu kangkung hotplate, ada juga kangkung digunakan sebagai lalapan untuk temani sambal. 

Kandungan Gizi Kangkung 


Kandungan gizi pada 100 gr kangkung adalah energi 29 Kkal, protein 3 gr, lemak 0,3 gr, karbohidrat 5,4 gr, serat 1,0 gr, kalsium, 73 mg, fosfor 50 mg, zat besi 2,5 mg, vitamin A 6.300 IU, vitamin B1 0,07 mg, vitamin C 32 mg dan air 89,7. Kandungan gizi pada kangkung ini sangat beragam oleh karena itu untuk memudahkan dalam memahahi komposisi gizi pada kangkung kami juga akan menyajikan tabel komposisi kandungan gizi kangkung per 100 gr :
Jumlah Per
100 g
Kalori
18 Kkal
Protein
3 gr
Lemak
0,3 mg
Karbohidrat
5,4 gr
Serat
1,0 gr
Kalsium
73 mg
Fosfor
50 mg
Zat Besi
2,5 mg
Vitamin A
6.300 IU
Vitamin B1
0,07 mg
Vitamin C
32 mg
Air
89,7 gr

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh 


Sayuran kangkung mengandung berbagai sumber nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sayuran kangkung memang terbilang murah dan praktis dalam mengolahnya, tapi jangan salah banyak manfaat yang didapat dari mengkonsumsi kangkung ini. apa saja manfaat dari kangkung untuk kesehatan tubuh kita ? Mari simak penjelasan di bawah ini :

1. Mengandung Serat yang Tinggi 


Kandungan serat yang tinggi dalam kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda, serat ini akan mengikat asam empedu, lemak dan kolesterol yang kemudian akan keluar bersamaan dengan fases. Serat juga dapat membuang zat-zat racun keluar dari dalam tubuh manusia yang membuat tubuh terhindar dari zat-zat berbahaya yang ada pada tubuh.

2. Kandungan Zat Besi Sangat Tinggi


Kangkung mengandung zat besi yang tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit anemia dan wanita yang sedang menstruasi. Karena kandungan zat besi ini dapat menggantikan darah yang hilang karena zat besi dapat merupakan zat pembangun sel-sel darah merah. Selain itu zat besi dalam kangkung juga sangat bermanfaat bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sehingga balita atau anak-anak sangat baik ketika mengkonsumsi kangkung ini,

3. Menyembuhkan Insomnia 


Mengkonsumsi sayuran kangkung sangat cocok untuk orang yang terkena insomnia, karena di dalam kangkung mengandung komponen kimia yang bersifat sedatif (menenangkan), sehingga dapat membantu mengatasi keluhan susah tidur. Bagi Anda yang merasa susah tidur bisa mengkonsumsi sayur kangkung untuk menu malam hari untuk membuat pikiran tenang dan mudah tidur/

4. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah Saat Hamil 


Kangkung merupakan sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk ibu hamil, sebab kangkung memiliki khasiat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga bisa membantu anda untuk menurunkan dan mencegah keluhan diabetes gestasional (diabetes saat hamil). 

5. Menurunkan Berat Badan 


Manfaat lain yang bisa didapatkan dari kangkung ini adalah dapat menurunkan berat badan atau program diet, karena kandungan kalori yang terdapat pada kangkung rendah sementara seratnya yang tinggi sehingga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Tapi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami dengan mengkonsumsi kangkung, sangat disarankan untuk menghindari mengolah kangkung dengan cara ditumis atau menggunakan minyak, karena penggunaan minyak sayur dalam tumisan kangkung dapat menambah kalori bagi tubuh. Satu sendok teh minyak yang digunakan untuk menumis, mengandung 50 kalori, jadi bagi anda yang sedang melakukan program diet sebaiknya konsumsi kangkung ini dengan cara direbus. 

6. Meningkatkan Kualitas Otak 


Manfaat kangkung dengan kandungan vitamin B komplek dan omega 3 membantu kinerja otak menjadi lebih baik. Vitamin B komplek dan omege 3 sangat baik untuk perkembangan otak sehingga kangkung sangat baik dihidangkan untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan karena mampu meningkatkan kecerdasan otak anak. 

7. Menjaga Kesehatan Jantung 


Kangkung memiliki kandungan yang bagus dan cukup tinggi vitamin A, vitamin C dan beta-karoten. Nutrisi ini dapat membantu mengurangi radikal bebas di dalam tubuh (sebagai antioksidan), sehingga dapat mencegah kolesterol yang teroksidasi. Kolesterol yang teroksidasi pada dinding pembuluh darah menyebabkan arteri tersumbat dan menjadi serangan jantung atau stroke.

Folat yang terkandung dalam kangkung dapat membantu untuk mengkonversi bahan kimia yang berbahaya yang bisa disebut dengan homosistein. Magnesium merupakan mineral yang menurunkan tekanan dalam darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. 

8. Menjaga Sistem Imun 


Sayuran hijau merupakan salah satu sayuran yang dapat menjaga sistem imu dan meningkatkan kekebalan tubuh manusia, dengan mengkonsumsi sayuran hijau maka anda dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh salah satunya adalah sayur kangkung. Kandungan nutrisi dan mineral pada kangkung mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh.

9. Sangat Baik Untuk Kesehatan Mata 


Mungkin anda tidak menyangka bahwa sayuran yang kadang dipandang sebelah mata ini mengandung vitamin A, karotenoid dan lutein. Kandungan vitamin dan mineral ini dapat membantu menjaga kesehatan mata, selain itu zat ini juga dapat membantu mencegah katarak.

10. Menjaga Kesehatan Ginjal


Kangkung memiliki sifat yang diuretik yaitu suatu kondisi yang penyebab  naiknya laju urinasi dalam tubuh. Karena sifat diuretik inilah yang membuat kangkung bisa melancarkan buang air kecil sehingga bisa menjaga kesehatan ginjal.

11. Mengurangi Nyeri Haid


Untuk ibu-ibu atau wanita yang biasa megalami nyeri saat haid bisa memanfaatkan kangkung untuk mengatasi nyeri tersebut. mengkonsumsi sayur kangkung bisa mengurangi rasa nyeri saat haid, atau Anda bisa menggunakan cara menumbuk daun kangkung lalu tambahkan air hangat selanjutnya saring pada gelas  dan tambahkan madu untuk menambah khasiat dan rasa, selanjutnya minum air tersebut.

Efek Samping Mengkonsumsi Kangkung

 
Kangkung memang sayuran yang memiliki kandungan gizi yang tinggi tapi disisi lain kangkung yang salah pengolahan dan salah aturan dalam mengkomsinya dapat menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah bahayanya saat mengkonsumsi sayur kangkung karena salah dalam mengolah atau mengkonsumsinya :

1. Dapat Menyebabkan Diare 


Biasakan mencuci sayur dengan air yang bersih dan mengalir serta berulang-ulang agar terhindar dari bahaya kangkung yang disebabkan oleh bakteri. Sayur kangkung memang sangat sebentar dalam memasaknya karena jika terlalu lama dalam memasak kangkung akan mengurangi nilai gizinya dan membuat rasanya kurang enak.

Telur cacing atau mikrioorganisme yang masih melekat di batang daun ketika dimasak dalam waktu sebentar biasanya tidak mati sehingga ketika dimakan akan menyebabkan masalah pencernaan seperti diare. Jadi untuk pengolahan kangkung yang benar sebelum dimasak adalah mencuci kangkung sampai benar-benar bersih.

2. Kolesterol Meningkat 


Apabila sayur kangkung cara memasaknya menggunakan minyak jelantah atau minyak bekas yang sudah dipakai berulang kali, maka bahaya kangkung menjadi dua kali lipat, karena telah tercemar dengan lemak trans yang dapat melukai dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan arteri yang memicu munculnya peningkatan kolesterol, dan dalam waktu panjang dapat meningkatkan gejala stroke. 

3. Peningkatan Asam Urat 


Mengkonsumsi sayur kangkung secara berlebihan pada seseorang yang mempunyai riwayat penyakit asam urat, maka akan lebih cepat mengalami peningkatan asam urat 5 kali lipat dibandingkan dengan orang yang belum memiliki penyakit asam urat. Perlu diketahui di dalam daun kangkung memiliki kandungan zat purin yang cukup tinggi, sehingga rentan menyebabkan penumpukan asam urat pada tubuh kita. 

4. Mudah Mengantuk 


Mengkonsumsi kangkung secara berlebihan juga bisa memicu rasa kantuk dan berkurangnya konsentrasi, kondisi ini disebabkan karena bahaya sayur kangkung terletak pada kandungan zat kaliumnya yang tinggi sehingga dapat mengendalikan saraf-saraf di bagian kepala menjadi rilek dan santai, sebab inilah yang menjadikan orang sering menguap dan mengantuk. 

5. Menimbulkan Alergi 


Pada sebagian orang sayur kangkung dapat menyebabkan alergi berupa ruam-ruam kemerahan dan gatal-gatal, kondisi ini dapat terjadi pada orang yang memiliki sensitifitas terhadap zat natrium atau kalium yang terkandung dalam kangkung.

Tips Memilih Kangkung Sehat Untuk Dikonsumsi

 
Sayuran dapat membantu tubuh mendapatkan nutrisi, serat dan vitamin, sayangnya banyak diantara kita yang masih belum bisa memilih sayur yang baik untuk dikonsumsi, berikut ini cara memilih sayuran yang bisa dikonsumsi :

1. Warna yang Masih Segar 


Untuk jenis sayuran warna yang masih nampak segar dan tidak kusam adalah ciri-ciri sayur yang baik untuk dikonsumsi.

2. Cek Tekstur untuk Memastikan 


Membeli sayuran dari petani kecil adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan sayuran yang sehat, petani biasanya tidak menggunakan pestisida mahal .

3. Dimakan Ulat Bisa Jadi Sayuran Sehat 


Keberadaan ulat pada sayuran masih menjadi perdebatan, disatu sisi banyak yang meyakini bahwa daun yang berlubang karena dimakan ulat menandakan sayuran tersebut tidak terkontaminasi pestisida berlebihan, disisi lain penggunaan racun dan pestisida dalam waktu yang lama akan menyebabkan hama menjadi kebal. Namun terlepas dari itu semua ulat hanya menggerogoti daun dari sayuran yang tidak mengandung kimia.

Selain kangkung sayuran yang mengandung gizi tinggi adalah bayam oleh sebab itu silahkan menyimak artikel kandungan gizi dan manfaat bayam pada blog ini.

Itulah tadi pembahasan mengenai isi kandungan gizi dari sayuran kangkung yang ternyata sangat banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita, semoga bermanfaat.

0 Response to "Kandungan Gizi Kangkung Dan Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel