-->

Kandungan Nutrisi Semangka dan Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

Kandungan nutirisi dan manfaat semangka - Buah semangka (Citrullus lanatus) merupakan jenis tanaman buah yang bersejarah. Tanaman buah semangka ini mulai dibudidayakan sekitar 4000 tahun sebelum masehi sehingga tidak heran jika semangka telah menyebar meluas ke semua belahan dunia. Berdasarkan bukti arkeologi para ilmuan tanaman menduga bahwa tanaman semangka berasal dari daerah Afrika Selatan kemudian berkembang di sepanjang aliran sungai Nil. Buah semangka selanjutnya menyebar ke wilayah Timur Tengah dan berkembang di India dan China. Dari kedua negara tersebut semangka kemudian menyebar ke seluruh penjuru Dunia ( Purseglove, 1968).
Kandungan nutrisi semangka dan manfaat buah semangka
Buah Semangka
Semangka merupakan tanaman buah yang tumbuh merambat. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan kemudian berkembang ke seluruh negara baik daerah tropis ataupun subtropis seperti di Afrika, China, Jepang dan Indonesia. Tanaman semangka ini bersifat semusim dan tanaman ini tergolong cepat berproduksi karena umurnya hanya mencapai 6 bulan.

Tanaman buah semangka dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai buah yang segar tapi ada juga yang memanfaatkan daun dan kulitnya untuk dijadikan sayuran. Biji semangka bisa dimanfaatkan sebagai makanan ringan seperti kuaci. Kulit semangka juga bisa dimanfaatkan sebagai asinan atau acar. Rasa buah ini manis dan segar sehingga buah ini disukai banyak orang, selain enak buah semangka kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Semangka


Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada 100 gr buah semangka :

Semangka
Jumlah Per 100 g

Kalori (Kcal) 30
Jumlah Lemak 0,2 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 112 mg
Jumlah Karbohidrat 8 g
  • Serat pangan 0,4 g
  • Gula 6 g
Protein 0,6 g
Vitamin A      569 IU            Vitamin C       8,1 mg        
Kalsium         7 mg               Zat Besi        0,2 mg
Vitamin D      0 IU                 Vitamin B6    0 mg
Vitamin B12  0 ug                Magnesium   10 mg

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan


Siapa sih yang tak suka semangka? buah yang rasanya manis segar renyah ini paling nikmat saat disantap di siang hari atau sehabis makan makanan yang pedas. Buah semangka ini merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemar karena selain rasanya yang segar kandungan gizinya sangat melimpah dan sangat baik untuk kesehatan.

Buah semangka ini mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C yang sangat baik untuk antioksidan dalam tubuh. Kandungan kalori pada semangka juga rendah sehingga sangat cocok buat anda yang sedang diet. Buah semangka ini juga kaya akan potassium dan lycopene yang baik bagi kesehatan jantung dan mencegah kanker.

Manfaat buah semangka bagi kesehatan adalah menjadi anti penuaan dini, menjaga kelembaban kulit, memelihara kesehatan ginjal, menangkal kanker, memelihara kesehatan tulang, mengatasi sembelit, mencegah kanker prostat dan mencegah penyakit kronis. Adapun penjelasan lengkap mengenai manfaat buah semangka untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Anti penuaan dini


Buah semangka memiliki kandungan kompleks seperti likopen, vitamin A dan vitamin C serta potassium yang bisa menangkal radikal bebas dari paparan lingkungan yang menyerang kulit seperti paparan sinar UV, matahari, polusi, asap kendaraan, dan masih banyak yang lainnya. Paparan tersebut menimbulkan banyak masalah pada kulit seperti flek hitam, jerawat dan penuaan dini. Zat antioksidan yang terkandung dalam semangka dapat membantu tubuh untuk melepas timbunan radikal bebas yang ada di tubuh sehingga kulit badan menjadi lebih sehat.

2. Menjaga kelembaban kulit


Jika anda memiliki masalah kulit kering dan bersisik maka buah semangka adalah jawabannya karena buah semangka mengandung kadar air yang melimpah sehingga dapat memberi kelembaban ekstra pada kulit. Mengkonsumsi semangka juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi, Anda juga bisa memakai semangka ini buat masker.

3. Memelihara kesehatan ginjal


Buah semangka selain memiliki kandungan vitamin kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh juga mengandung kalium yang sangat berperan penting dalam membantu fungsi ginjal. Kalium yang ada pada semangka ini akan membersihkan zat-zat racun yang mengendap di ginjal dan melancarkan proses ekstra serta mengurangi kadar asam urat yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Mengkonsumsi semangka secara teratur juga akan membantu membuang sisa-sisa makanan secara lancar.

4. Menangkal kanker


Semangka ini memiliki kandungan vitamin C dan lycopene yang tinggi. Kedua zat penting ini sangat berperan penting dalam melindungi tubuh dari serangan semacam radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker.

5. Memelihara kesehatan tulang dan kesehatan jantung


Lykopen yang terkandung dalam buah semangka berfungsi untuk membantu tubuh memelihara fungsi kerja tulang dan jantung. Buah semangka ini akan membuat aliran darah dalam jantung terpompa dengan maksimal. Buah semangka juga mengandung kalsium yang efektif untuk membantu kepadatan tulang sehingga tulang menjadi kokoh dan terhindar dari osteoporosis.

6. Mengatasi sembelit


Susah buang air besar bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal seperti pola makan rendah serat. Mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung serat akan sangat baik untuk mencegah sembelit, seperti semangka, melon. Buah semangka yang kaya serat ini sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit.

7. Mencegah kanker prostat


Semangka ini mengandung vitamin C dan Vitamin A serta antioksidan likopen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan dapat membatu melawan adanya radikal bebas penyebab kanker prostat.

8. Mencegah penyakit kronis


Kandungan vitamin C dan likopen pada semangka dapat meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi peradangan sehingga dipercaya mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, kanker dan pembuluh darah.

Manfaat Kulit Semangka Untuk Kesehatan


Setiap 3 sentimeter kulit semangka mengandung 1,8 kalori meskipun Anda tidak mendapatkan makronutrien dalam jumlah besar. Kulit semangka mampu memberikan vitamin C 2 % dan 1 % vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu diketahui kulit semangka berperan cukup besar untuk kesehatan tubuh seperti meningkatkan libido, meningkatkan kebugaran saat olahraga, membantu menurunkan tekanan darah dan menyehatkan prostat. Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan libido


Kulit semangka memang tidak mengandung obat kuat yang alami, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit semangka mampu mengatasi masalah fungsi ereksi ringan sampai sedang.

2. Meningkatkan kebugaran saat olahraga


Kulit semangka selain meningkatkan performa juga meningkatkan kebugaran saat berolahraga terutama para atlet. Sebuah study menguji manfaat kulit semangka terhadap nyeri otot pasca olahraga dan ternyata dengan mengkonsumsi kulit semangka ini akan membuat nyeri akan semakin menurun.

3. Membantu menurunkan tekanan darah


Jika Anda mengidap hipertensi atau mempunyai darah tinggi cobalah mengkonsumsi buah semangka dan kulitnya. Kandungan citrulline pada kulit semangka dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh sehingga darah menjadi lebih stabil. Semangka juga berpotensi sebagai obat diuretik yaitu obat yang sering diresepkan untuk orang yang mempunyai darah tinggi.

4. Menyehatkan prostat


Buah semangka memiliki sumber likopin yang sangat baik bahkan kandungannya lebih tinggi daripada tomat atau sayuran yang lainnya. Likopen adalah zat antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, jantung dan menangkal kanker prostat.

Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan


Hampir semua orang membenci biji semangka ini karena dianggap mengganggu saat menyantap semangka, namun sebuah penelitian mengatakan bahwa ada manfaat yang mengejutkan dari biji semangka yang tidak diketahui oleh orang banyak. Kandungan biji semangka diantaranya asam lemak, protein dan mineral dan masih banyak lainnya.

Untuk kesehatan tubuh biji semangka bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat imun tubuh, meningkatkan kesuburan pria, baik untuk pengobatan diabetes, meningkatkan kemampuan otak dan memperbaiki kesehatan pencernaan. Untuk penjelasan lengkap mengenai manfaat biji semangka untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan kesehatan jantung


Pada biji semangka terdapat kandungan magnesium yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung, hal ini membantu jantung berfungsi dengan baik serta mengatur tekanan darah.

2. Memperkuat imun


Biji buah semangka bermanfaat jika biji tersebut dipanggang karena adanya zat besi dan mineral yang dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Selain mineral kandungan vitamin B pada biji semangka juga menambah manfaat untuk kesehatan tubuh.

3. Meningkatkan keseburan pria


Biji buah semangka juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan Pria, hal ini disebabkan karena adanya zinc pada biji semangka. Zinc ini secara signifikan meningkatkan kualitas sperma pada pria yang tidak subur.

4. Baik untuk pengobatan diabetes


Biji buah semangka memiliki dampak yang baik dalam mengumpulkan glikogen yang dapat membantu mengobati diabetes. Dengan ekstrak antidiabetic berguna untuk mengurangi tingkat glukosa.

5. Meningkatkan kemampuan otak


Kandungan yang terdapat dari biji semangka ini dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini juga dapat melawan penuaan ingatan yang ditujukan dengan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa magnesium sangat membantu dalam meningkatkan ingatan.

6. Memperbaiki kesehatan pencernaan


Magnesium yang terkandung dalam biji semangka dapat meningkatkan enzim untuk menyerap nutrisi, hal tersebut memudahkan untuk memecahkan makanan dan mencerna makanan dengan baik.

Akibat Berlebihan Mengkonsumsi Buah Semangka


Buah semangka meski memiliki banyak manfaat dan menjadi buah yang digemari oleh semua orang, namun buah semangka juga bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh jika mengkonsumsinya secara berlebihan. Berikut ini adalah bahayanya mengkonsumsi semangka secara berlebihan:

1. Gastrointestinal


Gastrointestinal hal yang berkaitan dengan sistem pencernaan yang merupakan suatu saluran pencernaan yang dimulai dari mulut sampai ke anus. Ketika terlalu banyak mengkonsumsi semangka biasanya sering terjadi kelebihan lycopene pada pencernaan sehingga mengakibatkan gangguan pencernaan seperti diare, kembung, susah buang air besar dan muntah-muntah.

2. Hyperkalemia


Semangka memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi sehingga mengkonsumsi semangka secara berlebihan  akan menyebabkan kelebihan potasium dalam tubuh yang biasa disebut hyperkalemia. Kondisi ini menyebabkan gangguan kesehatan kordiovaskuler seperti detak jantung yang tidak beraturan, gangguan syaraf dan gangguan sistem kerja otot.

3. Tubuh terlalu terhidrasi (Over-hydrated)


Ini merupakan kondisi kandungan air dalam tubuh terlalu banyak sehingga menyebabkan tubuh kehilangan sodium yang mengakibatkan meningkatnya aliran darah dalam tubuh yang menyebabkan kaki menjadi bengkak, ginjal lemah dan tubuh kelelahan.

4. Memicu diabetes


Buah semangka segar mengandung angka glikemik yang tinggi yang mengakibatkan kadar gula dalam tubuh meningkat. Jadi mengkonsumsi semangka berlebihan akan menyebabkan peningkatan gula darah dalam tubuh sehingga dapat memicu diabetes. Untuk penderita diabetes sebaiknya mengurangi mengkonsumsi semangka atau berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi buah semangka secara rutin.

5. Darah rendah


Semangka memang dapat menurunkan tekanan darah namun jika mengkonsumsi semangka dalam jumlah yang berlebih bisa mengakibatkan darah rendah. Hal ini menunjukan bahwa mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh, jadi konsumsilah buah semangka secukupnya saja sehingga dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Setelah membaca penjelasan di atas tentu sekarang kita semakin paham bahwa manfaat buah semangka ternyata sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Namun juga bisa berbahaya bila mengkonsumsinya secara berlebihan. Makanlah buah semangka secukupnya dan pastikan buah semangka yang anda makan dalam kondisi segar dan bebas pengawet kimia supaya manfaat yang didapat lebih optimal.

Demikianlah pembahasan mengenai kandungan nutrisi buah semangka dan manfaat mengkonsumsi buah semangka, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

0 Response to "Kandungan Nutrisi Semangka dan Manfaat Semangka Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel