-->

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Anggur adalah tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk dalam keluarga vitaceae, buah ini biasanya digunakan untuk jus minuman, jelly, minyak biji anggur dan kismis. Ada juga yang dimakan secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Kandungan gizi yang terdapat pada anggur terbilang sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk kesehatan, nah untuk mengulasnya pada kesempatan ini akan dibahas kandungan gizi dan manfaat buah anggur.
Kandungan Nutrisi Buah Anggur Dan Manfaat Buah Anggur
Buah Anggur
Buah anggur dikenal karena mengandung senyawa polifenol dan resverator yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme dalam tubuh, serta mencegah terbentuknya sel kanker dan penyakit lainnya yang mengganggu kesehatan kita. Aktivitas ini juga terkait karena adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu kandungan vitamin yang terdapat pada buah anggur juga sangat melimpah sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Anggur


Dalam 100 gr anggur terkandung gizi berupa Kalori 69 Kkal, Karbohidrat 18,1 gr, Protein 0,72 gr, Gula 15,45 gr, Serat 0.9 gr, Lemak 0,16 gr, Vitamin A 66 IU, Vitamin C 3,2 mg, Vitamin D 0 µg, Vitamin E 0,19 mg, Vitamin K 14,6 µg, Vitamin B1 0,069 mg, Vitamin B2 0,07 mg, Vitamin B3 0,188 mg, Vitamin B5 0,05 mg, Vitamin B9 2 µg, Zat Besi 0,36 mg, Kalsium 10 mg, Magnesium 7 mg, Potassium 191 mg, Sodium 2 mg, Fosfor 20 mg, Seng 0,07 mg dan Air 80,54 gr. Berikut ini adalah tabel komposisi nutrisi anggur per 100 gr :
Jenis Nutrisi
Kandungan
AKG %
Kalori
69 Kcal
-
Karbohidrat
18,1 gr
-
Protein
0,72 gr
-
Gula
15,48 gr
-
Serat
0,9 gr
-
Lemak
0,16 gr
-
Vitamin A
66 IU
3 %
Vitamin C
3,2 mg
4 %
Vitamin D
0 µg
-
Vitamin E
0.19 mg
1 %
Vitamin K
14,6 µg
14 %
Vitamin B1 (Thiamine)
0,069 mg
6 %
Vitamin B2 (Riboflavin)
0,07 mg
6 %
Vitamin B3 (Niacin)
0.188 mg
1 %
Vitamin B5 (Panthothenic acid)
0.05 mg
1 %
Vitamin B9 (Folat)
2 µg
1 %
Zat Besi
0,36 mg
3 %
Kalsium
10 mg
1 %
Magnesium
7 mg
2 %
Potassium (Kalium)
191 mg
4 %
Sodium
2 mg
0 %
Fosfor
20 mg
3 %
Seng (Zinc)
0,07 mg
1 %
Air
80,54 gr
-
Keterangan : AKG merupakan singkatan dari Angka Kecukupan Gizi
Sumber        : Data Nutrisi USDA

Manfaat Anggur Untuk Kesehatan


Buah anggur sangat bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan risiko penyakit kanker, mengendalikan tekanan darah, mengendalikan gula darah, menyehatkan mata, mencegah degenerasi makula, melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit ginjal, menguatkan kekebalan tubuh dan mencegah penuaan dini. Untuk lebih detail penjelasan manfaat mengkonsumsi buah anggur berikut ini adalah penjelasannya :

1. Mencegah Dan Menurunkan Risiko Penyakit Kanker


Buah anggur mengandung antioksidan yang sangat kuat, yang dikenal dengan polifenol. Polifenol ini dianggap memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, salah satu senyawa dari polifenol adalah reverator yang dapat ditemukan dikulit anggur.

Berdasarkan hasil penelitian mengatakan bahwa resverator akan memperlambat atau mencegah tumor di hati, perut, payudara, usus besar, kanker kulit dan leukimia. Selanjutnya anti-flamasi lainnya yang terdapat pada buah anggur ini adalah Quercetin Flavonoid yang dapat membantu dan mencegah serta memperlambat pertumbuhan sel kanker.

2. Mengendalikan tekanan darah


Meningkatkan asupan kalium atau potasium dapat membantu mengurangi efek negatif dari konsumsi sodium yang berlebihan dalam makanan, buah anggur ini mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat mengurangi efek natrium pada orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi. Selain dari kalium, buah anggur juga mengandung serat yang berperan penting untuk menjaga sistem kardiovaskular yang sehat, termasuk kesehatan jantung dan tekanan darah.

3. Mengendalikan Gula Darah Dan Diabetes


Buah anggur memang ada yang mempunyai rasa manis namun manisnya buah anggur tidak akan meningkatkan gula dalam darah dan tidak menyebabkan meningkatkan kadar insulin secara signifikan, sehingga penderita penyakit diabetes dapat aman mengkonsumsi buah anggur. Terlebih lagi memilih makanan dengan respon insulin yang rendah seperti anggur dapat mencegah pengembangan karakteristik resistensi insulin diabetes tipe-2.

Penelitian baru menunjukkan bahwa ekstra kulit anggur memberikan aktivitas penghambatan baru pada hiperglikemia dan dapat membantu dan mengendalikan penyakit diabetes.

4. Mencegah Degenerasi Makula Dan Menjaga Kesehatan Mata


Buah anggur dapat mencegah kehilangan penglihatan akibat faktor usia dan mencegah degenerasi makula. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Miami menunjukan bahwa buah anggur dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit penglihatan yang terkait dengan retina mata, manfaat dikarenakan buah anggur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu dan menjaga kesehatan mata, kedua antioksidan ini dianggap dapat menetralisir molekul yang tidak stabil atau yang bisa dikenal dengan istilah radikal bebas.

5. Mengurangi Resiko Sembelit Dan Melancarkan Sistem Pencernaan


Buah anggur mengandung banyak air dan serat yang dapat membantu kondisi tubuh tetap baik, dan dapat menjaga gerakan usus tetap teratur serta mengurangi resiko sembelit.

6. Menjaga Kesehatan Jantung


Penelitian menunjukakan bahwa Quercetin dan Resverator yang terkandung dalam buah anggur dapat mengurangi risiko atherosclerosis atau pembentukan plak di dinding arteri dan melindungi kerusakan yang disebabkan oleh low-density lipoprotein (LDL) atau yang sering disebut dengan kolesterol jahat.

Polifenol khususnya resverator berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menurunkan lipid dan bertindak sebagai anti-inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, selain itu juga, buah anggur mengandung serat dan kalium (potassium) yang dapat menjaga kesehatan jantung anda.

7. Menjaga Kesehatan Tulang


Buah anggur merupakan jenis buah yang mengandung tembaga, besi dan mangan yang diperlukan untuk membantu pembentukan dan memperkuat tulang, mangan membantu metabolisme protein, pembentukan kolagen dan fungsi saraf. Untuk Anda yang diet anggur juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Buah anggur mengandung Flavonoid, mineral dan Vitamin, terutama Vitamin A, vitamin C dan Vitamin K yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, buah ini juga dapat mencegah penyakit seperti demam dan pilek serta beberapa penyakit yang lainnya yang disebabkan karena menurunnya sistem kekebalan tubuh.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Ginjal


Buah anggur dipercaya dapat mengurangi asam urat dan menghilangkan asam urat dari tubuh kita, sehingga dapat mengurangi tekanan darah pada ginjal dan menjaga ginjal tetap sehat.

10. Menunda Penuaan


Penuaan dalah proses yang alami, tetapi juga bisa disebabkan karena polusi dan tingkat stres yang meningkat, kulit kita cenderung menua sebelum waktunya, radikal bebas adalah penyebab dasar penuaan dini yang menyebabkan kerutan dan garis-garis halus pada kulit wajah. Antioksidan dan vitamin C  yang terdapat pada anggur dapat melindungi kulit kita dari radikal bebas dan memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

Jenis Jenis Buah Anggur


1. Vitis Laburusca


Vitis Laburusca merupakan jenis anggur yang mampu tumbuh di daerah dataran rendah hingga 900 cm di atas permukaan laut, jenis ini juga banyak dibudidayakan di dataran tinggi, ciri-ciri dari jenis anggur ini adalah memiliki kulit yang tebal, rasanya asam dan kurang segar, biasanya anggur jenis ini digunakan sebagai jus atau minuman.

2. Vitis Vinifera


Vitis Vinifera merupakan jenis anggur yang mampu tumbuh di daerah beriklim kering dan dataran rendah hingga 300 cm di atas permukaan laut, jenis anggur ini mempunyai ciri-ciri berkulit tipis, rasanya manis dan segar, di daerah Eropa jenis anggur ini banyak digunakan sebagai bahan minuman anggur.

3. Vitis Rotundifolia (muscadin)


Vitis Rotundifolia ini memiliki ciri-ciri warna ungu gelap hingga kehitaman jika sudah matang, jenis ini biasanya tidak hanya dimakan secara langsung, tetapi biasanya dibuat bahan minuman, jelly dan jus.

4. Isabella


Jenis anggur ini bisa beradaptasi di mana saja di belahan dunia, mulai dari ketahanan suhu yang sangat dingin hingga panas, bahkan di daerah lembab iklim tropis pun jenis anggur isabella ini mampu bertahan dan dinilai cukup tangguh terhadap gangguan hama, anggur ini mempunyai ciri-ciri berwarna merah pekat, berkulit tipis dan rasanya manis dan segar, biasanya buah ini dimakan secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu.

5. Anggur Bali


Anggur ini memiliki ciri berwarna hitam, ukuran buah sedang hingga besar, kulitnya tebal, berdaging lunak dan berbiji, rasanya manis, jenis anggur ini biasanya ditanam di daerah buleleng.


6. Rosaria Bianco Grape


Jenis anggur ini berwarna hijau muda, di Indonesia anggur ini disebut dengan anggur hijau, bentuknya sedikit lonjong, memiliki rasa yang manis, segar dan renyah.

7. Barbarossa Grape


Jenis anggur ini mempunyai warna merah, dan mempunyai rasa yang kuat, tekstur buah ini tidak mudah rusak, jenis buah ini sangat cocok untuk dibuat salad.

Sebenarnya masih banyak di dunia ini buah anggur yang memiliki rasa yang berbeda yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing pada jenis anggur.

Kondisi Tumbuh Buah Anggur


1. Iklim


Anggur merupakan salah satu tanaman yang hidup pada daerah yang datarannya rendah, tidak seperti tanaman yang lainnya, tanaman anggur justru justru membutuhkan musim kamarau panjang sekitar 4 - 7 bulan lamanya, agar dapat tumbuh dengan baik, dan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi, curah hujan yang diperlukan untuk tanaman anggur ini hanya 800 mm per tahun, oleh karena itu, penyiraman yang berlebihan dapat mengganggu proses pembuahan, suhu untuk tumbuh tanaman anggur ini maksimal 31' c dan suhu minimum adalah 23' c dengan kelembaban udara sekitar kurang lebih 75 - 80 %.

2. Media Tanam


Hanya beberapa jenis tanah yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman buah anggur ini dengan baik, secara umum, tanah tersebut harus mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang cukup agar tanaman tidak mengalami transpirasi yang berlebihan, selain itu tanah yang digunakan harus tanah yang subur dan bertekstur gembur tidak padat, hal ini dikarenakan agar terdapat asupan nutrisi dan pasokan udara yang baik, lahan yang digunakan untuk menanam harus memiliki derajat keasaman (pH) yang netral yaitu 7.

Tips Dan Cara Memilih Anggur Dengan Baik


Untuk mendapatkan buah anggur yang segar dan baik Anda memerlukan kepandaian saat membeli buah anggur. Nah, agar Anda bisa memilih anggur dengan kualitas yang baik perhatikan tips-tips berikut ini :

1. Pilih Yang Masih Ada Batangnya


Berbeda dengan buah yang lainnya, anggur akan dipanen bersama dengan batangnya, anggur yang masih menempel pada batangnya lebih bagus untuk dipilih karena anggur yang sudah terlepas pada batangnya tandanya anggur sudah terlalu matang atau busuk, usahakan memilih buah anggur yang masih mempunyai batang yang hijau.

2. Perhatikan Buahnya


Pastikan buah yang anda pilih memiliki butiran yang padat dan tanpa kerutan sama sekali, kalau berkerut dan benyek itu tandanya anggur sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi, jika ada lubang atau lecet segera tinggalkan dan pilih anggur yang lainnya.

3. Perhatikan Warna Dan Corak


Pilihlah anggur yang masih cerah dan tidak terlihat pucat, pastikan semua warna merata, contohnya, kalau anggur hijau berarti hijau semaunya, jika anggur merah, berarti merah semua di seluruh bagian, hindari membeli anggur dengan bintik-bintik coklat atau bercorak yang tidak wajar, ciri ini berarti anggur sudah akan membusuk.

4. Perhatikan Aromanya


Pastikan memilih anggur dengan aroma manis, anggur memiliki aroma yang khas itu pertanda anggur yang masih segar dan akan tercium jika didekatkan ke hidung, anggur yang mulai membusuk memiliki bau seperti cuka yang kuat akibat terfermentasi.

5. Perhatikan Tanda Keberadaan Jamur


Silahkan coba tekan anggur dengan lembut, jika terasa empuk sebaiknya pilih anggur yang lainnya saja, dan lihat warna kulit anggur, jika terdapat bintik - bintik jamur berwarna putih abu-abu, sebaiknya jangan dibeli, karena jamur akan sangat mudah menyebar ke seluruh bagian anggur.

6. Perhatikan Ketebalan Kulitnya


Apabila kulit anggur tebal maka kadar airnya akan sedikit, jika kulitnya tipis maka kadar airnya tentu akan banyak.

Tips Cara Menyimpan Anggur Yang Baik


Untuk menjaga kesegaran buah anggur sekaligus menjaga kuwalitas gizinya, berikut ini adalah beberapa tips menyimpan buah anggur dengan baik dan benar :
  1. Masukkan anggur ke dalam kantong plastik yang tertutup rapat tanpa mencucinya terlebih dahulu.
  2. Cuci anggur jika kita akan mengkonsumsinya saja.
  3. Anggur juga bisa dibekukan, jika ingin membekukan pastikan anggur sudah tersusun rapi.
  4. Jauhkan anggur dari makanan yang berbau tajam atau menyengat, seperti bawang merah, bawang putih, hal ini dikarenakan buah anggur mempunyai daya serap, dan rasanya juga akan berubah aneh.

Itulah tadi penjelasan mengenai kandungan gizi dari buah anggur dan manfaat mengkonsumsi buah anggur, semoga bermanfaat buat kita semua.

0 Response to "Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel