-->

Kandungan Gizi Dan Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan

Kandungan protein telur bebek - Telur merupakan sumber protein dengan harga yang terjangkau yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, selain telur ayam, telur bebek juga merupakan jenis telur yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat khususnya Indonesia. Jika dilihat dari kandungan gizinya, telur bebek memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam, hal ini disebabkan oleh makanan yang diberikan dan proses pemeliharaannya.
Kandungan Gizi Protein Telur Bebek
Telur Bebek
Telur bebek ini sangat bermanfaat untuk pembentukan otot sehingga para atlit atau seseorang yang menginginkan badan kekar dan six pack sangat dianjurkan mengkonsumsi telur bebek. Selain bagus untuk bagus untuk pembentukan otot telur bebek juga sangat bagus untuk reproduksi pria dan wanita sehingga sangat dianjurkan untuk hubungan pria dan wanita.

Kandungan Gizi Telur Bebek Per 100 gr

 
Dalam 100 gr telur bebek mengandung Energi sebesar 189 Kkal, Protein 13,1 gr, Lemak 14,3 gr, Karbohidrat 0,8 gr, Kalsium 56 mg, Fosfor 175 mg, Zat Besi 2,8 mg, Vitamin A 1230 UI, Vitamin B1 0,18 mg, Vitamin C 0 mg dan Air sebesar 70, 8 gr. Untuk Detail dari komposisi masing-masing zat terkandung dalam telur bebek dapat di lihat pada tabel di bawah ini :

Nama Bahan Yang Diteliti             : Telur Bebek
Nama Lain/ Alternatif                    : Telur Itik
Jumlah Yang Bahan Yang Diteliti : 100 gram
Jumlah Per
100 gr
Energi
189 Kkal
Protein
13,1 gr
Lemak
14,3 gr
Karbohidrat
0,8 gr
Kalsium
56 mg
Fosfor
175 mg
Zat Besi
2,8 mg
Vitamin A
1230 IU
Vitamin B1
0,18 mg
Vitamin C
0 mg
Air
70,8 gr
Sumber : Publikasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Adapun Dalam 100 gr putih telur bebek mengandung Energi sebesar 54 Kkal, Protein 11 gr, Lemak 0 gr, Karbohidrat 0,8 gr, Kalsium 21 mg, Fosfor 20 mg, Zat Besi 0,1 mg, Vitamin A 0 UI, Vitamin B1 0 mg, Vitamin C 0 mg dan Air sebesar 88 gr. Nah untuk detail dari komposisi masing-masing zat terkandung dalam putih telur bebek dapat di lihat pada tabel di bawah ini :

Nama Bahan Yang Diteliti             : Putih Telur Bebek
Jumlah Yang Bahan Yang Diteliti : 100 gram
Jumlah Per
100 gr
Energi
54 Kkal
Protein
11 gr
Lemak
0 gr
Karbohidrat
0,8 gr
Kalsium
21 mg
Fosfor
20 mg
Zat Besi
0,1 mg
Vitamin A
0 IU
Vitamin B1
0,01 mg
Vitamin C
0 mg
Air
88 gr
Sumber : Publikasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Sedangkan Untuk kandungan gizi dan protein kuning telur bebek mengandung Energi sebesar 398 Kkal, Protein 17 gr, Lemak 35 gr, Karbohidrat 0,8 gr, Kalsium 150 mg, Fosfor 400 mg, Zat Besi 7 mg, Vitamin A 2870 UI, Vitamin B1 0,6 mg, Vitamin C 0 mg dan Air sebesar 70, 8 gr. Selanjutnya untuk detail dari komposisi masing-masing zat terkandung dalam kuning telur bebek dapat di lihat pada tabel di bawah ini :

Nama Bahan Yang Diteliti             : Kuning Telur Bebek
Jumlah Yang Bahan Yang Diteliti : 100 gram
Jumlah Per
100 gr
Energi
398 Kkal
Protein
17 gr
Lemak
35 gr
Karbohidrat
0,8 gr
Kalsium
150 mg
Fosfor
400 mg
Zat Besi
7 mg
Vitamin A
2870 IU
Vitamin B1
0,6 mg
Vitamin C
0 mg
Air
88 gr
Sumber : Publikasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Dari data yang dijelaskan di atas maka untuk kandungan gizi atau protein yang tertinggi pada telur bebek adalah terletak pada kuning telur bebek.

Manfaat Mengkonsumsi Telur Bebek Untuk Kesehatan

 
Belur bebek biasanya dijadikan campuran untuk susu, jahe ataupun untuk membuat martabak telur, martabak telur yang dibuat dari telur bebek akan terasa lebih padat jika dibanding dengan menggunakan telur ayam. Campuran telur bebek digunakan untuk menambah stamina, tetapi apa hanya itu manfaat dari telur bebek ini ?

Manfaat telur bebek dapat menjaga kesehatan mata, menambah stamina, sumber tenaga, bagus untuk pembentukan otot, menyehatkan organ reproduksi pria dan wanita, membuat otak cerdas. Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat yang didapat ketika rutin mengkonsumsi telur bebek, nah untuk lebih jelas manfaat dari telur bebek yang telah disebutkan sebelumnya mari simak penjelasan lengkap mengenai manfaat dari telur bebek di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Mata

 
Tubuh membutuhkan sekitar 5000 IU vitamin A per harinya. 1 butir telur mengandung sekitar 480 IU vitamin A, itu artinya mengkonsumsi 1 telur bebek per hari akan memenuhi 10% kebutuhan vitamin A, Jumlah ini sangat cocok untuk memenuhi asupan vitamin A yang bisa ditunjang lagi dengan makanan lain yang tinggi vitamin A, seperti wortel.

2. Menambah Stamina

 
Jika anda pernah minum STMJ (susu, telur, madu,jamu), rata-rata penggunaan telur bebek, selain telur bebek, karena hal ini sudah teruji campuran telur bebek yang ada akan menambah energi dan stamina tubuh. Sebab telur bebek mengandung protein yang sangat tinggi, jika anda ingin menghindari bau amis, seduh telur dengan menggunakan perasan jeruk.

3. Sumber Kalori Atau Tenaga Yang Tinggi


Sumber kalori yang terdapat pada telur bebek mencapai 50% lebih tinggi dari pada telur ayam, karena telur bebek mampu memberikan asupan kalori yang lebih tinggi dari pada telur bebek, tingginya kalori akan membuat tubuh memiliki bahan bakar yang banyak, maka dari itu, mengkonsumsi telur bebek sebaiknya diiringi dengan aktivitas yang sepadan supaya kalori yang diperoleh bisa diolah secara maksimal.

4. Membantu Pembentukan Otot


Untuk anda yang hobi beroleh raga guna membentuk tubuh yang indah, telur bebek adalah salah satu makanan yang wajib anda konsumsi, telur bebek yang kaya akan asam amino yang berfungsi meningkatkan masa otot, peningkatan masa otot ini lah yang membentuk tubuh terlihat padat dan kencang.

5. Menyehatkan Organ Reproduksi Pria dan Wanita


Kandungan selenium yang ada pada telur bebek akan meningkatkan produksi dan kualitas sperma, sedangkan pada wanita vitamin E dan B12 dari telur bebek membantu menyeimbangkan hormon dan menyehatkan ovum, maka dari itu, mengkonsumsi telur bebek sangat cocok bagi anda yang ingin memiliki keturunan.

6. Telur Bebek Membuat Otak Cerdas


Telur bebek mengandung omega3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi bagi anda yang masih mempunyai anak dalam masa pertumbuhan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi telur bebek ini, omega3 dapat membantu daya ingat secara utuh, dan pembentukan serta perkembangan memori pada anak dan mencegah pikun pada orang dewasa.

Efek Samping Terlalu Berlebihan Mengkonsumsi Telur Bebek


Makan telur bebek terlalu sering atau bahkan setiap hari, akan memberikan efek samping yang buruk bagi anda. Berikut ini adalah efek buruk terlalu sering mengkonsumsi telur secara berlebihan.

1. Meningkatkan Kolesterol


Telur mengandung lemak sektar 200 mg / butirnya, mengkonsumsi 6 butir telur dalam seminggu adalah batas maksimal yang diperbolehkan, Namun jumlah ini juga harus diseimbangkan dengan aktivitas hidup yang lebih dinamis, jika tidak begitu, tubuh akan mengalami peningkatan kolesterol dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

2. Resiko Diabetes


Kandungan lemak yang terkandung dalam telur juga bisa memicu penyakit kencing manis, terutama pada wanita, makan telur setiap hari membuat pria beresiko 55% mengalami deabetes, sedangkan wanita sekitar 77%.

3. Menghasilkan Jerawat


Telur juga bisa membuat minyak yang menumpuk pada wajah atau mengalami jerawat hormonal, telur dan kacang sama-sama bisa memicu munculnya jerawat.

4. Menambah Berat Badan


Karena kandungan lemaknya yang sangat tinggi, telur juga bisa membuat berat badan kita bertambah, sebaiknya bila ingin sehat, konsumsilah telur sebanyak 2-3 hari sekali, bagi anda yang merasa kelebihan berat badan

5. Menimbulkan Alergi


Bagi anda yang mudah terkena alergi makanan, sebaiknya anda hindari dulu, karena sekarang ini banyak telur yang imitasi yang bisa membuat kita alergi, jika anda ingin mengkonsumsi telur dan terhindar dari alergi, selalu perhatikan apakah telur anda sudah dalam kualitas terbaik, tidak busuk, kulinya tidak retak, hal ini perlu anda perhatikan guna untuk meminimalisir efek tidak higenis dari telur yang bisa membuat alergi makanan.

Tips dan Cara Memilih Telur Bebek Yang Baik


Kita harus teliti dalam memilih telur sebelum dikonsumsi, karena ada kemungkinan telur yang dijual di pasar-pasar telah rusak atau mengalami penurunan kualitas, hal ini bisa disebabkan oleh terlalu lamanya penyimpanan atau proses pengangkatan. Berikut ini adalah cara memilih telur yang layak untuk dikonsumsi.

1. Lihat Warna dari Telur Bebek


Pilih warna telur bebek yang lebih pekat dan cerah, hal ini menunjukkan bahwa telur telah di produksi dengan sempurna dan cangkangnya kuat sehingga dapat melindungi isi telur dengan baik

2. Lihat Ukuran Telur Bebek


Pilihlah telur bebek dengan ukuran normal, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar, terkadang kita menilai sesuatu itu dengan yang lebih besar lebih baik, itu belum tentu, karena telur yang kecil biasanya merupakan telur dari ayam yang muda, cangkangnya biasanya lebih tebal, ini tentu sangat berfungsi melindungi isi dari telur tersebut.

3. Lihat Bentuknya


Pilihlah telur yang berbentuk lonjong, hal ini karena, kuning telur akan lebih banyak dari pada telur yang berbentuk bundar.

4. Melihat dan Menyentuh Kulit Telur Bebek


Telur yang tidak baik adalah telur yang rusak pada bagian cangkangnya, silahkan anda raba, jika terdapat bintik-binti putih, bisa dipastikan telur itu masih segar dan layak untuk dikonsumsi.

5. Cium Aroma Telur Bebek


Pilih telur yang tidak beraroma busuk, jika telur itu busuk tentu akan tidak baik untuk dikonsumsi dan sangat buruk untuk kesehatan tubuh.

Itulah tadi beberapa informasi penting tentang kandungan yang ada dalam telur bebek, semoga dengan artikel ini anda bisa menambah wawasan tentang hebat dan bergunanya mengkonsumsi telur bebek untuk kesehatan tubuh kita.

0 Response to "Kandungan Gizi Dan Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel