-->

20 Manfaat Mengkonsumsi Tahu Ternyata Kandungan Gizinya Luar Biasa

Kandungan gizi dan manfaat tahu - Tahu ditemukan oleh seorang bangsawan yang tak lain adalah cucu dari Kaisar Han Gaozu, pendiri Dinasti Han yang paling tersohor. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa tahu adalah warisan nenek moyang China, tetapi sampai sekarang tahu telah tersebar ke seluruh dunia dan menjadi kegemaran semua kalangan. Di indonesia sendiri tahu sudah familiar seperti tahu sumedang dan tahu kediri, rasanya yang enak membuat dua panganan ini selalu diburu. Tahu merupakan makanan yang mengandung banyak gizi dan artikel pada kesempatan ini akan membahas kandungan gizi dan manfaat tahu.
Kangungan gizi dan manfaat tahu
Tahu Putih

Tahu selain enak dan nikmat ternyata juga menyimpan khasiat bagi kesehatan tubuh, tahu atau yang sering disebut tofu merupakan hasil fermentasi susu kedelai. Oleh sebab itu boleh dipastikan tahu mengandung kalsium yang sangat tinggi, bahkan setara dengan kandungan kalsium susu, selain tinggi kalsium, di dalam tahu juga tersimpan senyawa seperti protein, lemak, kalori, mineral, fosfor, vitamin B kompleks, vitamin E, kalium dan masih banyak yang lainnya, berbeda dengan kandungan tempe yang tinggi protein, tahu malah justru sebaliknya.

Tahu merupakan sahabat terbaik dapur, rasanya yang enak dan tentu bergizi. teksturnya yang lembut dan mudah untuk diolah dengan berbagai macam masakan. Selain enak makanan yang terbuat dari tahu ini sangat baik untuk kesehatan tubuh karena kaya akan kandungan gizi.

Kandungan Gizi Tahu

 
Sebelum membahas tentang  manfaat tahu sendiri, perlu diketahui apa saja kandungan gizi alami yang terdapat di dalam tahu.
  1. Sumber gizi makro, karbohidrat,protein, lemak
  2. Sumber gizi mikro vitamin B komplek yang terdiri dari riboflavin dan thiamin, vitamin B12, vitamin E, mineral, phospor, kalsium serat kalsium

Tahu mengandung beberapa kandungan gizi yang akan kami sampaikan dalam bentuk tabel kandungan gizi tahu per 100 gram di bawah ini :
Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal)
76
Jumlah Lemak
4.8 g
  - Lemak jenuh
0.7 g
  - Lemak tak jenuh ganda
2.7 g
  - Lemak tak jenuh tunggal
1.1 g
Kolesterol
0 mg
Natrium
7 mg
Kalium
121 mg
Jumlah Karbohidrat
1.9 g
  - Serat pangan
0.3 g
Protein
8 g
  - Vitamin A
85 IU
  - Vitamin C
0.1 mg
  - Kalsium
350 mg
  - Zat besi
5.4 mg
  - Vitamin D
0 IU
  - Vitamin B6
0 mg
  - Vitamin B12
0 µg
  - Magnesium
30 mg
    Hasil tersebut didapatkan dari melakukan penelitian terhadap 100 gram tahu, dengan jumlah yang dapat dimakan langsung 100% .

    Manfaat Mengkonsumsi Tahu Bagi Kesehatan Kita


    Tahu dan juga tempe mungkin menjadi salah satu makanan yang paling sering ditemukan dalam menu makanan kita sehari-hari, ternyata dibalik kesederhanaan tahu, tersimpan ribuan manfaat bagi kesehatan. Tahu dan tempe sama-sama terbuat dari bahan dasar kedelai yang sejak lama dikenal sebagai pilihan makanan sehat. Penelitian mengatakan bahwa, banyak orang terutama di Asia yang banyak mengkonsumsi kedelai , ternyata memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung, obesitas dan juga kanker payudara. Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi tahu untuk menunjang kesehatan tubuh kita

    1. Mengurangi kolesterol dalam darah


    Tahu mempunyai kandungan asam linolet dan bertindak sebagai sumber lesitin yang dapat melindungi metabolisme dari kerusakan akibat serangan penyakit-penyakit disebabkan radikal bebas

    2. Bersifat Anti Kanker Endometrium


    Di dalam tahu terdapat kandungan kedelai yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker endometrium pada wanita lansia pasca menoupouse, sehingga walaupun dalam keadaan menoupause wanita akan terlihat segar dan sehat.

    3. Dapat Mencegah Dan Menyembuhkan Asam Urat


    Belum banyak yang tahu bahwa makanan yang identik berwarna putih ini yang sering disebut dengan tahu ternyata mengandung zat protein yang dapat menurunkan kadar zat purin yang ada dalam tubuh manusia, Dan memperbaiki asam urat agar kesehatan tetap terjaga.

    4. Mencegah Anemia Pada Orang Dewasa


    Tahu sendiri mempunyai kandungan zat besi yang sangat tinggi, yang mampu menjaga dan meningkatkan sel-sel dalam darah merah pada orang dewasa. seperti contoh pada orang dewasa kesehariannya kurang tidur, kelelahan, perjalanan jauh, kekurangan saupan gizi yang disebabkan banyaknya pekerjaan yang menyita tenaga.

    5. Memperpanjang Umur


    Mengkonsumsi tahu setiap hari sangat dianjurkan dan sangat baik bagi tubuh kita, karena dapat meningkatkan kesehatan paru-paru dan memperpanjang umur karena kualitas hidupnya yang menjadi jauh lebih baik.

    6. Menyehatkan Jantung


    Kedelai yang ada pada tahu mempunyai kemampuan untuk menekan dan menghancurkan gumpalan kolesterol. Sumbatan lemak jenuh di dalam pembuluh arteri menuju jantung, sehingga anda yang mengkonsumsi tahu secara teratur akan terhindar dari penyakit jantung atau kardiovaskular.

    7. Memperlancar Masuknya Oksigen Dalam Tubuh


    Kandungan kedelai yang sangat tinggi protein dan vitamin B komplek ini dapat menyehatkan Hemoglobin. dan Mampu mengangkut dan mengedarkan oksigen dalam jumlah yang memadai kedalam semua jaringan organ tubuh.

    8. Memperlambat Proses Penuaan


    Tahu mengandung Isoflavon yang sangat ampuh menghambat efek buruk terhadap radikal bebas yang ada didalam aliran darah. Pada kolagen kulit dan permukan kulit sehingga mampu mencegah kerutan dan penuaan dini pada wanita.

    9. Dapat Mencegah Kanker Payudara


    Kandungan nutrisi yang sangat baik pada tahu dapat meningkatkan hormon estrogen pada wanita. Kandungan Isoflavon yang ada di dalamnya mengandung hormon estrogen yang sangat kuat, sehingga dapat mencegah timbulnya sel kanker pada payudara wanita.

    10. Mengurangi Resiko Penyakit Gula


    Kandungan protein yang bebas lemak di dalam kedelai dapat bermanfaat mengurangi resiko tubuh terserang diabetes. Sebab protein yang ada di dalamnya mampu menekan laju jalannya kadar gula yang berlebih di dalam darah.

    11. Mencegah Serangan Osteoporosis


    Kedelai mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi yang dapat memperkuat tulang. Memadatkan tulang dan memperbaiki masa tulang agar tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari pengroposan, tahu sangat baik dikonsumsi sejak usia dini dan teratur ,agar kasus osteoporosis dapat tercegah lebih awal.

    12. Sebagai Energi Cadangan


    Ketika tubuh kelelahan akibat rutinitas setiap hari yang menuntut banyaknya tenaga dan pikiran. Maka energi akan banyak yang terbuang juga, sehingga tubuh akan kehilangan stamina dan kebugarannya, agar tubuh tetap terjaga kebugarannya karbohidrat sehat yang ada pada tahu dapat memberikan energi cadangan yang dibutuhkan oleh tubuh.

    13. Dapat Mengontrol Berat Bandan


    Tahu mempunyai nutrisi yang rendah kalori, dengan begitu dapat dijadikan asupan makanan untuk program diet seimbang atau diet rendah kalori. Tahu ini sangat cocok untuk dipilih bagi anda yang sedang melakukan program diet.

    14. Sebagai Obat Sembelit


    Bagi anda yang mempunyai bayi susah buang air besar, sebaiknya anda memberikan asupan tahu lebih sering untuk menu makanannya, sehingga mereka akan terhindar dari sembelit yang berkepanjangan.

    15. Meningkatkan Kesehatan Janin


    Tahu mempunyai kandungan asam folat yang sangat baik bagi perkembangan tubuh janin selama masih berada di dalam kandungan, asam folat dapat meningkatkan kinerja jantung dan memadatkan tualang bayi, sehingga masa kehamilannya menjadi lebih sehat dan terhindar dari kecacatan

    16. Dapat Mencegah Pendarahan Pada Sendi


    Tahu mempunyai zat asam linoleat yang sangat kuat, yang dapat mencegah pendarahan pada sendi yang menjadi penyebab munculnya penyakit rematik.

    17. Kulit Tubuh Semakin Sehat


    Asam linoleat pada kedelai dapat mencegah kekeringan dan kulit kusam karena tubuh yang sering terkena paparan sinar matahari siang. Dan mampu menjaga air alami yang ada di bawah kulit, sehingga kulit tubuh akan terjaga kelembapannya.

    18. Mencegah Kuku Terserang Kerapuhan


    Asam linoliat yang bekerja sama dengan zat kalsium pada tahu dapat memperbaiki tekstur kuku tangan dan kuku kaki agar senantiasa lembab dan terhindar dari kerapuhan. Hal inis udah terjadi karena paparan sinar matahari yang langsung dan penggunaan cat kulit yang salah.

    19. Menyehatkan Jaringan Otak


    Kandungan asam linoliat dan omega3 serta kalsium dapat bergabung untuk memperbaiki jaringan otak yang tidak sehat akibat benturan, hantaman atau disebabkan kurangnya asupan gizi yang kurang memadai.

    20. Baik Bagi Kesehatan Jaringan Mata


    Omega 3 yang ada pada tahu dapat mempertahankan intensitas penglihatan mata menjadi lebih baik, dan sekaligus menjaga dan melindungi kerusakan pada retina mata dan kornea mata karena serangan cahaya yang mengandung radiasi elektromagnetik dari layar komputer atau televisi.

    Cara Menyimpan Dan Mengolah Tahu Dengan Baik


    Berikut ini adalah cara menyimpan tahu yang baik dan benar yang bertujuan untuk menjaga kualitas dan kandungan gizi pada tahu tetap baik.
    1. Jangan Biarkan penyimpan tahu terlalu lama didalam lemari es, karena dapat mengurangi zat protein dan serat pangannya ketika diolah menjadi menu masakan. Sebaiknya disimpan di luar lemari es agar mempunyai udara yang alami.
    2. Tahu jauh lebih sehat dimasak dengan cara dipepes, mengkukus atau dipanggang dengan menggunakan wajan yang berisi minyak zaitun dengan api sedang.
    3. Untuk anda yang masih mempunyai bayi atau anak yang dalam masa pertumbuhan, sebaiknya mengolahnya dengan cara dipepes dengan ditambahkan sayuran, telur, daging yang disuir-suir.
    4. Tidak memberikan garam atau penyedap rasa yang berlebihan pada tahu dalam pengolahannya. Karena dapat mengurangi kandungan vitamin B komplek yang ada pada tahu itu sendiri.
    5. Jangan biarkan tahu diletakkan didekat kamar mandi, alam terbuka atau lantai karena dapat terkontiminasi dengan radikal bebas disekitarnya, soalnya tahu cepat menyerap partikel halus yang dihasilkan dari udara, termasuk menyerap asap.
    6. Kualitas tahu tergantung pemakian ragi, jika ragi yang digunakan dengan kualitas baik, maka tahu yang dihasilkan akan baik juga. Jadi jangan biarkan tahu terkena paparan sinar matahari secara langsung karena dapat merubah ragi yang berkualitas baik, ini tentu akan berpengaruh pada kandungan nutrisinya..

    Terkadang tahu yang dibeli di pasar mengandung formalin dan borak maka perlu hati - hati dalam membeli tahu untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah tips memilih tahu non formalin dan borak yang bisa Anda ikuti ketika akan membeli tahu :
    1. Pastikan tahu tidak mengeras.
    2. Tahu yang sudah anda beli memiliki sedikit lendir.
    3. Pastikan tahu masih beraroma segar.
    4. Jika tahu sampai di rumah dibiarkan sampai sore tanpa dimasukkan ke dalam kulkas tidak basi.
    Mengingat kandungan gizi tahu yang tinggi layak untuk dimasukkan ke daftar menu makanan harian anda, agar tahu menarik untuk dikonsumsi alangkah baiknya tahu diolah menjadi makanan dalam bentuk yang berbeda-beda dengan cita rasa yang lebih enak dan nikmat. misalnya diolah dengan campuran daging, ikan.

    Demikianlah pembahasan mengenai kandungan gizi dan manfaat tahu yang kami berharap dapat membantu Anda yang sedang mencari informasi gizi pada tahu.

    0 Response to "20 Manfaat Mengkonsumsi Tahu Ternyata Kandungan Gizinya Luar Biasa"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel