-->

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Kacang hijau dengan nama lain (Vigna Radiata) merupakan palawija berasal dari pabaceae alias polong-polong merupakan salah satu tumbuhan yang berbentuk semak yang tumbuh tegak. Kacang hijau ini berasal dari India, kemudian menyebar ke seluruh penjuru negeri salah satunya yaitu Indonesia. Kacang hijau juga terkenal dengan tanaman semusim. Banyak manfaat yang didapat ketika mengkonsumsi kacang hijau oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas kandungan lengkap gizi kacang hijau sekaligus manfaat mengkonsumsi kacang hijau.
Kandungan Gizi Dan Nutrisi Kacang Hijau Dan Manfaat Kacang Hijau
Kacang Hijau
Kacang hijau sangat baik untuk kesehatan, karena memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu kacang hijau menjadi sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kandungan lemak pada kacang hijau merupakan lemak tak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi bagi orang yang mempunyai masalah obesitas.

Kacang hijau ini tumbuh tegak dan batang kacang hijau berbentuk bulat berbuku-buku, ukuran batangnya kecil, berbulu dan berwarna hijau kecoklatan. Tanaman jenis ini bercabang banyak, daunnya tumbuh majmuk dan terdiri dari tiga helai anak daun setiap tangkainya. Setiap helai daun berbentuk oval dengan bagian ujung lancip, daun ini berwarna hijau sampai tua, letak daunnya berseling dan tangkai daun lebih panjang dari pada daunnya.

Kandungan Gizi Kacang Hijau


Pada 100 gr kacang hijau mengandung Kalori 345 Kkal, Protein 22,2 gr, Lemak 1,2 gr, Karbohidrat 62,9 gr, Kalsium 125 mg, Fosfor 320 mg, Zat besi 7 mg, Vitamin A 157 IU, Vitamin B1 0,64 mg, Vitamin C 6 mg. Untuk mengetahui lebih jelas komposisi nutrisi yang terdapat pada kacang hijau, berikut ini adalah tabel kandungan gizi dari kacang hijau per 100 gr :
Jumlah Per
100 gr
Kalori
345 Kkal
Protein
22,2 gr
Lemak
1,2 gr
Karbohidrat
62,9 gr
Kalsium
125 mg
Fosfor
320 mg
Zat Besi
7 mg
Vitamin A
157 IU
Vitamin B1
0,64 mg
Vitamin C
6 mg
Sumber : Publikasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia


Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan


Kacang hijau mengandung nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh,  kacang hijau kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan. Manfaat kacang hijau dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, mencegah penyakit makula, memperlancar ASI, mencegah anemia, mengurangi kolesterol dan lain-lain. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat kacang hijau untuk kesehatan :

1. Kaya Akan Serat


Serat bertindak untuk membantu melindungi selaput lendir di usus besar, mengurangi eksposur zat beracun serta mengikat bahan kimia penyebab terjadinya kanker di usus, serat dalam jumlah yang cukup telah terbukti mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

2. Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas


Dalam kacang hijau mengandung 9 jumlah vitamin A, dalam jumlah baik mempromosikan antioksidan sehat seperti polifenol, flavonoid, lutein, zeaxanthin, beta karotin, senyawa ini bertindak melindungi tubuh dari serangan radikal oksigen yang diturunkan bebas dan spesies oksigen (ROS) yang berperan dalam penuaan dini.

3. Mencegah Penyakit Makula


Kandungan karotenoid, zeaxanthin pada makanan adalah bahan yang penting dalam kacang hijau, zat ini secara efektif diserap ke dalam makula lutea retina di mata, yang berfungsi sebagai penyaringan sinar UV.

4. Mineral Essensial


Kacang hijau mengandung sejumlah mineral sehat meneral seperti zat besi, kalsium, magnesium, mangan dan kalium, yang sangat penting untuk metabolisme tubuh, mangan adalah cafaktor untuk enzim antioksidan, dalam radikal bebas yang sangat kuat.

5. Rendah Kalori


Secangkir kacang hijau mentah seberat 100 gram, hanya mengandung 31 kalori dan 2,7 gram serat. Jika ingin menurunkan berat badan, kacang hijau mentah dapat membantu Anda dalam mengisi kebutuhan kalori yang sehat.

6. Mengobati Anemia


Kacang hijau ini memang sangat kaya akan kandungan zat besi, sehingga bermanfaat untuk para penderita anemia atau kekurangan darah, bahkan diantara jenis kacang-kacang yang lain, kacang hijau ini yang lebih tinggi kandungan zat besinya

7. Makanan Pendamping ASI


Makanan pendamping ASI atau yang sering disebut dengan MP-ASI umumnya diberikan pada bayi berumur 6 bulan, dan makanan yang sudah direferensikan sebagai pendamping asi. Perlu diketahui bahwa kandungan Vitamin B komplek pada kacang hijau akan membuat perkembangan bayi menjadi lebih optimal.

8. Mengurangi kolesterol


Jika Anda mempunyai kolesterol yang tinggi, solusinya sangat mudah, kacang hijau ini lah jawabannya, karena kacang hijau ini mengandung serat yang mudah larut, serat ini terpacu pada beberapa partikel yang sulit untuk dicerna.

9. Mengurangi Risiko Kanker Payudara


kacang hijau memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk mengurangi infeksi virus, zat ini akan memperlambat adanya perkembangan sel kanker payudara, dan mencegah terbentuknya sel tumor.

10. Mengurangi Keluhan Pasca Menopause


Kacang hijau ini memiliki kandungan nutrisi isoflavon, yang merupakan kelompok phytoestrogen yang membuat kacang hijau mempunyai sifat estrogenik alamiah. Mengkonsumsi kacang hijau secara teratur akan menolong wanita yang mengalami transisi menopause,sehingga mencegah osteoporosis lewat cara merangsang pembentukan tulang.

11. Menjaga Kesehatan Jantung


Jantung adalah salah satu organ vital pada tubuh manusia. Melindungi kesehatan jantung bukan hanya dengan olah raga tetapi mengkonsumsi makanan yang banyak kandungan nutrisi seperti kacang hijau ini sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam kacang hijau dapat menyerap lemak yang akan menjadi flak pada pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung serta strok bila tidak dibersihkan.

12. Memperkuat Tulang


Kalsium serta fosfor adalah mineral yang sangat penting yang bisa menjaga kekuatan tulang serta gigi, termasuk juga membantu perkembangan tulang serta gigi anak  dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

13. Memperlancar Pencernaan


Kacang hijau juga bisa melancarkan pencernaan karena kacang hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. kandungan serat pada kacang hijau dapat membersihkan saluran pencernaan dan meningkatkan gerak peristatik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk dalam usus.

14. Membantu Perkembangan Sel-sel Tubuh


Protein yang ada pada kacang hijau bisa membantu pembentukan sel-sel tubuh, sehingga secara tidak langsung peran ini sangat terkait dengan manfaat perbaikan pembentukan tulang.

15. Membuat Kulit Dan Rambut Berkilau


Jika Anda menginginkan rambut yang lerat dan berkilau. Hal ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Kacang hijau akan membantu Anda untuk mendapatkan kulit dan rambut berkilau. Kacang hijau mengandung protein dan zat seng yang baik untuk rambut dan kuku.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu hamil


Seorang yang sedang mengandung sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau, karena baik untuk kesehatan, bukan untuk ibunya saja melainkan janin yang dikandungnya, berikut ini manfaat kacang hijau ibu hamil

1. Asam Folat


Bagi ibu-ibu yang sedang mengandung sangatlah penting untuk mengkonsumsi kacang hijau, senyawa pada kacang-kacangan ini dapat mengembangkan sistem saraf dan menjaga kerusakan atau kecacatan otak pada calon bayi.

2. Protein Dan Karbohidrat


Kacang-kacangan seperti kacang hijau yang memiliki protein sangat tinggi. Protein sangat dibutuhkan oleh janin guna untuk menghindari risiko bayi terlahir cacat. Karbohidrat pada kacang hijau memberikan kekuatan pada ibu hamil agar tidak mudah lelah dan lesu.

3. Kalsium


Pertumbuhan kepadatan tulang sangat dibutuhkan oleh calon bayi, kandungan fosfor dan kalium dapat membantu pertumbuhan tulang dan tentu saja menguatkan tulang ibu hamil.

4. Vitamin B1 dan B2


Manfaat kacang hijau juga sebagai sumber vitamin B1 dan vitamin B2 yang mengoptimalkan penyerapan untuk mencegah kecacatan pada saraf janin dan pertumbuhan janin.

Itulah pembahasan kandungan gizi kacang hijau serta manfaat mengkonsumsi kacang hijau yang sangat baik dan dibutuhkan badan manusia.

0 Response to "Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel