-->

Kandungan Gizi Jagung Dan Manfaat Jangung Bagi Kesehatan Tubuh

Jagung yang dalam bahasa Inggris disebut Cron merupakan salah satu jenis makanan pokok manusia di dunia, kandungan karbohidratnya yang tinggi menyebabkan jagung dijadikan sebagai makanan pokok bagi penduduk Negara Amerika tengah dan selatan. Selain sebagai makanan pokok bagi manusia, jagung juga dijadikan makanan untuk hewan ternak, minyak makan, tepung maizena, bahkan pada industri kimia, kosmetik dan juga farmasi. Pada kesempatan ini akan dibahas kandungan gizi jagung dan manfaat jagung bagi kesehatan tubuh secara detail dan lengkap.
Kandungan Gizi Jagung Dan Manfaat Jangung
Jagung

Jagung merupakan tanaman pangan yang masih sejenis dengan rerumputan ini pada awalnya berasal dari Amerika Tengah namun saat ini telah banyak dibudidayakan dibeberapa negara sebagai komoditas yang penting bagi kehidupan manusia. jagung ini dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dipanggang, ataupun diolah menjadi sub atau sirup.

Kandungan Gizi Jagung


Biji jagung yang masih utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada biji jagung per 100 gram.

Dalam biji jagung terkandung kalori, karbohidrat, air, lemak, protein, gula, serat, lemak, vitamin, zat besi, kalsium, fosfor, sodium, potasium, seng dan magnesium. Nutrisi yang terkandung dalam jagung ini sangat melimpah dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, Nah untuk Lebih jelas dan detail mengenai komposisi gizi pada jagung, maka berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terkandung pada jagung per 100 g :
Jenis Nutrisi / Gizi
Jumlah Kandungan
AKG
Kalori
96 kcal
-
Karbohidrat
21 g
-
Air
73 %
-
Protein
3,4 g
-
Gula
4,5g
-
Serat
2,4 g
-
Lemak
1,5 g
-
Vitamin A
13 µg
1 %
Vitamin C
5,5 mg
6 %
Vitamin D
0 µg
-
Vitamin E
0,09 mg
1 %
Vitamin K
0,4 µg
0 %
Vitamin B1 (Thiamine)
0,09 mg
8 %
Vitamin B2 (Riboflavin)
0,06 mg
4 %
Vitamin B3 (Niacin)
1,68 mg
11 %
Vitamin B5 (Panthothenic acid)
0,79 mg
16 %
Vitamin B6 (Pyridoxine)
0,14 mg
11 %
Vitamin B9 (Float)
23 µg
6 %
Vitamin B12
0 µg
-
Zat Besi
0,45%
6 %
Kalsium
3 mg
0 %
Fosfor
77 mg
11 %
Sodium
1 mg
0 %
Potassium (Kalium)
218 mg
5 %
Seng (Zinc)
0,62 mg
6 %
Magnesium
26 mg
7 %
Keterangan :
- AKG adalah angka kecukupan gizi.

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh


Jagung selain mengandung vitamin dan mineral juga mengandung senyawa tanaman seperti ferulic acid, Anthocyanis, Zeaxanthin, Lutein dan Phytic acid yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah manfaat jagung bagi kesehatan.

1. Mencegah Penyakit Alzheirmer


Penyakit Alzheirmer merupakan kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan berfikir dan berbicara, jagung mengandung vitamin B1 atau Thiamine yang dapat memegang peranan penting agar otak bekerja secara normal, sehingga menguragi risiko penyakit Alzheirmer

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

 
Biji jagung yang berwarna kuning mengandung karotenoid yang dapat menguragi resiko degenerasi makula yaitu penurunan penglihatan dipusat garis mata. Beta karoten membantu dalam memproduksi vitamin A sehingga mendukung penglihatan menjadi lebih terang.

3. Mencegah Anemia

 
Jagung terdapat kandungan zat besi (Iron) yang merupakan mineral penting dalam pembentukan sel darah merah, jika dalam tubuh kita kekurangan zat besi akan mengakibatkan anemia, yaitu berkurangnya sel darah merah atau kekurangan hemoglobin dalam darah, sehingga dengan mengkonsumsi jagung bisa mencegah penyakit anemia pada tubuh kita.

4. Memperlancar Pencernaan

 
Jagung merupakan makanan yang mengandung serat yang sangat tinggi, baik serat yang larut dalam lemak maupun serat yang tidak larut dalam lemak. Serat yang larut dalam lemak memblokir penyerapan kolesterol, sedangkan serat yang tidak larut dalam lemak dapat mencegah sembelit dan masalah usus, dengan begitu, kandungan serat yang tidak larut dalam lemak (insoluble fiber) dapat mencegah permasalahan di sistem pencernaan tubuh manusia seperti sembelit, wasir dan kanker usus besar.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol 

 
Kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin yang diproduksi oleh hati(liver) yang pada dasarnya terdiri dari dua jenis, yaitu kolesterol HDL yang sering disebut dengan kolesterol baik dan kolesterol LDL yang disebut kolesterol jahat. Kolesterol LDL meningkat karena asupan lemak yang menyebabkan lemahnya fungsi hati dan menyebabkan penyakit kardiovaskular. jagung juga kaya akan vitamin C, karotenoid, bioflavonoid dapat menjaga kesehatan jantung, dengan mengendalikan kadar kolesterol dan memperlancar aliran darah dalam tubuh kita, minyak jagung mengandung Antiatherogenic yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan menangkal radikal bebas.

6. Mencegah Penyakit kanker

 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan yang terdapat pada jagung dapat mencegah terjadinya penyakit kanker yang diakibatkan oleh radikal bebas. selain itu jagung ini juga merupakan sumber senyawa tumbuhan seperti senyawa fenolik dan asam ferulik yang dapat mencegah tumor dipayudara dan hati.

7. Merawat Kesehatan Kulit

 
Kuning jagung merupakan sumber beto-karoten yang membentuk vitamin A, yaitu vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, vitamin C dan likopen merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radiasi UV, kuning jagung dipercaya dapat meningkatkan produksi kalogen yang dapat membantu dan memelihara kulit menjadi halus. Berikut ini adalah manfaat jagung untuk kesehatan kulit
  • Menghilangkan jerawat. manfaat jagung yang pertama adalah untuk menghilangkan jerawat, masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang ini dapat diatasi dengan cara menggunakan masker jagung secara rutin, karena masker jagung memiliki kandungan vitamin E didalamnya
  • Merangsang pembentukan kolagen. manfaat kolagen bagi kulit berperan untuk menjaga kekenyalan kulit wajah, masker jagung berperan untuk merangsang pembentukan kolagen secara alami sehingga kuli akan terasa lebih kenyal dan kencang.
  • Menutrisi kulit. manfaat masker jagung yang ketiga adalah untuk nutrisi kulit dari dalam secara alami, hal ini karena jagung memiliki beragam jenis vitamin yang diperlukan untuk memperbaiki masalah kulit, jadi tidak ada alasan lagi untuk males menggunakan masker seminngu 2 kali.
  • Meredakan iritasi kulit. Berikutnya manfaat masker jagung untuk meredakan iritasi kulit wajah, iritasi kulit dapat terjadi pada wajah akibat pengaruh dari luar seperti debu dan paparan sinar matahari yang dapat mengakibatkan kemarahan pada kulit wajah, disini peranan masker jagung sangat penting untuk kulit wajah anda yang sensitif
  • Mencegah penuaan dini. takut dengan penuaan dini kini dapat dicegah dengan sangat mudah, yaitu dengan menggunakan masker jagung secara rutin, penuaan dini terjadi akibat radikal bebas yang menyebabkan kulit keriput sebelum waktunya. Penuan dini ini termasalah kulit yang paling ditakuti oleh kaum hawa, jika anda ingin mencegah penuaan dini, masker jagung lah solusinya
  • Menghaluskan kulit. Vitamin B3 yang terdapat didalam masker jagung memiliki peranan yang amat penting bagi kulit, dimana manfaat masker jagung ini adalah untuk menghaluskan wajah, kulit wajah yang halus tentu menjadi kebanggaan tersendiri dan sangat menunjang penampilan setiap wanita, sekarang untuk membuat kulit halus dan kenyal tidak memerlukan biaya mahal, karena semua masalah kulit wajah sudah terjawab dengan menggunakan masker jagung secara rutin
  • Menyegarkan kulit. selanjutnya manfaat masker jagung yaitu membantu menyegarkan kulit wajah, menyegarkan kulit wajah berperan untuk menjaga kulit tetap sehat dan segar bila dipandang, dengan mengaplikasikan masker jagung secara rutin sangat membantu sekali untuk kesegaran kulit wajah.
  • Mengangkat sel kulit mati. manfaat masker jagung untuk kecantikan adalah mengangkat sel kulit mati, kulit wajah melakukan regenerasi setiap 28 hari sekali. Tujuannya adalah untuk mengangkat sel kulit mati, karena sel kulit mati yang tidak terangkat akan membuat kulit wajah menjadi terlihat kusam dan tidak bercahaya. mengangkat sel kulit mati ini juga perlu dirangsang salah satunya yaitu dengan menggunakan masker jagung.

8. Bermanfaat Menguatkan Tulang

 
Jagung mengandung mineral seperti magnesium, zat besi dan fosfor yang sangat dibutuhkan untuk tulang, terpenuhinya nutrisi akan mencegah retaknya tulang saat tua nanti

9. Manfaat Saat Kehamilan

 
Jagung kaya akan asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil, kekurangan asam folat dapat mengakibatkan bayi terlahir dengan badan kurang atau cacat.

10. Kaya Mineral

 
Jagung mengandung meniral yang sangat banyak dan menguntungkan bagi tubuh, fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi dan tembaga juga banyak titemukan dijagung, fosfor sangat penting untuk mengatur pertumbuhan seperti kesehatan tulang dan fungsi ginjal yang optimal.

11. Sifat Antioksidan

 
Menurut studi yang sudah dilakukan di Cornell University, jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang menyebakan kanker, bahkan tidak seperti makanan yang lainnya.

12. Bebas Gluten

 
Beberapa anak menderita intoleransi gluten sehingga sang ibu sering kesulitan untuk memilih camilan untuk anak, jagung bisa menjadi pilihan makanan yang bisa dan baik diberikan oleh sibuah hati dalam kasus intoleransi gluten.

13. Makanan anti-HIV

 
Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat jagung adalah dugaan potensinya sebagai makanan pencegah HIV, hal ini karena jagung mengandung salah satu jenis lektin, GNAmaize, lektin adalah protein kusus yang ditemukan dihampir semua makanan yang dapat meningkatkan ke glukosa atau ke reseptor karbohidrat yang ditemukan pada membran sel.

Cara Memilih Jagung Yang Baik

 
Mendapatkan jagung yang baik untuk dikonsumsi ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. anda bisa mengikuti tips dibawah ini:
  1. Pilihlah jagung dengan daun yang memiliki berat seimbang, jagung yang beratnya seimbang menandakan tidak dimakan serangga ataupun jamur
  2. Pilihlah jagung yang mempunyai daun lembab, yang membungkus dengan baik ke bonggol serta kondisi yang masih segar, tidak kering diposisi atasnya
  3. Untuk mengetahui kondisi bulir jagung seperti apa?, janganlah mengusapnya. Pengusapan akan membuat jagung mengering dan mudah terserang jamur, Dengan ini bisa melakukan dengan meraba dibagian rambut.
  4. Daun yang sudah matang memiliki daun hijau terang dan kulit jagung lembab
  5. Perhatikan juga isinya apakah berisi atau keriput, jangan pernah membeli jagung yang sudah keripun, itu menandakan bahwa jagung sudah lama disimpan

Itulah tadi ulasan tentang jagung, sungguh luarbiasa kandungan gizi serta manfaat jagung untuk kesehatan kita. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Kandungan Gizi Jagung Dan Manfaat Jangung Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel