-->

Kandungan Gizi Bayam Dan Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Bayam adalah makanan yang baik dengan kandungan nutisi yang banyak di dalamnya, bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi, daun bayam bisa dikonsumsi dengan cara disayur bening, namun sekarang ini olahan sayur bayam menjadi beraneka ragam seperti, lodeh bayam, kripik bayam dan masih banyak yang lainnya. Pembahasan pada artikel kali ini akan membahas kandungan nutrisi dan manfaat mengkonsumsi bayam.
Kandungan Gizi Nutrisi Bayam Dan Manfaat Bayam Untuk Kesehatan
Tanaman Sayur Bayam

Bayam mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan  mata serta dapat mencegah penyakit kanker. Bayam dapat menghambat enzim angiotensin converting sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah. kandungan Zeaxaanthing dan lutein yang terdapat pada bayam sangat baik untuk kesehatan mata.

Kandungan Gizi Bayam Per 100 g


Bayam merupakan sumber protein, kalsium, zat besi, vitamin, karbohidrat, fosfor, lemak dan air.  Kalsium yang terdapat pada bayam terbilang sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Begitu juga dengan kandungan zat besi pada bayam yang cukup tinggi sangat baik untuk mencegah penyakit anemia.

Kandungan gizi yang terdapat pada bayam sangat banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Komposisi gizi atau nutrisi yang terdapat pada 100 g bayam mengandung Kalori 36 Kkal, Protein 3,5 g, Lemak 0,5 g, Karbohidrat 6,5 g, Vitamin B1 0,08 g, Vitamin A 6,090 UI, Vitamin C 80 mg, Kalsium (Ca) 267 mg, Fosfor (P) 67 mg, Zat Besi (Fe) 4 mg dan Air 86,g.

Tabel Kandungan gizi bayam per 100 g :
Jumlah Per
100 g
Kalori
36 Kkal
Protein
3,5 g
Lemak
0,5 g
Karbohidrat
6,5 g
Vitamin B1
0,08 mg
Vitamin A
6,090 UI
Vitamin C
80 mg
Kalsium (Ca)
267 mg
Fosfor (P)
67 mg
Zat Besi (Fe)
4 mg
Air
86,9 g

Melihat begitu besar kandungan nutrisi yang terdapat pada bayam maka remaja atau ibu hamil yang beresiko terkena penyakit anemia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bayam yang kaya akan Zat Besi dan Vitamin C. Begitu juga dengan Anda jika merasa wajah terlihat pucat, sering sakit kepala dan mual segera konsumsi bayam sehingga badan Anda kembali fit dan sehat kembali.

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh


Kandungan nutrisi yang melimpah pada daun bayam menjadikan sayuran sebagai sayur yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat bayam sangat baik untuk mengotrol berat badan, melawan kanker, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan darah tinggi, mencegah gusi berdarah, mengurangi resiko diabetes dan mencegah anemia.

Untuk lebih jelas dan detail manfaat mengkonsumsi sayur bayam, berikut akan kami jelaskan secara rinci perihal apa saja manfaat daun bayam untuk kesehatan tubuh kita :

1. Baik untuk Mengontrol Berat Badan


Jika anda sedang melakukan program diet, maka bayam adalah solusinya, karena bayam mengandung 20% serat makanan yang baik untuk pencernaan seperti sembelit dan mempertahankan gula darah rendah

2. Melawan Kanker


Dalam bayam terdapat kandungan yang berupa flavonoid, yaitu sebuah phytonutrisi yang memiliki sifat anti-kanker,. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid mampu mencegah terjadinya pembelahan sel kanker pada perut, kandungan flavonoid pada bayam juga terbukti menurunkan resiki kanker sebesar 35% terutama kanker payudara dan kanker rahim.

3. Menjaga Kesehatan Mata


Mengkonsumsi bayam secara teratur dapat membantu mata agar terhindar dari katarak dan degenerasi makula, hal ini karena bayam mengandung karotenoid, salah satu bentuk antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Menjaga Kesehatan Tulang


Selain untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai bahaya, bayam juga mampu menjaga kesehatan tulang, karena bayam mengandung vitamin K yang tinggi, vitamin K ini sangat penting untuk mencegah pengngroposan tulang, selain itu masih ada juga kandungan mineral seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor, semua itu juga membantu menguatkan tulang. 

5. Menjaga Kesehatan Kulit


Kandungan vitamin A yang tinggi pada bayam mampu menjaga kelembapan pada lapisan epidermis, mengatasi timbulnya jerawat, dan mencegah keriputan

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Satu cangkir bayam sudah memenuhi kebutuhan gizi harian seperti vitamin A yang melindungi dan memperkuat entry poin kedalam tubuh manusia, seperti membran mukosa, saluran pernapasan, sehingga menjaga anda dari bebagai penyakit

7. Anti-inflamasi


Bayam memiliki sifat alkalinitas yang tingii, sayuran ini merupakan pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi seperti rheumatioid arthritis dan osteoarthritis

8. Mencegah Penyakit Kardiovaskular


Sayuran ini merupakan sumber asam folat yang sangat baik, sayuran ini juga mengandung choline dan inositol, asam folat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah yang bertanggung jawab terhadap tingginya resiko penyakit jantung

9. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Bayam merupakan sayuran sumber kalium yang tinggi namun rendah sodiumnya, keseimbangan kedua mineral ini sangat membatu pasien darah tinggi dalam menurunkan tekanan darah. Kandungan asam folat dalam bayam juga membantu dalam elastisitas pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancar.

10. Menurunkan Resiko Diabetes


Jika anda termasuk orang dengan resiko diabetes, maka mulai sekarang konsumsilah bayam secara teratur, karena bayam membantu menjaga tingkat gula dalam darah agar tetap stabil, kandungan magnesiumnya sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes untuk mencegah terjadinya komplikasi.

11. Mencegah Anemia


Bayam merupakan sayuran dengan kandungan zat besi yang amat tinggi, jadi sangat cocok bagi anda yang mempunyai resiko terkena anemia, zat besi ini membantu proses pembentukan sel darah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

12. Mencegah Gusi Berdarah


Perdarahan pada gusi anda bisa disebabkan karena kurangnya Vitamin C dan terlalu banyak asupan gula halus dalam tubuh, untuk mengatasinya anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi bayam ini.

Efek Samping Saat Mengkonsumsi Bayam


Bayam adalah salah satu sayuran sehat yang bisa menawarkan banyak manfaat positif bagi tubuh anda, tetapi asupan yang secara berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan tubuh anda, karena memiliki beberapa potensi efek samping sebagai berikut:

1. Penyerapan Mineral yang Buruk


Mengkonsumsi bayam secara berlebihan mengganggu kapasitas penyerapan mineral tubuh kita, karena tanaman ini mengandung asam oksalat, yang diketahui bisa mengikat senyawa meneral penting seperti kalsium, magnesium.

2. Gangguan Perut


Meski mengkonsumsi bayam mengandung serat yang baik untuk pencernaan, tubuh kita butuh waktu untuk membiasakannya, makanya bayam bisa menyebabkan sejumlah gangguan lambung.

3. Batu ginjal


Bayam mengandung banyak nya purin, ini adalah kelompok senyawa organik tertentu, yang ketika tertelan ke dalam tubuh kita akan menjadi asam urat dan ini sangat buruk untuk kesehatan ginjal kita

4. Alergi


Meski jarang, terkadang bayam bisa menimbulkan reaksi alergi, karena sayuran ini mengandung histamin, yang dapat menyebabkan efek pseudoallergic ringan

Tips Memilih Bayam Yang Baik


Untuk mendapat gizi yang sempurna pada bayam maka hal yang diperlukan adalah kualitas bayam yang dikomsumsi. Berikut ini adalah cara memilih sayur bayam yang baik untuk dikonsumsi :
  1. Tentukan jenis bayam potong atau bayam cabut
  2. Pilih lah bayam yang masih segar, bayam yang masih segar di sini tidak layu dan warnanya masih hijau muda
  3. Daun yang berlubang berarti dimakan ulat, itu artinya sayuran ini tidak terkena pestisida yang berlebihan dan baik untuk anda pilih

Itulah tadi macam-macam kandungan gizi serta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengetahui kandungan tersebut kita bisa mengatur pola hidup yang lebih sehat.

0 Response to "Kandungan Gizi Bayam Dan Manfaat Bayam Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel