-->

Kandungan Gizi Telur Puyuh Dan Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan

Kandungan dan manfaat telur puyuh - Telur memang sudah dikenal sebagai makanan yang kaya akan kandungan protein di dalamnya, salah satunya yaitu jenis telur puyuh yang mungil ini. Telur puyuh dan telur ayam sama mudah nya untuk kita dapatkan, terkadang kita mengganti lauk dengan telur puyuh agar terlihat berbeda, karena telur puyuh mempunyai bentuk yang lebih kecil cenderung disukai karena lebih praktis saat memakannya, Namun apakah telur puyuh sama kandungannya dengan telur ayam?

Kandungan Gizi Telur Puyuh Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Telur Puyuh
Jika kita lihat dari gizinya, ternyata kandungan gizi telur puyuh tidak sekecil bentuknya, kandungan telur puyuh sebagian lebih besar memiliki jumlah yang lebih besar dari pada telur ayam. Dalam berat yang sama telur puyuh memiliki energi yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam sebesar 14,9 Kkal. Hal ini cenderung sama pada zat gizi makro yaitu karbohidrat, vitamin, mineral dan zat mikro seperti vitamin dan mineral yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam.

Kandungan Gizi Telur Puyuh Per 100 gr


Kandungan gizi pada 100 gr telur puyuh adalah Energi 168 Kkal, Protein 13,1 gr, Lemak 11,1 gr, Reboflavin 0,478 mg, Karbohidrat 1,0 gr, Kalsium 64 gr, Asam Phantothenat 1,438 mg, Zat besi 3,65 mg, Vitamin B6 0,143 mg, Kolin 263,4 mg, Fosfor 226, Vitamin B12 1,58 mkg, Kalium 132 mg, Natrium 141 mg, Vitamin E 1,08 mg, Seng 1,47 mg, Tembaga 0,63 mg, Kolesterol 844 mg, Mangan 0,038 mg, Lutein + Zeaktsantin 369 mkg, Selenium 32,0 mg, Thiamin 0,069 mg, Niasin 0,07 mg, Magnesium 13 mg, Vitamin K 0,3 mkg dan Vitamin A 543 IU.

Untuk memudahkan penyampaian data kandungan gizi yang terdapat pada telur puyuh, berikut ini adalah tabel komposisi gizi telur puyuh per 100 g :
Jenis Gizi
Jumlah Kandungan
Energi
168 Kkal
Protein
13,1 gr
Lemak
11.1 gr
Riboflavin
0,478 mg
Karbohidrat
1,0 gr
Kalsium
64 mg
Asam Phantothenat
1,438 mg
Zat Besi
3,65 mg
Vitamin B6
0,143 mg
Kolin
263,4 mg
Fosfor
226 mg
Vitamin B12
1,58 mkg
Kalium
132 mg
Natrium
141 mg
Vitamin E
1.08 mg
Seng
1,47 mg
Tembaga
0,062 mg
Kolesterol
844 mg
Mangan
0,038 mg
Lutein + Zeaksantin
369 mkg
Selenium
32,0 mg
Thiamin
0,069 mg
Niasin
0,07 mg
Magnesium
13 mg
Vitamin K
0,3 mkg
Vitamin A
543 IU

Manfaat Mengkonsumsi Telur Puyuh Bagi kesehatan


Jika kita melihat dari sebagian besar praktisi medis di Negara China pada dahulu kala, di mana mereka telah menggunakan telur sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai gangguan macam penyakit yang merusak kesehatan tubuh, oleh sebab itu, Kita semua telah dianjurkan untuk mengkonsumsi telur untuk menjaga kesehatan tubuh agar tak mudah sakit, terutama telur puyuh yang mungil ini. Berikut ini adalah manfaat telur puyuh untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mencegah Kanker


Kandungan yang dimiliki telur puyuh memang dipercaya mampu untuk mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh, dengan demikian, tingkat risiko tubuh terkena penyakit kanker akan bisa diminimalisir sejak dini. Dengan mengkonsumsi telur puyuh secara teratur maka secara tidak langsung kesehatan tubuh akan meningkat, dan terhindar dari penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh kita seperti kanker.

2. Melawan Timbulnya Alergi


Telur puyuh ini mempunyai kandungan Ovomucoid, yang sangat berguna untuk melawan gejala timbulnya alergi pada tubuh, berbeda dengan telur ayam, terkadang malah bisa menyebabkan  diathesis dan alergi. Bahkan pada telur puyuh ini juga dipenuhi dengan kandungan kalium zat besi yang cukup tinggi. 

3. Membantu Kesehatan Mata


Mengkonsumsi telur puyuh memang juga sangat menunjang organ mata kita, karena di dalam telur puyuh ini terkandung zat zaeksantin dan lutein, yang merupakan senyawa alami dan dapat meningkatkan cahaya biru 20 sampai 90%. Sehingga mata bisa terjaga dengan baik.

4. Mencegah Penuaan Dini


Selain lutein dapat menjaga kesehatan mata, di sisi lain lutein juga akan mencegah terjadinya penuaan di masa dini. Bahkan lutein yang terkandung dalam kuning telur ini mampu memperlambat penuaan dini hingga 40 tahun.

5. Membantu Perkembangan Janin


Dimasa kehamilan yang sangat di nanti ini, tentu para ibu akan menginginkan kondisi janin yang telah dikandungnya tetap dalam kondisi normal dan sehat, dengan mengkonsumsi telur puyuh yang dikenal sumber kolin ini, nantinya akan mendukung perkembangan pada otak janin, bahkan jika seorang ibu hamil mengkonsumsi telur secara rutin, maka hal demikian akan mengurangi risiko kematian pada sel janin yang dikandungnya

6. Menguatkan Fungsi Otak


Manfaat dari telur puyuh salah satunya menguatkan memori otak janin dalam kandungan, nutrisi kolin yang terdapat pada telur puyuh juga akan mempertahankan fungsi otak bagi setiap orang di usia produktif, sehingga otak akan bisa tetap bekerja dengan sehat dan maksimal.

7. Menjadi Sumber Protein yang Terbaik


Jika dibandingkan telur bebek atau ayam, telur puyuh yang mungil ini ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yakni 23,5 gram protein, bahkan daya cerna pada telur puyuh ini sangat tinggi, sehingga akan diserap oleh tubuh secara maksimal.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Kandungan yang terdapat pada telur puyuh juga bisa digunakan untuk mempertahankan kekebalan tubuh, oleh karena itu anda bisa mengkonsumsi telur puyuh ini sebanyak 3 sampai 4 butir sehari, dengan begitu sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat.

9. Mencegah Saluran Pencernaan


Dalam rangka mencegah agar kita tidak sampai terkena gangguan saluran pencernaan seperti maag, sembelit dan yang lainnya, maka dari itu anda kita bisa mengkonsumsi telur puyuh ini secara rutin, selain itu juga telur puyuh juga bisa meningkatkan kinerja sistem saraf pada tubuh.

Bahaya Mengkonsumsi Telur Puyuh Berlebihan


Telur puyuh secara umum memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap tiga kali lipat dibandingkan dengan telur ayam, Misalnya protein yang lebih tinggi 3% dan kandungan vitamin B1 50% lebih besar dari telur ayam, namun jika anda mengkonsumsi secara berlebihan ternyata akan menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu:
  1. Kolesterol tinggi
  2. Menimbulkan keguguran
  3. Diabetes tipe 2
  4. Radang tenggoroan
  5. Tekanan darah menurun
  6. Protein tinggi (Kelebihan protein)
  7. Penurunan memori otak
  8. Kerusakan mata
  9. Alergi
  10. Plak pada pembuluh darah
  11. Jantung koroner
  12. Penyebab batu ginjal
  13. Menghambat penyerapan vitamin
  14. Alergi pada anak
  15. Gangguan perkembangan otak janin anak
  16. Metabolisme terganggu
  17. Nyeri otot
  18. Penurunan berat badan
  19. Menimbulkan darah tinggi
  20. Memicu sakit perut
  21. Memicu kadar glukosa dalam darah meningkat

Catatan:

Telur mengandung omega3 yang sangat tinggi dan baik bagi kesehatan jantung, meningkatkan kecerdasan dan masih banyak manfaat yang lainnya. Namun tidak selama minyak tak jenuh tunggal yang ada pada telur mampu melindungi kesehatan tubuh jika mengkonsumsi terlalu berlebihan. Makanlah telur secara wajar misalnya hanya 3-5 butir / hari , agar tubuh dapat menikmati manfaat dari telur puyuh ini dengan baik.

Apapun makanannya tidaklah baik jika dikonsumsi dengan berlebihan karena manfaat yang didapat adalah resiko gangguan pada kesehatan tubuh kita, konsumsilah telur dengan secara wajar dan sebaiknya tidak dijadikan sate yang diolesi minyak kelapa sawit atau minyak yang lainnya, hal itu akan membuat kolesterol meningkat. 


Tips Memilih Telur Puyuh Yang Baik


Untuk mendapat telur puyuh dengan kualitas terbaik dan sehat Ana bisa memperhatikan hal penting dari kami. Berikut ini adalah cara memilih telur puyuh yang baik untuk kita konsumsi :
  1. Pilihlah berdasarkan warna kulit telur puyuh, pekat
  2. Telur yang berukuran normal adalah telur puyuh yang terbaik
  3. Perhatikan bentuk telur puyuh, bulat
  4. Sentuh kulit telur puyuh, jika masih ada bintik-bintik putih pada telur maka pertanda telur masih segar
  5. Cium aroma telur puyuh, tidak bau busuk
  6. Guncang telur puyuh secara perlahan, telur puyuh yang baik tidak akan terdengar suara jika diguncangkan
  7. Rendam telur di dalam air, jikalau telur puyuh tenggelam itu pertanda telur masih segar
  8. Teropong telur telur puyuh dengan bantuan cahaya, pastikan tidak ada bercak apapun dalam telur puyuh
  9. Telur puyuh tidak pecah, jika telur pecah maka tidak akan terjamin kehigenisannya.

Itulah tadi beragam khasiat terkumpul menjadi satu dalam telur puyuh dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita, Tapi tentu dengan batas yang normal mengkonsumsi telur yaitu 3-5 / hari. Sampai di sini kita telah selesai membahas kandungan gizi telur puyuh dan manfaat mengkonsumsi telur puyuh bagi kesehatan tubuh.

Untuk melengkapi pengetahuan Anda dalam informasi gizi dan manfaat dari bahan makanan Anda dapat menyimak kandungan gizi dan manfaat telur bebek yang kami bagikan melalui blog ini. Kami berharap artikel yang kami bagikan pada kesempatan ini bermanfaat bagi Anda semua.

0 Response to "Kandungan Gizi Telur Puyuh Dan Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel