-->

Kandungan Gizi Sawi Serta Manfaat Sawi Untuk Kesehatan Tubuh

Sawi merupakan sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan makanan. Sawi masuk ke dalam jenis sayuran favorit dan jenis sayuran yang paling sering sering dikomsumsi di Indonesia. Kalsium yang terdapat pada sawi sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Sawi kaya akan nutrisi dan manfaat oleh karena itu pada artikel ini akan dijelaskan kandungan nutrisi sawi hijau dan manfaat mengkonsumsi sawi hijau untuk kesehatan tubuh.
Kandungan Gizi Nutrisi Sawi Serta Manfaat Sawi
Sawi Hijau

Sawi biasanya diolah menjadi campuran mie ayam sebagai sayurannya, atau bisa juga dijadikan teman sambal, dan masih banyak lainnya olahan sawi ini. ada beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang hampir mirip satu dengan yang lainnya. Di Indonesia sawi hijau sering disebut juga sawi bakso atau caisin, selain itu ada pula sawi putih yang biasa dipakai untuk olahan sup atau asinan.

Kandungan Gizi Sawi Hijau  


Sawi merupakan sayuran yang mengandung kalsium dan vitamin sangat melimpah sehingga bisa mencukupi kebutuhan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Ada kandungan nutrisi lain selain Kalsium dan Vitamin yang dapat Anda lihat di tabal bawah ini :

Nama Bahan Makanan : Sawi Hijau
Nama Lain/ Alternatif : Caisin
Banyaknya Sawi Yang Diteliti : 100gram
Jumlah Per
100 g
Kalori
20 Kkal
Protein
1,7 g
Lemak
0,4 g
Karbohidrat
3,4 g
Vitamin A
0 UI
Vitamin B1
0,04 mg
Vitamin C
3 mg
Kalsium (Ca)
123 mg
Fosfor (P)
40 mgg
Zat Besi (Fe)
1,9 mg
Sumber Informasi Gizi: Berbagai Publikasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Jadi dalam 100 g sawi hijau terkandung Protein 20 Kkal, Lemak 1,7 gr, Karbohidrat 3,4 g, Vitamin A 0 IU, Vitamin B1 0,04 mg, Vitamin C 3 mg, Kalsium (Ca) 123 g, Fosfor (P) 40 mg , Zat Besi (Fe) 1,9 mg. Untuk kandungan sawi putih dan jenis sawi lainya sama dengan jumlah kandungan nutrisi yang terdapat pada sawi hijau.

Manfaat Sawi Untuk Kesehatan


Sayuran sawi bermanfaat untuk mencegah kanker, mengurangi resiko diabetes, menyehatkan tulang, menyehatkan kulit, mengatasi susah tidur dan gelisah, menguatkan daya tahan tubuh, menyehatkan pencernaan dan mencegah peradangan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang manfaat sawi untuk kesehatan tubuh kita :

1. Mencegah Kanker

 
Sawi mengandung sulforaphane yang juga bersifat anti-kanker, sebuah penelitian mengatakan, kandungan sulforaphane yang banyak pada jenis sawi ini sangat efektif untuk mencegah tumbuhnya penyakit kanker seperti kanker payudara. dari beberapa studi epedimelogi diketahui bahwa mengkonsumsi sayuran sawi dapat menurunkan dari resiko beberapa jenis kanker payudara.

Sawi juga mengandung fitokimia glukosinolat yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kanker, Glukosinolat dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker serta menjinakkan sel-sel kanker abnormal, kandungan Glukosinolat ini bisa meningkat atau menurun itu tergantung proses pengolahan, mulai dari mencuci dan sebagainya.

2. Baik untuk Deabetes

 
Satu cangkir sawi hijau mengandung 8 gram serat, The Dietary Guedelines For Americans merekomendasikan 21-25 g / hari. Sawi hijau mengandung manfaat antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti bisa membuat kadar glukosa yang lebih rendah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan adanya perubahan pada pasien dengan diabetes.

3. Menyehatkan Tulang


Tubuh kita sangat membutuhkan asupan dari vitamin K, apa bila tubuh kita kekurangan asupan vitamin tersebut  mengakibatkan resiko kerapuhan tulang pada tubuh, mengkonsumsi vitamin K adalah hal yang penting untuk kesehatan tubuh kita, karena vitamin K berfungsi sebagai pengubah protein pada tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium.

4. Menyehatkan Rambut dan Kulit


Sawi hijau ternyata juga sangat bagus untuk kulit, karena mengandung banyak vitamin A, nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi sebum yang membuat rambut lembab dan terhindar dari rambut yang kering, vitamin juga sangat diperlukan untuk semua pertumbuhan jaringan tubuh termasuk kulit dan rambut.

5. Mengatasi Susah Tidur dan Suasana Hati Tenang


Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi yang bisa dibilang sangat penting untuk membantu tidur anda, gerakan otot. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel,  membantu dalam transmisi implus saraf, membantu penyerapan lemak dan mengurangi inflasi.

6. Kaya Antioksidan


Sawi adalah sumber fitonutrien atau tanaman yang dihasilkan nutrisi serta antioksidan, selain vitamin C dan A juga memiliki asam Hydroxycinnamic, isothamnetin quercetin dan kaempferol yang berupa antioksidan kunci yang dibawa sawi.

7. Membantu Detoks Tubuh


Sawi yang kaya serat akan sekaligus  menjadi agen detiks yang sangat baik dalam usus, selain itu, sawi juga mengandung sulfur dan antioksidan, sehingga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh, sebab sawi hujau kaya dengan klorofi, ini juga akan baik untuk penyerapan karbon dioksidan yang mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

8. Bersifat Anti-inflamasi


Sawi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan kronis serta mengurangi resiko penyakit arthritis dan pembekakan yang lainnya, sebab karena sawi memiliki kandungan vitamin K dan asam lemak omega3 yang memperkuat sistem imun tubuh.

Efek Samping Mengkonsumsi Sawi Hijau


Selain manfaatnya di atas harus diperhatikan juga efek samping terlalu berlebihan mengkonsumsi sawi hijau. Berikut ini adalah penjelasannya. Sawi merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung oksalat yang terlalu tinggi, hal ini dapat menyebabkan kristalisasi yang menjurus terbentuknya batu, oleh karena itu mereka yang mempunyai gangguan ginjal sebaiknya menghindari mengkonsumsi sawi hijau ini secara berlebihan.

Kandungan oksalat dapat menghambat penyerapan kalsium di dalam tubuh, kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada sawi hijau ini juga akan mendorong terbentuknya oksalat di dalam tubuh. Sawi juga mendorong goitrogen, senyawa yang dapat menghambat fungsi kelenjar tiroid, kelenjar tiroid berfungsi untuk menghasilkan hormon tiroksin dari bahan baku mineral iodium. Terhambatnya fungsi kelenjar tiroid akan menyebabkan terjadinya goiter atau yang sering disebut dengan gondok.

Nah bagaimana setelah membaca informasi tentang si sawi hujau ini ? setelah mengetahui itu semua yakin masih menganggap sayur yang satu ini dipandang sebelah mata? tentunya tidak, Mari kita tentukan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dan buah.

0 Response to "Kandungan Gizi Sawi Serta Manfaat Sawi Untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel