-->

13 Jenis Vitamin dan Sumber Vitamin Beserta Fungsinya

Pengertian vitamin atau (vital amine, vitamin) adalah senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme disetiap organisme, yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Nama vitamin ini berasal dari gabungan kata bahasa latin vita yang artinya "hidup" dan amine (amine) yang mengacu pada suatu gugus fungsi yang memiliki atom nitrogen (N). Pada awalnya vitamin dianggap demikian kelak dapat diketahui bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim).
Jenis Jenis Vitamin Fungsi Dan Sumbernya
Macam Macam Vitamin
Berdasarkan hasil penelitian  hingga saat ini ada 13 jenis vitamin yaitu Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B7, Vitamin B9 dan Vitamin B12.

Secara garis besar vitamin dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air hanya ada 2 yaitu vitamin B dan C sedangkan vitamin yang lainnya yaitu Vitamin A, D, E dan K ini semua bersifat larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan di dalam jaringan adiposa (lemak) di dalam hati, vitamin ini kemudian akan dikeluarkan dan diedarkan ke seluruh tubuh saat diperlukan.

Beberapa vitamin ada yang disimpan hanya beberapa hari saja dalam tubuh sedangkan vitamin yang lainnya bisa bertahan hinnga 6 bulan lamanya di dalam tubuh. Vitamin merupakan kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada dasarnya senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh serta berkembang secara normal.

Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh manusia dan dapat pula memberikan manfaat untuk kesehatan. Bila kadar senyawa ini tidak dapat mencukupi maka tubuh akan mengalami gangguan berbagai penyakit dan memiliki kelainan dalam pertumbuhan fisik.

Tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit tetapi jika kebutuhan ini diabaikan maka metabolisme di dalam tubuh akan terganggu karena fungsi tidak dapat digantikan oleh senyawa lainnya. Gangguan kesehatan ini disebut dengan istilah avitaminosis sebagai contoh apabila kita kekurangan vitamin A maka kita akan mengalami kerabunan. Disamping itu asupan vitamin juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh manusia.

Berbeda dengan vitamin yang larut dengan lemak, jenis vitamin yang larut dalam air hanya dapat disimpan dalam jumlah sedikit dan biasanya akan segera hilang bersama aliran makanan. Saat bahan pangan dicerna oleh tubuh vitamin yang terlepas akan masuk ke dalam aliran darah dan beredar ke seluruh bagian tubuh apabila tidak dibutuhkan vitamin ini akan segera hilang bersama urin. Oleh karena itu  tubuh membutuhkan asupan vitamin larut dalam air secara terus menerus.

Jenis  dan Sumber Vitamin Berserta Fungsinya


1. Vitamin A


Vitamin A memiliki nama biokimia Retinal, Retinol, Carotinoids .Secara umum vitamin A berfungsi dalam pembentukan indra penglihatan yang baik terutama dimalam hari dan sebagai salah satu komponen yang menyusun pigmen mata di retina. Selain itu vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan imunitas tubuh. Vitamin A bersifat mudah rusak oleh paparan sinar matahari, paparan panas dan udara..

  1. Fungsi Vitamin A : Untuk menjaga kesehatan indra penglihatan atau mata, sebagai imunitas tubuh dan menjaga kesehatan kulit dan penurunan daya tahan tubuh.
  2. Akibat Kekurangan Vitamin A : Dapat menyebabkan rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, dan penurunan daya tahan tubuh.
  3. Akibat Kelebihan Vitamin A : Akan menyebabkan keracunan dalam tubuh, penyakit yang sering timbul antara lain seperti pusing-pusing, kerontokan rambut, kulit kering bersisik dan bisa mengakibatkan pingsan. Selain itu apabila sudah dalam kondisi yang parah hal ini dapat menyebabkan kerabunan dan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tubuh, pembengkakan hati dan juga iritasi pada kulit. 
  4. Sumber Vitamin A : Buah - buahan yang berwarna merah atau kuning (wortel, cabai merah, pisang dan pepaya), susu, margarine, hati dan ginjal dan sayur - sayuran terutama yang memiliki warna hijau dan kuning.

2. Vitamin B1


Vitamin B1 memiliki nama biokimia Thiamine. Vitamin B1 adalah salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dab kulit serta membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh untuk aktivitas sehari-hari. Disamping itu vitamin B1 juga membantu proses metabolisme protein dan lemak.
  1. Fungsi Vitamin B1 : Berperan penting  untuk sistem saraf dan fungsi jantung, mencegah penyakit beri-beri.
  2. Akibat Kekurangan Vitamin B1 : Akan menyebabkan kulit mengalami beberapa gangguan seperti kulit kering bersisik, tubuh juga mengalami beri-beri, gangguan pencernaan, jantung dan sistem saraf, untuk mencegah hal ini.
  3. Akibat Kelebihan Vitamin B1 : Akan mengakibatkan berbagai gejala seperti batuk, sakit kepala, jantung berdebar kencang, gatal dan bintik-bintik pada kulit, dan wajah kemerah-merahan, tekanan darah atau hipertensi. 
  4. Sumber makanan Vitamin B1 : Gandum, nasi, daging, susu, telur dan tanaman kacang-kacangan.

3. Vitamin B2


Vitamin B2 memiliki nama biokimia Riboflavin. Vitamin B2 memiliki banyak berperan penting dalam metabolisme tubuh manusia. Dalam tubuh, manusia vitamin B2 berperan sebagai salah satu komponen koenzim flavin mononukleotida (flavin mononucleotide, FMN) dan Flavin adene dinukleotida (adene dinukleotide, FAD) kedua enzim ini berperan penting dalam regenerasi bagi tubuh melalui proses respirasi, vitamin ini juga berperan dalam membentuk molekul steroid.
  1. Fungsi Vitamin B2 : Mendukung pembentukan sel darah merah dan glikogen serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh seperti kulit, rambut dan kuku.
  2. Akibat Kekurangan Vitamin B2 : Akan mengakibatkan penyakit airboflavinosis, turunnya daya tahan tubuh, kulit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah
  3. Kelebihan Vitamin B2 : Akan mengakibatkan tekanan darah rendah, cepat kelelahan, anemia, mual-mual dan muntah. Karena B2 sama seperti B1 yang larut dalam air maka jika tubuh kelebihan vitamin B2 maka akan segera dikeluarkan tubuh melalui keringat atau urin.
  4. Sumber Vitamin B2 : Kacang kedelai, sayur-sayuran segar, kuning telur dan susu.

4. Vitamin B3


Vitamin  B3 memiliki nama biokimia Niacin, Niacinamide. Vitamin B3 ini berperan penting dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi tubuh dan juga untuk metabolisme lemak dan protein. Vitamin B5 juga memiliki peran dalam menetralisir kadar gula dalam darah, membantu menyembuhkan migren sehingga vitamin ini sangat penting untuk mencegah penyakit diabetes.
  1. Fungsi Vitamin B3 : Memiliki peranan besar dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi penyembuhan migren dan vertigo, menetralisir gula dalam darah, menetralisir racun dalam tubuh dan menstabilkan tekanan darah.
  2. Akibat Kekurangan Vitamin B3 : Dapat menyebabkan tubuh mengalami kekejangan, keram otot, gangguan sistem pencernaan, mual - mual dan muntah.
  3. Akibat Kelebihan Vitamin B3 : Akan menimbulkan gatal-gatal, infeksi kulit, muntah, lidah bengkak, muka kemerah - merahan.
  4. Sumber Vitamin B3 : Banyak ditemukan pada hewan seperti, hati, ginjal, daging unggas dan ikan, akan tetapi terdapat beberapa sumber pangan lainnya seperti gandum dan kentang manis.

5. Vitamin B5


Vitamin B5 memiliki nama biokimia Pantothenic acid (Asam Pantotenat). Vitamin B5 sangat memiliki fungsi membantu proses reaksi enzim pada tubuh oleh karena itu vitamin ini berperan besar dalam proses metabolisme tubuh seperti reaksi pemecahan nutrisi makanan terutama lemak.
  1. Fungsi Vitamin B5 : Membantu pemecahan nutrisi makanan (terutama pada lemak), menjaga komunikasi sistem saraf dan otak, memproduksi senyawa asam lemak, sterol, neurontransmiter dan hormon tubuh.
  2. Akibat Kekurangan Vitamin B5 : Akan mengakibatkan penyakit parasthesia, otot mudah kram, sulit tidur, kulit kering dan bersisik.
  3. Akibat Kelebihan vitamin B5 : Akan menyebabkan mual, diare, dan sensitif pada gigi.
  4. Sumber Vitamin B5 : Daging, hati, susu, ginjal, kacang hijau, brokoli, avokado dan sayur - sayuran hijau.

6. Vitamin B6

 
Vitamin B6 memiliki nama Biokimia (Vitaminer): Pyridoxine(Pridoksin). Vitamin B6 memiliki peranan penting dalam pertumbuhan tubuh manusia. Vitamin ini juga berperan memproduksi antobodi dalam tubuh sebagai mekanisme pertahan tubuh dari serangan penyakit dan menjaga kesehatan.
  1. Fungsi Vitamin B6 : Sangat penting untuk kesehatan gigi dan gusi, sel-sel darah merah dan sistem saraf, memproduksi antibodi, membantu metabolisme lemak, membantu metabolisme karbohidrat dan membantu metabolisme protein.
  2. Akibat kekurangan Vitamin B6 : Penyakit anemia, gangguan sistem saraf.
  3. Akibat Kelebihan Vitamin B6 : Dapat mengakibatkan kesemutan dan mati rasa, koordinasi hingga kelumpuhan, sulit bernapas, alergi pada kulit, sakit kepala, iritasi saraf.
  4. Sumber Makanan Vitamin B6 : Udang, Ikan salmon, ayam, daging, gandum, kentang, beras, jagung, ubi jalar, wortel, pisang, kacang-kacangan, sayur-sayuran.

7. Vitamin B7


Vitamin B7 memiliki nama Biokimia Biotin. Vitamin B7 ini memiliki fungsi untuk melancarkan metabolisme energi dalam tubuh. Vitamin B7 ini juga dapat menjaga kadar gula yang ada pada tubuh sehingga resiko penyakit diabetes dapat dikurangi.
  1. Fungsi Vitamin B7 : Melancarkan metabolisme pada tubuh, membantu menurunkan berat badan, membantu perawatan alami rambut dan kuku, menjaga kadar gula dalam tubuh, dapat membantu reaksi biokimia pada tubuh seperti trans karbondioksida dan metabolisme karbohidrat, metabolisme lemak, metabolisme protein dan  menurunkan kadar kolesterol.
  2. Akibat Kekurangan Vitamin B7 : Kerontokan rambut, diare dan kekurangan vitamin B7 juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti Anemia, Hyperesthesia, Deramatitis, Pharesthesia dan gangguan jantung.
  3. Akibat Kelebihan Vitamin B7 : Membuat rambut, kuku, dan kulit terganggu, kulit kusam, proses metabolisme tubuh menurun, berat badan tidak stabil, kelainan jantung, kelebihan gula darah, infeksi pada vagina, pernapasan terganggu, mudah lelah, keracunan, cepat lemas,
  4. Sumber Vitamin B7 : Daging, kuning telur, pisang, ragi, biji - bijian utuh, beras, biji bunga matahari, kacang hijau, kacang tolo, kedelai, gandum, kacang-kacangan, wortel, ayam, hati, ikan terutama jenis ikan salmon dan keju.

8. Vitamin B9

 
Vitamin B9 memiliki nama biokimia Folic acid (Asam Folat). Vitamin B9 ini memiliki peranan sangat penting perkembangan otak yang cerdas sehingga mengkonsumsi vitamin B9 akan membantu kecerdasan, begitu juga sebaliknya bila kekurangan vitamin B9 maka perkembangan otak akan lama sehingga menghambat kecerdasan otak atau bodoh. Nah bagi Anda yang ingin mengoptimalkan fungsi otak agar cerdas dan pintar konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin B9.
  1. Fungsi Vitamin B9 : Mencegah kecacatan pada janin, membantu tubuh proses metabolisme protein yang berlangsung, membangun sel darah merah yang sehat, menurunkan resiko penyakit jantung, pembentukan DNA, mengoptimalkan fungsi otak, membentuk jaringan tubuh dan membantu proses pertumbuhan rambut.
  2. Akibat Kekurangan Vitamin B9 : Kecacatan pada janin, gangguan fungsi otak, gangguan pertumbuhan tulang belakang dan mudah terkena diare.
  3. Akibat Kelebihan Vitamin B9 : Jika mengkonsumsi terlalu berlebihan akan mengakibatkan seperti: insomnia,ruam, kejang, kesemutan, mati rasa, mual, kelelahan, hipertensi, diare, sariawan, lidah bengkak.
  4. Sumber Vitamin B9 : Bayam, kacang polong, kuaci/ biji bunga matahari, kentang, tomat, salada, kacang - kacangan, bayam, semangka, jeruk, telur dan hati.

9. Vitamin B12

 
Vitamin B12 memiliki nama biokimia cyanocobalamin hydroxycobalamin, methylcobalamin. Vitamin B12 sangat berbeda dengan vitamin B lainnya karena hanya dihasilkan atau diproduksi oleh hewan yang tentunya tidak ditemukan pata tumbuh - tumbuhan. Karena hanya dihasilakan dari hewan maka seseorang yang vegetarian sering mengalami gangguan kesehatan karena kekurangan vitamin B12.

Vitamin B12 memiliki peranan penting dalam proses metabolisme energi dalam tubuh, melakukan pemeliharaan kesehatan jaringan saraf dan membantu proses pembentukan DNA dan RNA.
  1. Fungsi Vitamin B12 : Menjaga kesehatan sistem saraf, mencegah penyakit anemia, penting untuk pertumbuhan bagi anak-anak.
  2. Akibat Kekurangan Vitamin B12 : Penyakit anemia, cepat lelah.
  3. Akibat Kelebihan Vitamin B12 : Gejala yang sering dialami oleh orang kelebihan vitamin B12 biasanya mengalami gejala lengan akan terasa mati rasa, terasa nyeri bagian legan atau kaki, sesak napas, mudah gelisah dan cemas, bengkak, diare, asam urat tinggi, menyebabkan pusing dan nyeri pada punggung.
  4. Sumber Vitamin B12 : Hati, ikan, daging, telur dan susu.

10. Vitamin C

 
Vitamin C memiliki nama biokimia Ascorbic acid (Asam Askorbat). Vitamin C sangat banyak perannya dalam kesehatan tubuh karena vitamin C berperan sebagai senyawa pendorong dalam pembentukan kolegan yang merupakan protein penting dalam penyusunan jaringan kulit, tulang, sendi dan jaringan penyokong lainnya.

Vitamin C merupakan senyawa antioksidan alami yang berperan penting dalam menangkal radika bebas dari polusi lingkungan sekitar kita. Terkait dengan sifat vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas  vitamin C berperan dalam membantu menurunkan laju mutasi sehingga jenis penyakit degenerasi seperti kanker dapat dicegah dan diturunkan sejak dini.
  1. Fungsi Vitamin C : Menjaga kebugaran tubuh, sangat penting untuk kesehatan gusi dan gigi, tulang, membentuk sel-sel tubuh dan pembuluh darah, mencegah penyakit kudis, meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai antioksidan, membantu proses penutupan luka, proteksi demam, pembentukan darah merah, pembentukan jaringan ikat, membantu perkembangan sel dan menjaga kesehatan kulit.
  2. Akibat Kekurangan Vitamin C : Bibir pecah-pecah, sariawan, gusi berdarah, berkurangnya energi, penyakit kudis, nyeri pada sendi, penyakit anemia.
  3. Akibat Kelebihan Vitamin C : Dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, kelebihan zat besi, penyakit jantung, kerusakan genetik.
  4. Sumber Vitamin C : Jeruk, tomat, mengga, pepaya, semangka, brokoli, bunga kol, daun pepaya, daun ubi, arbei, stowberi, asparagus, kol, mentega dan ikan.

11. Vitamin D

 
Vitamin D memiliki nama biokimia Cholacalciferol, Ergocalciferol (Kalsiferol). Vitamin D termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak berperan penting dalam dalam proses pembentukan tulang. Selain dari makanan vitamin D ini dapat didapat dari sinar matahari pagi sehingga olahraga atau berjemur di pagi hari sangat membantu Anda dalam mendapatkan vitamin D. Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D ketika kulit terpapar cahaya matahari.

Bila dalam masa pertumbuhan kekurangan vitamin D maka tubuh akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal yaitu betis kaki akan membentuk huruf O atau X. Melihat pentingnya peranan vitamin D dalam masa pertumbuhan maka sangat dianjurkan bagi balita atau anak yang sedang dalam pertumbuhan memberikan asupan vitamin D yang cukup.
  1. Fungsi Vitamin D : Sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi, membantu metabolisme kalsium, mineralisasi tulang,  membantu tubuh menggunakan phospor, mencegah penyakit rankhitis (pelunakan tulang pada anak-anak).
  2. Akibat Kekurangan Vitamin D : Gigi mudah rusak, tulang keropos, kaki berbentuk O atau X, mengalami gangguan pada otot yaitu mudah kejang, radang sendi, hilangnya unsur fosfor dan kalsium secara berlebihan, diabetes, penyakit rahkitis.
  3. Akibat Kelebihan Vitamin D : Mual muntah, kehilangan nafsu makan, gagal ginjal, sakit perut, sembelit, diare, peningkatan kalsium darah, tulang keropos.
  4. Sumber Vitamin D : Ikan telur, hati, jamur, kedelai, susu, udang, tiram, paparan sinar matahari.

12. Vitamin E

 
Vitamin E memiliki nama biokimia Tocopherols, Tocotrienols.Vitamin E termasuk dalam vitamin yang larut dalam lemak berperan penting dalam menghasilkan antioksidan alami bagi tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu vitamin E juga berperan menjaga kesehatan jaringan mata dan kulit, menjaga ketahanan sel darah merah. Vitamin E bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah yang dapat menghambat proses penuaan dini dan kulit keriput. Nah, jika Anda ingin tampil awet mudah dari sekarang konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E
  1. Fungsi Vitamin E : sangat penting untuk fungsi darah, mencegah asam lemak yang berlebihan, menjaga jaringan kesehatan kulit, mata, darah merah dan hati, sebagai antioksidan yang alami, melindungi paru-paru dari polusi udara.
  2. Akibat Kekurangan Vitamin E : Kemandulan, gangguan saraf dan otot.
  3. Akibat Kelebihan Vitamin E : Pembengkakan seperti pada bibir, lidah, dan wajah, perdarahan, sakit kepala, mual, penglihatan kabur, perut kembung dan diare.
  4. Sumber Vitamin E : Ayam, kuning telur, ikan, minyak sayur, gandum, padi - padian, lettuce, ikan, ragi, kuning telur.

13. Vitamin K

 
Vitamin K memiliki nama biokimia Phylloquinone, Menaquinones. Vitamin K termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak yang memiliki peranan sangat besar dalam pembentukan darah dan proses penutupan luka. Oleh karena itu jika terjadi luka pada tubuh misal jatuh atau terkena benda tajam sangat dianjurkan untuk banyak mengkomsumsi makanan yang mengandung vitamin K.
  1. Fungsi Vitamin K : Berperan penting dalam pembentukan sistem peredaran darah, membentuk metabolisme tubuh, membantu dalam menutup luka, mencegah penyakit diabetes, menekankan proses perdarahan akibat pemakaian senyawa aspirin atau antibiotik berlebihan, menurunkan resiko terkena penyakit osteoporosis.
  2. Akibat Kekurangan Vitamin K : Menghambat pembekuan darah, menurunnya kepadatan tulang, kesulitan dalam pembentukan darah apabila terjadi pendarahan atau terjadi luka pada tubuh.
  3. Akibat Kelebihan Vitamin K : Akan mengakibatkan gejala seperti muntah, mual, anemia, diare dan ruam kulit
  4. Sumber Vitamin K : Hati, Susu, kuning telur, kacang polong, buncis, sayuran yang memiliki warna atau daun hijau, avocado, kiwi, dan peterseli.

Dapat diambil kesimpulan bahwa mengkonsumsi vitamin secara berlebihan akan tidak baik untuk kesehatan kita maka konsumsilah vitamin secara teratur atau sesuai kebutuhan. Berbagai macam vitamin yang sudah dijelaskan di atas secara terperinci semoga dapat membantu Anda dalam menggali lebih dalam lagi mengenai sumber vitamin yang ada dikehidupan kita sehari-hari.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

0 Response to "13 Jenis Vitamin dan Sumber Vitamin Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel