-->

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Kandungan gizi pepaya - Pepaya (Carica papaya L) atau Betik merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian Selatan dan Amerika Selatan, dan kini menyebar luas hingga penjuru Dunia. Pepaya merupakan satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa indonesia di ambil dari bahasa belanda yaitu "papaja" yang pada dasarnya juga mengambil dari nama bahasa arawak "papaya" tapi kalau bahasa jawa disebut dengan "kates"  dan di dalam bahasa sunda disebut dengan "gedang". Kandungan gizi pada pepaya sangat melimpah sehingga membuat pepaya memiliki manfaat yang sangat besar dalam menjaga kesehatan.
Kandungan Gizi Nutrisi Pepaya Dan ManfaatBuah Pepaya Untuk Kesehatan
Buah Pepaya
Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah yang menyehatkan karena kandungan gizi atau nutrisinya seperti vitamin dan karbohidrat yang ada pada pepaya terbilang tinggi. Selain menyehatkan berita yang menggembirakan lagi adalah buah pepaya merupakan buah yang harganya terbilang murah. Buah pepaya ini memiliki beberapa jenis yang semuanya memiliki rasa yang enak sehingga buah ini sangat disukai. Jadi untuk mendapatkan makanan sehat, enak dan murah pepaya bisa menjadi contohnya.

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Pepaya


Nilai gizi atau nutrisi yang terkandung dalam 100 gr adalah Kalori 43 Kcal, Karbohidrat 10,82 gr, Protein 0,47 gr, Gula 7,82 gr, Serat 1,7 gr, Lemak 0,26 gr, Vitamin A 47 µg, Vitamin C 62 mg, Vitamin D 0 µg, Vitamin E 0,3 mg, Vitamin K 2,6 µg, Vitamin B1 0,023 mg, Vitamin B2 0,027 mg, Vitamin B3 0,357 mg, Vitamin B5 0,191 mg, Vitamin B9 38 µg, Kalsium 20 mg, Zat Besi 0,25 mg, Fosfor 10 mg, Potassium 182 mg, Sodium 8 mg, Seng 0,08 mg dan Air 88 gr. Berikut ini adalah tabel komposisi gizi atau nutrisi yang terkandung dalam 100 gr buah pepaya :
Jenis Nutris / Gizi
Kandungan
AKG
Kalori
43 Kcal
-
Karbohidrat
10,82 gr
-
Protein
0,47 gr
-
Gula
7,82 gr
-
Serat
1,7 gr
-
Lemak
0,26 gr
-
Vitamin A
47 µg
6 %
Vitamin C
62 mg
75 %
Vitamin D
0 µg
-
Vitamin E
0,3 mg
2 %
Vitamin K
2,6 µg
2 %
Vitamin B1 (Thiamine)
0,023 mg
2 %
Vitamin B2 ( Riboflavin)      
0,027 mg
2 %
Vitamin B3 (Niacin)
0,357 mg
2 %
Vitamin B5 (Panthothenic)
0,191 mg
4 %
Vitamin B9 (Folat)
38 µg
10 %
Kalsium
20 mg
2 %
Zat Besi
0,25 mg
2 %
Magnesium
21 mg
6 %
Fosfor
10 mg
1 %
Potassium (Kalium)
182 mg
4 %
Sodium
8 mg
1 %
Seng (Zinc)
0,08 mg
1 %
Air
88 gr
-
Keterangan : AKG adalah singkatan dari Angka Kecukupan Gizi
Sumber       : Data Nutrisi USDA

Tumbuhan pepaya dimakan buahnya baik ketika sudah matang atau masih mentah, keduanya memberikan manfaat juga, yang mentah dijadikan sayur, daging buah yang sudah masak dimakan secara langsung atau bisa dibuat jus, campuran es buah. Pohon pepaya ini daunnya juga bisa dijadikan sayuran, temannya sambal,atau yang disebut dalam bahasa jawa "kulupan".

Bunga dari pohon pepaya ini ternyata sangat lezat untuk dijadikan sayuran meski rasanya sedikit pahit namun jika Anda sudah tahu bagaimana cara memasaknya pasti tidak akan pahit. Getah pepaya juga bisa dimanfaatkan, getah ini bisa ditemukan di daun, batang dan buah, getah ini mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakan daging dan mengubah protein lainnya, papain sudah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.

Untuk memproduksi papain, bahan baku yang harus disiapkan adalah getah pepaya, sementara bahan lainnya berupa air dan sulfit. Air digunakan untuk mengencerkan getah pepaya, sedangkan sulfit digunakan untuk pelarut bahan kimia. Pengambilan getah pada buah pepaya yang sudah berumur 2,5 - 3 bulan lamanya.

Buah yang sudah dalam penyadapan tetap harus tergantung pada pohonnya, penyadapan dilakukan sebanyak 7 kali dengan interval penyadapan 4 hari, jadi waktu yang diperlukan untuk penyadapan adalah sekitar 28 hari. Untuk waktu yang pas untuk menyadap adalah di pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam. Untuk daun pepayanya bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menambah nafsu makan.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Kita


Buah pepaya merupakan jenis buah-buahan tropis yang sangat banyak memberikan manfaat untuk kesehatan kita. Jika dikonsumsi secara rutin buah pepaya akan bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit kanker, menjaga kesehatan tulang, membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan mata,mencegah peradangan, menjaga kesehatan rambut dan kulit. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat mengkonsumsi pepaya secara teratur.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker


Buah pepaya mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, radikal bebas ini dipercayai sebagai salah satu penyebab penyakit kanker, oleh sebab itu, mengkonsumsi buah pepaya secara rutin dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker.

2. Menjaga Kesehatan Tulang


Buah pepaya mengandung vitamin K. Vitamin ini salah satu nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang, kekurangan vitamin K dapat mengakibatkan risiko patah tulang, tulang keropos dan beberapa masalah tulang lainnya.

3. Membantu Sistem Pencernaan


Buah pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain. Enzim ini dapat memperlunak daging yang sudah kita makan, sehingga sangat baik untuk pencernaan kita. Buah pepaya juga mengandung air dan serat tinggi yang dapat mencegah sembelit dan meningkatkan sistem saluran pencernaan.

4. Mencegah Penyakit Jantung


Kandungan serat, potasium (Kalium) dan vitamin pada buah pepaya ini dapat membantu mencegah penyakit jantung. Meningkatkan kalium dan mengurangi konsumsi sodium adalah perubahan diet yang penting untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang sangat berbahaya. Penyakit ini yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

5. Menjaga Kesehatan Mata


Zeaxanthin merupakan senyawa tumbuh-tumbuhan yang terkandung dalam buah pepaya. Senyawa zeaxanthin dapat menyaring sinar biru (Blue ligh ray) yang sangat bahaya bagi mata. Vitamin A beta karoten, lutein, karotenoid dan zeaxanthin yang terkandung dalam buah pepaya bermanfaat untuk melindungi mata dari kerusakan dan mencegah perkembangan degenerasi makula yang terkait pada usia serta mengurangi penyakit yang berhubungan dengan mata.

6. Meredakan Peradangan


Papain dan Chymopapain, dua enzim penting ini dapat membantu meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan pada luka bakar. Selain itu pada antioksidan beta karoten dan Vitamin C yang terkandung dalam pepaya juga bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan.

7. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit


Pepaya juga merupakan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin A yang terkandung dalam buah pepaya adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk memproduksi sebum agar rambut tetap lembab. Vitamin A juga dibutuhkan untuk semua jaringan salah satunya rambut dan kulit. Asupan vitamin C yang cukup juga sangat dibutuhkan untuk membantu dan merawat kolagen. Kolagen merupakan sejenis protein penting yang memberikan struktur pada kulit.

Manfaat Pepaya Untuk Bayi


1. Melancarkan Pencernaan


Serat papain membantu dalam proses melancarkan pencernaan. Memberikan pepaya pada bayi berumur 6 bulan membantu menjaga kelancaran BAB pada bayi. Banyak bayi yang mengalami gangguan pencernaan dengan keadaan klinis sulit BAB sehingga membuat perut bayi menjadi kembung dan sakit.

Komplikasi yang dapat terjadi merupakan adanya infeksi pada usus akibat tidak lancarnya pencernaan yang disebabkan tertumpuknya kotoran dalam usus. Oleh sebab itu diperlukan untuk memberikan buah pepaya ini kepada buah hati anda secara rutin agar terhindar dari gangguan pencernaan.

2. Makanan Pengganti ASI


Makanan pengganti ASI atau yang sering disebut dengan MPASI mulai diberikan pada bayi yang sudah berusia 6 bulan. Menu pengganti asi tidak sepenuhnya menghentikan ASI akan tetapi pada usia ini bayi biasanya sudah tidak minum ASI sebanyak yang di bulan-bulan sebelumnya. Oleh sebab itu dibutuhkan makanan pendamping ASI dan buah pepaya bisa menjadi makanan pendamping ASI bagi bayi.

3. Mengobati Sariawan


Kandungan Vitamin C yang banyak pada buah pepaya ini ternyata memiliki fungsi untuk mengobati sariawan. Pemberian pepaya ini tidak menyebabkan perih sehingga sangat aman untuk buah hati Anda. Sariawan terjadi akibat adanya iritasi pada kulit bagian mulut.

4. Menurunkan Demam


Buah pepaya mengandung berbagai vitamin dan antioksidan yang membantu proses recovery saat demam. Selain menurunkan demam hal ini membantu menjaga daya tahan sel sehingga kerusakan sel akibat infaksi dapat diminimalisir dan efek infeksi yang menyebabkan demam semakin berkurang pada bayi.

Manfaat Biji Pepaya


Dokter Wahyu Triasmara menjelaskan bahwa, biji pepaya bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah karena dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL. Biji buah pepaya memiliki efek hipolipidemia untuk terapi yang disebabkan oleh kadar lemak nabati atau kolestrol dalam jumlah yang terlalu tinggi, hal ini karena biji tersebut berisi kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, antrakunion dan antosianin.

Menurut Dokter Wahyu Triasmara biji pepaya dapat dikonsumsi dengan cara diblender dan disajikan seperti jus, atau diseduh seperti teh. Mulai sekarang ketika membeli pepaya dan memakan buahnya jangan buang bijinya manfaatkanlah untuk dijadikan bubuk minuman sehat.

Kultivar Pepaya


Kultivar adalah sebagai kelompok tumbuhan yang telah dipilih atau diseleksi untuk beberapa ciri tertentu yang khas dan dapat dibedakan secara jelas dari kelompok lainnya. Kultival pepaya ada bermacam-macam, dikarnakan berbeda-beda pemanfaatan dan selera konsumen. Kultivar Institut Pertanian Bogor (IPB) sudah mengembangkan Kultival pepaya diantaranya adalah sebagai berikut :

1. IPB (Arum Bogor)


Pepaya arum bogor mempunyai keunggulan cenderung lebih kecil atau mini, beratnya sekitar 0,63 kg sehingga praktis untuk langsung dikonsumsi.

2. IPB (Prima Bogor)


Pepaya prima bogor ini mempunyai keistimewaan yang mempunyai daging berwarna merah, dan berbobot 2,258 pepaya ini juga  bertahan selama 1 minggu masa penyimpanan.

3. IPB (Carisya)


Pepaya carisya ini berdimensi kecil sehingga praktis dikonsumsi satu orang dengan menggunakan sendok, kulit buah halus dan mulus, warnanya hijau tua, rasanya buah ini sangat manis, dan dagingnya sedikit kenyal dan berwarna merah jingga, tidak mempunyai bau burung, sehingga sangat disukai oleh semua kalangan, kadar dalam gula dalam buah ini adalah 140 briks.


4. IPB (Sukma)


Pepaya sukma ini memiliki keunggulan daging buah yang benar-benar merah ketika sudah matang, warna kulitnya kuning pada bagian ujung buah, bobot buah pepaya sukma ini mencapai 2 kg, sangat cocok untuk dikonsumsi satu keluarga besar.

5. IPB (Calina/ California)


Pepaya ini mempunyai ciri khas pada permukaan kulit buahnya sangat mulus dan berwarna hijau, warna dagingnya berwarna jingga kemerahan, rasanya juga sangat segar dan manis, daging buahnya tebal dan lembut, bobotnya mencapai 1,5 kg, kadar gula dalam pepaya ini lebih tinggi dibandingkan dengan pepaya cibinong.

6. Pepaya Bangkok


Pepaya bangkok banyak diintroduksi dari thailand, dan permukaan buahnya tidak rata serta kulit luarnya relatif tipis, sehingga sulit untuk dikupas, kelebihan buah ini adalah rasanya manis dan berair, buahnya berukuran besar.

Buah pepaya mempunyai beberapa varietas yang umumnya dikenal, buah pepaya jenis Sunrise atau strawbery bisa dimakan sebelum benar-benar matang, sedangkan pepaya solo tidak enak jika dimakan sebelum matang, Varietas pepaya asal meksiko yang berukuran besar membutuhkan waktu lebih lama untuk matangnya.

Cara Memilih Pepaya Yang Baik


Buah pepaya lebih enak dimakan langsung dipetik dari pohonnya, Tapi, sebagian orang tidak mempunyai kesempatan tersebut, Mari kita pelajari cara memilih buah pepaya yang baik.
  1. Pilihlah buah pepaya yang sudah matang.
  2. Periksa warna kulitnya, kulit buah pepaya jika sudah matang akan berwarna kuning hingga jingga kemerahan, buah pepaya yang mempunyai bintik berwarna hijau juga bisa anda pilih karena akan matang dengan cepat di rumah.
  3. Tekan kulitnya, tekan dengan lembut buah pepaya dengan jari, jika sudah matang buah pepaya akan lunak seperti pada buah avokad yang matang.
  4. Periksa apakah bagian pusatnya berjamur atau tidak, jika berjamur jangan beli pepaya tersebut, itu menandakan buah pepaya sudah busuk.
  5. Cium aroma bagian pusat buah pepaya, ciri-ciri buah pepaya yang mempunyai aroma manis dan lembut di dekat batangnya, hindari pepaya yang tidak mempunyai aroma, itu manandakan bahwa pepaya belum matang.

Cara Menyimpan Pepaya Yang Baik Dan Benar


Untuk menyimpan buah pepaya yang baik benar maka langkah yang harus Anda lakukan adalah menyimpan buah pepaya yang sudah matang di dalam kulkas, karena buah pepaya ini mudah matang dan busuk. Menyimpan buah pepaya ke dalam kulkas akan membuatnya lebih tahan lama dan terasa segar ketika di makan. Untuk buah pepaya yang belum matang simpanlah buah tersebut di tempat bersuhu ruangan dan hindari paparan sinar matahari langsung atau ruangan terbuka yang bisa menyebabkan buah pepaya terkena air hujan.

Untuk buah pepaya yang sudah matang bisa juga disimpan dengan cara di bekukan, Jika anda memiliki buah pepaya yang sudah matang silahkan bekukan pepaya dengan mengikuti langkah sebagai berikut :
  1. Kupas terlebih dahulu pepaya yang sudah matang. 
  2. Belah buah pepaya dan bersihkan bijinya kemudian potong-potong buah pepaya sesuai selera.
  3. Selanjutnya masukkan potongan tersebut ke dalam plastik, agar tidak tercampur dengan yang lainnya.
  4. Selanjutnya simpan pepaya yang sudah anda siapkan ke dalam freezer.

Demikianlah tadi penjelasan tentang pepeya, sangat banyak sekali bukan manfaat tentang buah yang satu ini. Semoga dengan artikel ini anda bisa menambah pengetahuan tentang berbagai pepaya dan kandungannya.

0 Response to "Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel