-->

Kandungan Gizi Nasi Putih Dan Manfaat Mengkonsumsi Nasi

Nasi adalah salah satu bahan pangan utama masyarakat Indonesia, nasi yang memiliki warna putih dan berbentuk kecil serta bertekstur sangat lembut, merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik untuk anda yang membutuhkan banyak energi, Nasi ini merupakan olahan dari beras yang sudah dimasak. Nasi ini memiliki banyak gizi dan manfaat dan untuk mengetahui kandungan gizi dan manfaat yang terkandung pada nasi, maka pada kesempatan ini artikel ini akan membahas kandungan gizi dan manfaat mengkonsumsi nasi.
Kandungan Gizi Nasi Dan Manfaat Mengkonsumsi Nasi
Nasi Putih
Nasi memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan gizi tubuh manusia, nasi merupakan salah satu makanan yang harus dikonsumsi sehari - hari karena nasi merupakan sumber karbohidrat penghasil energi. Jika Anda tidak mengkonsumsi nasi maka harus digantikan dengan sumber karbohidrat lainnya seperti kentang atau gandum. 

Nasi terdiri dari dua macam yaitu nasi putih dan nasi merah, nasi putih merupakan nasi yang sering dikonsumsi, sedangkan nasi merah biasanya dikonsumsi bagi orang yang menjalani pola hidup sehat. Mengkonsumsi nasi terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan, karena nasi mengandung gula yang sangat tinggi, yang dapat menyebabkan diabetes.

Kandungan Gizi Nasi Putih Per 100 g

 
Sebelum memulai menata pola makan yang sehat, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu mengenai nasi kandungan nutrisi, dengan demikian anda dapat menambahkan sisa nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh. Berikut ini adalah kandungan gizi nasi putih per 100 gram :

Nama        : Nasi putih
Nama lain : Nasi (Menu Pgln)
Banyaknya Nasi yang diteliti: 100gr
Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal)
130
Jumlah Lemak
0,3 g
   - Lemak jenuh
0,1 g
   - Lemak tak jenuh ganda
0.1 g
   - Lemak tak jenh tunggal
0,1 g
Kolesterol
0 mg
Natrium
1 mg
Kalium
35 mg
Jumlah Karbohidrat
28 g
   - Serat pangan
0,4 g
   - Gula
0,1 g
Protein
2,7 g
   - Vitamin A
0 IU
   - Vitamin C
0 mg
   - Vitamin D
0 mg
   - Vitamin B6
0,1mg
   - Vitamin B12
0 ยต
   - Kalsium
10 mg
   - Zat Besi
0,2 mg
   - Magnesium
12 mg
Kandungan gizi pada nasi per 100 g mengandung karbohidrat sebesar 28 g sehingga bisa menjadi sumber utama bagi tubuh. Nasi merupakan makanan yang mengandung tinggi karbohidrat dan mudah dicerna oleh tubuh sehingga kurang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes karena nasi mudah dicerna oleh tubuh dan cepat menghasilkan gula dalam tubuh. Jika penderita mengkonsumsi nasi maka gula darah akan cepat naik dan tentu hal ini tidak baik untuk penderita diabetes.

Untuk memenuhi energi dalam tubuh dan untuk memelihara fungsi organ tubuh maka dibutuhkan 2 g karbohidrat per kg berat badan. Namun jika memiliki aktivitas tinggi dan berat atau olahraga tinggi dalam satu minggu maka badan membutuhkan asupan karbohidrat yang lebih sekitar 3 - 4 g per kg berat badan. Hal ini juga sama ketika ingin menambah berat badan yang membutuhkan asupan karbohidrat yang tinggi. 

Bisa dimisalkan begini jika Anda memiliki berat badan 65 kg dan Anda bekerja menjadi admin di sebuah kantor maka ukuran ideal kebutuhan karbohidrat adalah sebesar 130 g perhari. Jadi untuk ukuran ideal kebutuhan karbohidrat disesuaikan dengan aktivitas keseharian.

Manfaat Mengkonsumsi Nasi bagi Kesehatan Tubuh

 
Jika kita berbicara mengenai manfaat nasi putih bagi kesehatan, maka salah satu hal yang paling penting adalah sumber energi bagi manusia. Manfaat dari mengkonsumsi nasi diantaranya sebagai sumber energi, mendukung pertumbuhan manusia dari bayi sampai tua, mencegah kanker, mencegah disentri, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, meningkatkan mood baik dan lain sebagainya. Berikut ini adalah penjelasan rinci manfaat nasi bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui :

1. Sumber Energi

 
Nasi merupakan makanan pokok yang sangat penting bagi manusia, tidak heran jika penduduk dunia makanan pokoknya nasi, kandungan kerbohidrat dan kalori pada nasi adalah sumber tenaga yang tidak bisa tergantikan.

2. Mendukung Pertumbuhan Manusia Dari Bayi Sampai Tua


Sebagai maknan pokok, nasi merupakan sumber utama untuk mendukung pertumbuhan manusia, mulai dari bayi sampai tua didukung pertumbuhannya dari nasi, kandungan zat dan mineralnya ada semua di nasi.

3. Meningkatkan Mood Baik


Serotonin merupakan senyawa yang menimbulkan  perasaan sengang pada otak, kandungan kerbohidrat dalam nasi dapat mendongkraknya, hal ini juga ditunjukkan pada penelitian. Seseorang yang menjalani diet setiap hari dengan mengkonsumsi setengah cangkir nasi atau selembar roti, akan sering mengalami gelisah dan depresi.

4. Mencegah Kanker


Brown rice banyak mengandung serat insoluble yang akan mengurangi resiko sel-sel kanker terjadi pada tubuh manusia.

5. Nasi Non Kolesterol


Nasi sangat aman untuk anda yang mempunyai kolestrol, karena nasi tidak mengandung lemak berbahaya atau sodium

6. Kaya Akan Vitamin


Nasi banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti Niacin, Vitamin D, kalsium, serat dan masih banyak yang lainnya

7. Mengobati Disentri


Manfaat nasi pada kulit arinya dianggap sebagai obat yang efektif mengobati disentri, sekam padi yang masih berusia 3 bulan mengandung diuretic properties, Orang china mengatakan bahwa nasi bisa menigkatkan selara makan, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.

8. Baik Untuk Tulang


Nasi merupakan Vitamin untuk tulang yang dapat membuat pertumbuhan tulang terbentuk secara baik. kandungan kalsium pada nasi sangat penting untuk membentuk tulang agar menjadi kuat dan bertenga 

9. Baik Untuk Gigi


Pertumbuhan gigi ini juga ditopang oleh nasi, sama seperti tulang, kandungan kalsium pada nasi berperan untuk membentuk gigi yang kuat

Fungsi Nasi Berdasarkan Kandungan Karbohidrat


Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa nasi putih mengandung jumlah karbohidrat yang sangat tinggi sehingga kandungan karbohidrat ini memiliki fungsi bagi tubuh. Berikut ini adalah fungsi nasi putih berdasarkan jumlah kandungan karbohidrat :
  1. Mengendalikan berat badan
  2. Mencegah berbagai penyakit
  3. Baik untuk kesehatan jantung
  4. Baik untuk fungsi pencernaan
  5. Mencegah kerusakan jaringan otot
  6. Mengatur kadar gula dalam darah
  7. Mengatasi kecemasan

Polemik Tentang Manfaat Nasi


Sejak awal di negara asia khususnya Indonesia lebih memilih mengkonsumsi nasi dari pada sumber karbohidrat yang lainnya, hal ini mejadi persoalan di masa sekarang, karena nasi dianggap memiliki kadar gula yang sangat tinggi dibandingkan kentang, ubi atau gandum. Berikut ini fakta tentang nasi putih.

1. Apakah nasi bisa menjadi badan gemuk ?

Faktanya, nasi rendah bebas lemak dan kolesterol, nasi adalah sumber energi yang sangat baik karena kandungan karbohidratnya, Karbohidrat ini sendiri menjalankan fungsinya dan baik untuk pertumbuhan manusia.

2. Apakah kandungan garam pada nasi tinggi ?

Pada kenyataanya nasi adalah makanan yang tidak mengandung garam, nasi sangat aman dikonsumsi untuk orang yang diet kadar garam dalam tubuhnya

3. Bagaimana kandungan protein pada nasi ?

Setelah karbohidrat, protein merupakan nutrisi yang kedua paling banyak ditemukan pada tanaman padi, manfaat nasi mengandung protein yang dianggap berkualitas tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. beras juga tidak mengandung alergi seperti biji-bjian yang lainnya atau biasa disebut dengan gluten.

Terkait dengan manfaat nasi yang sudah menjadi makanan pokok penduduk indonesia, ada kekhawatiran yang mengatakan bahwa nasi memiliki kalori yang sangat tinggi, waspada konsumsi nasi ketika anda ingin melakukan diet, kegemukan, dan memiliki masalah kalori seperti deabetes.

Itulah tadi berbagai macam kandungan gizi serta manfaat nasi untuk tubuh kita, jadi mulai sekarang, jangan takut untuk mengkonsumsi nasi, tapi jangan lupa untuk menyeimbangkan dengan buah-buahan dan sayur-sayuran yang sehat pada menu makanan anda.

0 Response to "Kandungan Gizi Nasi Putih Dan Manfaat Mengkonsumsi Nasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel