-->

Kandungan Gizi Telur Ayam Ras Dan Manfaat Telur Ayam Bagi Kesehatan

Kandungan gizi dan manfaat telur ayam ras - Telur ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Telur ini sendiri bisa dimasak sesuai selera, seperti direbus, digoreng dan masih banyak cara yang lainnya. Untuk lebih mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada telur ayam maka pada artikel ini akan dijelaskan kandungan protein telur ayam dan manfaat yang didapat ketika mengkonsumsi telur ayam.
Kandungan gizi dan manfaat telur ayam ras
Telur Ayam Ras
Telur ayam memiliki banyak kandungan gizi dan protein serta manfaat bagi kesehatan. Berbagai makanan dari telur ayam juga tersebut mempunyai rasa yang enak dan lezat dan pastinya menggugah selera makan anda terkukus bagi beberapa binaragawan, banyak dari mereka yang mengkonsumsinya secara langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu.Dibandingkan dengan jenis makanan yang lainnya terutama dalam hal nutrisi telur sering disebut sebagai makanan super.

Kandungan Gizi Telur Ayam Ras Per 100 gr


Kandungan gizi telur ayam ras per 100 gr adalah Energi 162 Kkal, Protein 12,8 gr, Lemak 11,5 gr, Karbohidrat 0,7 gr, Kalsium 54 mg, Fosfor 180 mg, Zat besi 3 mg, Vitamin A 900 IU, Vitamin B1 0,1 mg dan Vitamin C 0 mg.

Untuk memudahkan pemahaman mengenai kandungan gizi yang ada pada telur ayam, berikut ini adalah tabel komposisi kandungan gizi telur ayam :
Kandungan Gizi
Jumlah
Energi
162 Kkal
Protein
12,8 gr
Lemak
11,5 gr
Karbohidrat
0,7 gr
Kalsium
54 mg
Fosfor
180 mg
Zat Besi
3 mg
Vitamin A
900 IU
Vitamin B1
0,1 mg
Vitamin C
0 mg
Sumber : Publikasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Manfaat Mengkonsumsi Telur Ayam Bagi Kesehatan


Telur memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak sekali nutrisi salah satunya yaitu protein sehingga sangat bagus sekali untuk meningkatkan kecerdasan otak, pembentukan otot dan masih banyak manfaat yang lainnya. Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi telur ayam :

1. Sebagai Sumber Protein


Kandungan protein dalam telur sangat penting untuk tubuh kita. Protein merupakan pembentuk utama pada tubuh yang memiliki banyak sekali fungsi penting seperti merangsang pertumbuhan, Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan membentuk pembentukan jaringan tubuh baru yang sehat.

2. Menjaga Kesehatan Mata


Vitamin yang baik untuk mata yaitu vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan ketajaman mata menurun. Selain itu, kekurangan vitamin A dapat membuat seseorang beresiko terkena gangguan seperti penyakit degenerasi makula dan katarak, tidak hanya vitamin A, tapi telur juga mengandung Zeaxanthin serta Lutein yang merupakan dua antioksidan yang sangat bagus untuk mata.

Antioksidan yaitu Lutein dan Zeaxanthin tersebut biasanya terkumpul pada area retina yang berfungsi untuk melindungi dari berbagai jenis bahaya. Bukan hanya mata anak-anak, tapi orang dewasa atau orang tua. Semuanya membutuhkan kedua jenis antioksidan ini. Selain itu telur ayam bermanfaat dalam mencegah dan pengobatan mata katarak.

Semakin hari kesehatan serta ketajaman mata dapat berkurang karena berbagai faktor usia dan berbagai jenis alasan, untuk mengatasi hal buruk tersebut terjadi, alangkah baiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata anda secara baik.

3. Sumber Vitamin B dan Folat


Vitamin esential yang berupa asam folat ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin yang dikandungnya. Tidak hanya itu asam folat juga bagus digunakan untuk membentuk perkembangan otak janin serta mengurangi resiko bayi terlahir prematur, mengurangi bayi terlahir dengan berat badan rendah dan masih banyak yang lainnya.

Kandungan kolin yang ada pada telur bermanfaat untuk membentuk perkembangan jaringan sel tubuh yang sehat. Di dalam telur yang mengandung kolin ternyata menjadi salah satu nutrisi yang tidak bisa didapatkan secara cukup dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi para bunda yang mempunyai anak kecil, harus tahu mengenai kehebatan kolin dan berusaha untuk mencukupi kesehatan serta perkembangan otak anak. Kolin menjadi salah satu nutrisi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui, bukan hanya bagus untuk otak tetapi kolin juga berperan untuk membentuk dan membangun membran sel dan memproduksi molekul sinyal pada otak serta memperbaiki fungsi daya ingat otak dan masih banyak lainnya.

4. Memiliki Banyak Kandungan Nutrisi

 
Menurut penelitian dalam sebutir telur dapat ditemukan banyak sekali jenis nutrisi yang berperan baik dalam kesehatan. Beragam jenis nutrisi yang terkandung pada telur mulai dari :
  • Zat besi
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Kalsium
  • Seng(zync)
  • Mineral

5. Tidak Membuat Kolesterol Meningkat


Manfaat telur juga dapat meningkatkan kolesterol tapi tidak bahaya. Pada tahun 90an telur menjadi salah satu makanan yang dianggap mengandung kolesterol yang cukup tinggi, dalam sebutir telur terdapat kandungan kolesterol yang cukup tinggi yaitu 210 mg. Hal yang harus diluruskan, karena ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi tidak serta merta membuat kolesterol dalam tubuh meningkat.

Liver merupakan organ dalam tubuh manusia yang memproduksi kolesterol dengan jumlah besar pada tiap harinya. Tetapi ketika yang dikonsumsi adalah telur maka liver hanya akan memproduksi kolesterol dengan jumlah sedikit, jika kolesterol dalam tubuh anda tinggi dan masih ragu untuk mengkonsumsi telur maka anda boleh mengkonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

6. Dapat Meningkatkan Level HDL


HDL atau High Density Lipoprotein yang memiliki kandungan kolesterol didalam tubuh. Orang yang memiliki HDL lebih tinggi berarti memiliki resiko terkena penyakit sruk lebih tinggi dibadingkan orang yang memiliki HDL lebih rendah,  juga penyakit jantung serta gangguan penyakit lainnya.

7. Membantu Program Diet 

Bagi anda yang memiliki berat badan lebih tentu saja ingin sekali menurunkan berat badan, entah bagai manapun caranya. Dalam hal ini diet sehat merupakan salah satu cara yang baik sehingga tidak berdampak bagi kesehatan, dalam menurunkan berat badan tau diet yang sehat mengkonsumsi telur adalah jawabannya.

Telur memiliki banyak kandungan protein yang bisa membuat perut terasa kenyang, dengan kondisi perut kenyang kita akan terhindar dari rasa ingin makan banyak sehingga dengan sendirinya akan mengurangi berat badan anda.

8. Untuk Kesehatan Tulang


Sehat tidaknya tulang menjadi penentu lancar tidaknya kita aktivitas sehari-hari. Telur mengandung vitamin D yang berfungsi membentuk penyerapan kalsium bagi tulang, tidak heran jika telur menjadi salah satu makanan yang mencegah pengeroposan tulang karena merupakan sumber kalsium bagi tubuh.

9. Bagus Untuk Rambut Dan Kuku


telur sangat bagus untuk rambut dan kuku anda, sebab telur memiliki banyak kandungan sehat seperti vitamin A, vitamin E, asam amino dan mineral. Rambut dan kuku dapat menggambarkan kecukupan nutrisi dan tidak seimbangan biokimia dalam tubuh, beragam asupan vitamin A, vitamin B12, sulfur bisa anda dapatkan pada telur yang bagus untuk kesehatan rambut anda, dengan demikian rambut anda akan menjadi lebih kuat dan sehat.

10. Membantu Pembentukan Otot


Di dalam telur mengandung protein yang sangat tinggi yang dapat digunakan untuk membantu perkembangan otot. Tidak heran jika sampai saat ini telur masih digemari para binaragawan mengingat kandungan proteinnya tinggi yang bisa membantu perkembangan otot tubuh yang lebih baik.

11. Membantu Menguatkan Kekebalan Tubuh


Dengan sistem kekebalan yang baik tentu penyakit tidak akan mudah masuk dan menyerang kesehatan tubuh kita. Telur mengandung selenium yang sangat bagus dalam menjaga kesehatan tubuh, perlu kita ketahui banyaknya beragam jenis penyakit sebaiknya mengantisipasi dengan mengkonsumsi telur secara teratur dan oleh raga.

12. Baik Untuk Pasien Kemoterapi


Bagian telur yang berwarna putih sangat disarankan bagi anda yang sedang melakukan kemoterapi dan pasien gangguan ginjal, kehebatan lain dari putih telur tersebut adalah dapat digunakan sebagai obat luka serta penderita tulang.

13. Bisa Dijadikan Masker Wajah


Bukan hanya alpukat dan tomat saja tetapi masker wajah bisa anda dapatkan pada telur bagian putihnya. Masker dari putih telur ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan serta kecantikan seperti mengeyalkan dan membuat wajah lebih cerah.

14. Rendah Kalori


Makanan yang rendah kalori merupakan jenis makanan yang menjaga keseimbangan berat badan, telur memiliki banyak sekali kandungan protein namun rendah kalori. Mengkonsumsi telur dapat membuat perut kenyang dan terhindar dari keinginan untuk makan banyak.

15. Bebas Lemak


Mengkonsumsi makanan yang kandungan lemak jenuh terlalu banyak dapat meningkatkan resiko terkena kolesterol serta serangan jantung. USDA melaporkan bahwa di dalam telur terbebas dari lemak termasuk lenak jenuh, di dalam putih telur tidak terdapat sama sekali lemak, berbeda dengan kuning telur, bukan hanya lemak tak jenuh tapi putih telur memiliki nutrisi hebat lainnya seperti:
  • 6,6 mcg selenium
  • 1,3 mcg folat
  • 2,3 mg kalsium
  • 4,9 mg fosfor
  • 3,6 mg magnesium

16. Sebagai Sumber Tenaga


Sumber tenaga tidak hanya didapatkan dimakanan pokok seperti nasi atau ubi saja, karena sebagai lauk pauk telur juga dapat digunakan sebagai sumber energi harian kita. Mengkonsumsi telur membantu kita mendapatkan energi yang berperan untuk aktivitas kita sehari-hari.

17. Dapat Menyehatkan Kulit


Manfaat telur bagi kecantikan adalah untuk menyehatkan kulit, didalam telur terkandung zat yang baik bernama asam amino yang berperan mengurangi terjadinya peradangan pada kulit. Zat tersebut bagus untuk menghindari terjadinya iritasi yang bisa muncul pada saat kulit alergi. Untuk mengatasi kulit tersebut anda bisa gunakan putih telur, dan gunakan saat mandi, anda dapat mengusapkannya kebagian yang iritasi secara perlahan.

18. Mencerahkan kulit


Protein di dalam telur dapat membantu regenerasi pada sel kulit yang sudah mati, caranya sangat mudah dengan menjadikan putih telur sebagai masker wajah, gunakan secara teratur agar kulit yang diinginkan segera terwujud, dengan ini kulit anda akan terlihat cerah.

Efek Samping Mengkonsumsi Telur


Telur bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh namun terkadang bagi sebagian orang mengkonsumsi telur dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti alergi, dalam hal ini sebenarnya. Bukan telurnya yang menjadi sumber alergi tetapi terdapatnya albumin pada bagian putih telur, alergi ini banyak terjadi pada anak-anak, reaksi pada telur ini dapat dirasakan saat beberapa menit atau beberapa jam setelah mengkonsumsi telur. Gejala yang ditimbulkan cukup berbeda satu dengan yang lainnya seperti gatal-gatal pada kulit, kulit membengkak, mual dan muntah.

Jenis Telur Yang Dapat Dikonsumsi


Berbicara tentang telur tentu banyak yang mengacu pada telur ayam, padahal diluar sana banyak sekali telur-telur jenis lain yang bisa dikonsumsi dan memiliki kandungan yang sama dengan telur ayam bahkan ada yang lebih tinggi kandungannya. Berikut ini beberapa jenis telur yang bisa dikonsumsi:
  1. Telur ayam
  2. Telur puyuh
  3. Telur bebek
  4. Kaviar
  5. Telur ayam kate
  6. Tekur ayam kalkun
  7. Telur hisa
  8. Telur angsa

Dari penjelasan mengenai isi kandungan gizi pada telur ayam yang memiliki banyak manfaat maka mengkonsumsi telur secara rutin itu baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena mengkonsumsi makanan yang terbuat atau  mengandung telur ayam sangat dianjurkan.

Untuk melengkapi pengetahuan tentang informasi gizi dan manfaat telur, kami juga mempunyai pembahasan tentang kandungan gizi dan manfaat telur bebek pada blog ini yang dapat Anda simak.

Demikianlah pembahasan mengenai kandungan gizi telur ayam serta manfaat yang terdapat pada telur ayam, semoga dengan apa yang telah kami jelaskan bermanfaat bagi kita semua.  

0 Response to "Kandungan Gizi Telur Ayam Ras Dan Manfaat Telur Ayam Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel