-->

Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Setengah Matang Serta Bahayanya

Telur memang mengandung banyak nutrisi esensial, nutrisi ensensial di dalam telur seperti riboflavin, protein dan selenium sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya anak-anak yang masih dalam pertumbuhan, telur sangat cocok untuk menu sarapan di pagi hari, sehingga dapat memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari, selain itu juga, telur juga bisa dimasak berbagai cara dan berbagai olahan, dan untuk memasak telur ini pun juga singkat, jadi sangat cocok untuk anda yang sedang terburu-buru di pagi hari.
Kandungan gizi dan manfaat telur setengan matang
Telur Setengah Matang
Telur matang atau setengah matang memiliki rasa yang enak, dan keduanya juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, meskipun begitu, masih banyak orang meragukan kandungan nutrisi di dalam telur ini, banyak yang takut mengkonsumsi telur karena menganggap mengkonsumsi telur setiap hari akan menaikkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Kandungan Gizi Telur Setengah Matang


Manfaat dari telur setengah matang dapat kita lihat dari kandungan gizinya yang sangat tinggi, berikut ini kandungan gizi 1 butir telur setengah matang yang perlu anda ketahui :
  1. Total Lemak 4,65 g, 7%
  2. Lemak Jenuh 1,432 g ,7%
  3. Kolesterol 186 mg, 62%
  4. Sodium 122 mg, 5%
  5. Potasium 55 mg,-
  6. Total Karbohidrat 0,49 g,0%
  7. Serat 0 g,0%
  8. Gula 0,49 g,-
  9. Protein 5,51 g,-
Telur setengah matang mengandung lebih dari 90 % kalsium dan zat besi, pada kuning telur dan satu telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan 9 asam amino esensial, telur setengah matang juga mengandung beberapa vitamin yang penting yaitu :
  1. Vitamin B2, membantu tubuh anda memecah makanan alergi.
  2. Vitamin B12, untuk memproduksi sel darah merah.
  3. Vitamin A, bagus untuk penglihatan.
  4. Vitamin D, bagus untuk tulang, gigi.
  5. Vitamin E, yang bertempur melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan sel dan dapat menyebabkan kanker.

Manfaat Telur Setengah Matang Untuk Kesehatan


Manfaat telur setengah matang sangat mengejutkan anda, karena dapat menurunkan berat badan, selain rasanya enak, telur setengah matang juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan kita, berikut ini adalah beberapa manfaat dari telur setengah matang.

1. Menurunkan Berat Badan


Telur ini mengandung asam amino yang sangat tinggi, ini lah mengapa telur setengah matang menjadi alasan untuk sarapan. Asam amino yang masuk dalam tubuh bisa berubah menjadi energi, sehingga bisa membentuk otot atau kulit, asam amino pada telur setengah matang bermanfaat sebagai sumber energi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan protein, selain itu juga 75% lemak di dalam telur merupakan lemak tidak jenuh sehingga mudah diserap oleh tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini


Telur setengah matang merupakan sumber carotenoid, lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu dan melindungi organ penglihatan dari proses penuaan. Mengkonsumsi telur setengah matang dapat membantu tubuh, organ tubuh dan fungsinya dari proses kerusakan sel dan jaringan akibat penuaan.

3. Sebagai Menu Sarapan Yang Sehat


Mengkonsumsi 2 butir telur setengah matang setiap hari terbukti bisa mengecilkan lingkaran pinggang, lemak jenuh di dalam telur setengah matang juga merupakan sumber lemak protein atau lemak hewani lainnya, hebatnya lagi telur setengah matang ini tidak akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

4. Membantu Menguatkan Daya Ingat


2 buah telur setengah matang merupakan sumber choline yang sangat tinggi, cholin merupakan unsur yang sangat baik dan bisa meningkatkan kapasitas memori di dalam otak kita.

5. Telur Setengah Matang Lebih Kaya Nutrisi


Dengan cara memasak telur setengah matang, ini artinya kuning telur tidak terlalu masak, dengan demikian membuat nutrisi di dalam kuning telur tidak hilang begitu saja, sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian bagi tubuh kita
.

6. Membantu Pembentukan Otak


Tahukah anda kalau telur bisa membantu dalam pembentukan otak? telur sudah dikenal di kalangan para binaragawan sebagai menu yang sangat paling cocok untuk diet dan sumber protein yang dibutuhkan untuk pembentukan otot dalam tubuh.

7. Membantu Menyehatkan Mata


Mata adalah indra yang sangat penting untuk aktivitas kita sehari-hari, vitamin A adalah salah satu vitamin yang dapat menjaga kesehatan mata, vitamin A juga merupakan salah satu nutrisi yang terkandung di dalam telur, di dalam telur setengah matang vitamin A yang terkandung jauh lebih banyak, sehingga mengkonsumsi telur setengah matang ini jauh lebih baik dibandingkan dengan telur matang keseluruhan.

8. Mencegah Anemia


Darah di dalam tubuh sangat penting fungsinya, kekurangan darah bisa membuat seseorang mengalami anemia, anemia ini bisa terjadi jika tubuh kekurangan vitamin B12, telur setengah matang ini bisa menjadi solusi makanan untuk mengobati kekurangan darah.

9. Membantu melancarkan Metabolisme Tubuh


Asam amino merupakan zat atau nutrisi yang sangat mudah dicerna oleh tubuh, telur setengah matang mengandung asam amino, zat ini adalah salah satu kandungan yang paling tinggi di dalam telur setengah matang sehingga membantu menjaga kestabilan sistem Imun, asam amino mengandung banyak komponen yang bermanfaat bagi tubuh, asam amino yang terkandung dalam telur setengah matang ini ternyata bisa juga meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga bisa membantu tubuh untuk mencegah serangan dari berbagai penyakit.

Cara Memasak Telur Setengah Matang


Apakah anda sudah tahu cara memasak telur setengah matang ? ada cara tersendiri memasak telur setengah matang dengan kuning telur yang meleleh di dalamnya, untuk memasaknya ada beberapa cara yang bisa anda ikuti di bawah ini.

1. Menggunakan Air Dingin dan Panas


Langkah pertama yang harus anda lakukan, masukkan telur ke dalam wadah atau panci, masukkan air hingga telur terendam di dalam panci, gunakan air dingin, kemudian panaskan di atas kompor hingga air mendidih, setelah mendidih matikan api, tiriskan telur kemudian tutupi dengan kain hingga tiga setengah menit, dan telur setengah matang siap untuk disajikan.  

2. Dengan Memasak Telur Selama Enam Menit


Dengan cara memasak telur setengah matang ini pun juga sangat mudah dan tentunya salah satu cara yang paling tepat untuk mendapatkan telur dengan bagian kuning yang masih meleleh. Caranya panaskan air hingga mendidih dengan buih yang masih jarang, masukkan telur kedalam air yang mendidih tersebut, kemudian diamkan telur di dalam air itu mendidih selama enam menit, besarkan api sedikit, setelah enam menit, keluarkan telur dan tiriskan, telur setengah matang siap untuk disajikan.
Telur setengah matang yang sempurna memiliki bagian putih yang sudah mengeras namun dengan bagian kuning yang masih meleleh, telur setengah matang ini juga bisa untuk pengganti selai di roti tawar atau untuk tambahan salad.

Bolehkah si kecil mengkonsumsi telur setengah matang?

Naluri setiap ibu tentu ingin memberikan nutrisi yang terbaik bagi si buah hatinya, tentu anda juga tahu kalau makanan yang terlalu lama dimasak dapat menghilangkan nutrisinya, mengingat akan hal ini tentu para ibu jadi tidak ingin memasak makanan si kecil terlalu lama atau matang, lalu bagaimana dengan masakan telur ? apakah aman jika si kecil mengkonsumsi telur setengah matang ? jawabnya tidak !!! telur mentah atau telur setengah matang mengandung bakteri salmonella, penyakit ini masuk melalui kulit telur yang retak.

Seperti yang dilansir dari idai.or.id situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia, balita 4 kali lebih beresiko mengalami gejala keracunan makanan berupa salmonellosisi dibandingkan orang dewasa yang mengkonsumsi telur setengah matang, tidak hanya balita tetapi ibu hamil juga bisa terkena salmonella.

Gejala Salmonella berupa diare berdarah, demam, muntah dan dehidrasi, biasanya gejala ini akan muncul 12 - 72 jam setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung salmonella, walaupun infeksi ini menyeramkan, namun salmonella ini akan membaik dalam waktu kurang lebih 4 - 7 hari tanpa perlu mengkonsumsi antibiotik. 

Selain risiko Salmonellosis, telur mentah atau telur setengah matang juga dapat memicu reaksi alergi  pada anak, alergi telur biasanya disebabkan oleh protein yang terkandung di dalam putih telur, dengan proses memasak hingga matang, maka sebagian protein tersebut akan hilang atau mati, sehingga mengurangi resiko alergi pada anak.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mencegah paparan bakteri salmonella pada telur yang dapat mengganggu kesehatan :
  1. Hindari membeli telur yang kotor atau yang sudah retak.
  2. Simpan telur di lemari pendingin pada suhu 0-4 derajat selcius.
  3. Silahkan cuci tangan dan alat yang bersentuhan dengan telur mentah.
  4. Bagian telur kuning dan putih harus matang keseluruhan hingga mengeras.
  5. Telur harus dimasak hingga mencapai suhu minimal 71' c.
  6. Telur yang sudah dimasak harus dimakan segera dan tidak dibiarkan dalam suhu ruang kurang lebih 2 jam, untuk menghindari kontaminasi kuman.

Efek Samping Telur Setengah Matang


Bakteri yang bernama salmonella dapat meresap ke dalam telur, ketika induk ayam belum mengeluarkannya, namun, umumnya bakteri ini masuk ke dalam telur saat berada di kandang ayam, maka, kebersihan kandang juga menjadi faktor penentu.
Untuk mematikan bakteri salmonella diperlukan pemanasan pada suhu sekitar 57' c selama 3,5 menit berdasarkan fakta ini, perlu bagi kita untuk mempertimbangkan makan telur dalam keadaan mentah atau setengah matang.

1. Mengandung Zat Ovomucoid


Telur juga mengandung ovomucoid, ini merupakan protein yang bersifat antitripsin, zat ini dapat menyebabkan gatal pada kulit, vesikula, papula, kulit memerah dan kulit bengkak, tidak hanya itu, zat ini berpotensi menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan seperti batuk, hindari zat ini pada anak dan biasakan mengkonsumsi telur yang matang

 2. Mengandung Unsur Melamin


Melamin ini banyak digunakan dalam pembuatan plastik, cat dan pupuk, zat ini disinyalir masuk ke dalam telur melalui pakan ayam, menurut pakar melamin yang dalam kadar lemah tidak terlalu bahaya, namun melamin dalam kadar tertentu akan mengakibatkan penyakit batu ginjal, bahkan gagal ginjal.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai kandungan gizi telur setengah matang dan manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga efek samping terlalu banyak mengkonsumsi telur setengah matang, semoga bermanfaat. 

0 Response to "Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Setengah Matang Serta Bahayanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel