-->

Kandungan Gizi Susu Dan Manfaat Luar Biasa Susu Bagi Kesehatan

Susu adalah cairan bergizi yang berwarna putih dan dihasilkan oleh kelenjar susu. Perlu diketahui bahwa susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mengkonsumsi atau mencerna makanan padat. Susu yang berasal dari binatang seperti sapi juga diolah menjadi berbagai produk seperti susu cair kemasan, yogurt, es krim, mentega, keju, susu kental manis, susu bubuk dan masih banyak yang lainnya yang bisa diolah dari susu ini. Kandungan gizi susu sangat tinggi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
Kandungan gizi dan manfaat susu Untuk Kesehatan
Susu Putih

Susu memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi semua usia namun memiliki jenis yang berbeda. Untuk masa produktif susu sangat membantu pertumbuhan mereka sementara untuk orang yang lanjut usia susu menopang tulang agar tidak keropos. Susu secara alami mengandung nutrisi yang sangat penting seperti vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor dan zinc.

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa susu mengandung mineral dan lemak, oleh karena itu, setiap orang disarankan untuk meminum susu secara teratur, sekarang banyak susu yang sudah dikemas secara menarik dan sudah dicampur dengan varian rasa, hal ini bertujuan supaya semua orang menyukai susu, khususnya bagi anak-anak yang masih dalam pertumbuhan.

Kandungan Gizi Susu


Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) : 42
Jumlah Lemak 1 g
  • Lemak jenuh : 0,6 g
  • Lemak tak jenuh ganda : 0 g
  • Lemak tak jenuh tunggal : 0,3 g
Kolesterol : 5 mg
Natrium : 44 mg
Kalium : 150 mg
Jumlah Karbohidrat : 5 g
  • Serat pangan : 0 g
  • Gula : 5 g
Protein : 3,4 g
  • Vitamin A     : 47 IU                 
  • Vitamin C     : 0 mg
  • Kalsium        : 125 mg                  
  • Zat Besi        : 0 mg
  • Vitamin D     : 1 IU                    
  • Vitamin B6   : 0 mg
  • Vitamin B12 : 0,5 ug              
  • Magnesium  : 11 mg

Jenis Nutrisi Susu 


Adan beberapa jenis nutrisi yang terkandung dalam susu yang penting untuk diketahui bersama. Berikut ini adalah jenis nutrisi pada susu yang perlu diketahui :

1. Susu Murni


Sebelum susu sapi diolah menjadi beberapa jenis susu. Biasanya susu ini dihidangkan langsung atau masih dalam keadaan segar. Aglaee Jacob asal kanada mengatakan bahwa, kandungan nutrisi dari susu sapi segar atau murni ini mengandung 31 % kebutuhan Vitamin D harian dalam tubuh manusia, susu sapi murni juga mengandung 149 kalori dengan rincian 7,9 lemak 7,7 gram protein, 11,7 gram karbohidrat dan bebas serat, kalsium dari susu sapi murni ini sebanyak 276 miligram dan 8% kebutuhan Vitamin A harian.

2. Susu Rendah Lemak


Olahan hasil susu murni memunculkan jenis susu sapi yang rendah lemak, sesuai dengan namanya, proses yang dilakukan yaitu untuk mengurangi lemak dalam minuman ini, susu rendah lemak sebanyak 250 ml. Menurut Aglaee mengandung 122 kalori. Dari jumlah ini dapat ditemukan lemak sebanyak 4,8 gram, 8,1 protein, 11,7 gram karbohidrat dan serat tidak ditemukan sama halnya dalam susu murni, susu jenis ini juga menyumbangkan kalsium 305 miligram, 10% kebutuhan vitamin A harian dan 29% kebutuhan vitamin D harian.

3. Susu Coklat


Varian rasa susu coklat satu ini tampaknya yang paling digemari, terutama pada anak-anak, tambahan coklat dalam susu ini membuat jumlah kalori meningkat menjadi 158 kalori per 250 miligram, dalam susu ini tersimpan 2,5 gram lemak, 8,1 gram protein, 26,1 karbohidrat, 24,9 gula dan serat sebanyak 1,3 gram, susu coklat menyumbangkan 290 miligram kalsium, 10% vitamin A harian dan 29% kebutuhan vitamin D bagi tubuh manusia.

Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh


Dengan beragam nutrisi dikandungnya, tidak mengherankan jikalau susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, lantas, apa saja manfaat susu bagi kesehatan yang perlu kita ketahui? Dalam kesempatan ini akan dijelaskan manfaat susu untuk kesehatan anak dan juga manfaat susu untuk kesehatan lansia, berikut ini penjelasannya:

Manfaat Susu Untuk Anak


1. Menjaga Kesehatan Tulang


Minum susu alangkah baiknya sejak kecil, karena susu memiliki banyak manfaat bagi anak-anak, bukan hanya untuk menjaga tulang tetap kuat, namun susu juga membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

Susu merupakan sumber kalsium terbaik, teratur minum susu akan membuat tulang anak kuat dan sehat, dan juga mencapai kepadatan tulang optimalnya di usia 25-30 tahun, asupan susu juga mempengaruhi tinggi badan mereka.

2. Menguatkan Gigi


Susu kaya akan kalsium dan fosfor ini sangat penting bagi perkembangan kesehatan gigi anak, keduanya bersama-sama membantu menjaga kesehatan gigi, salah satu protein yang ditemukan dalam susu adalah kasein. Ini membantu membentuk film ( lapisan) tipis di permukaan email gigi dan membuat mencegah hilangannya kalsium dan fosfat, ini akan membantu ketika gigi anak mungkin terkena asam hadir di mulut.

3. Memelihara Kesehatan Jantung


Susu merupakan sumber kalium (potassium) yang dapat meningkatkan vasodilatasi dan menurunkan tekanan darah. Menurut studi yang dipimpin oleh Dr. Mark Houston, direktur Hypertensio Institute di Rumah Sakit St. Thomas di Tennessee, peningkatan asupan kalium dan penurunan sodium dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah)

Study tersebut menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi 4069 mg potasium per hari memiliki resiko kematian 49% lebih rendah akibat penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi sekitar 1000 mg per hari

Manfaat Susu Untuk Lansia


  1. Menjaga Tekanan Darah


Pola makan lansia saat ini cenderung yang berkadar garam tinggi namun mengakibatkan zat gizi penting, salah satunya kalium, padahal kelebihan garam namun kekurangan kalium berpotensi mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi yang mengakibatkan resiko penyakit jantung, ginjal dan stroke, jadi mulai sekarang perhatikan porsi garam harian dan minum susu secara teratur.

2. Mempertahankan Kepadatan Tulang


Seiring bertambahnya usia kemampuan tubuh menghasilkan vitamin D pun akan menurun, padahal vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal, kekurangan kalsium dapat mengakibatkan pengeroposan tulang, terutama pada lansia. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomer 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupn Gizi. Mengkonsumsi 1000 mg kalsium per hari dianjurkan bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun baik laki-laki maupun perempuan.

3. Menjaga Kesehatan Otak


Hasil riset University of Kansas Medical Center yang dipulikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition mengatakan mengkonsumsi susu berkolerasi positif dengan peningkatan jumlah antioksidan yang disebut glutathione di otak.

4. Meningkatkan Massa Otot


Jika anda berumur diatas 50 tahun disarankan mengkonsumsi minimal 1 gelas susu per hari, karena susu mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, B12, Vitamin E serta mineral (kalsium, fosfor dan yodium) magnesium, zink, selenium, natrium dan kalium.

Seberapa banyak susu yang harus diminum oleh lansia?

Sebenarnya tidak ada ketentuan seberapa banyak susu yang harus diminum oleh lansia, sejauh ini susu menyediakan kebutuhan kalsium, vitamin D, protein dan kalium yang sebenarnya bisa didapatkan dari sumber makanan lainnya, asalkan kebutuhan kalsium terpenuhi anda tidak perlu minum susu setiap hari atau terlalu sering. Menurut Kementrian Kesehatan RI, kebutuhan kalsium orang yang berusia lebih dari 50 tahun adalah sebanyak 1000 mg kalsium per harinya.

Jadi, bila anda tidak begitu menyukai susu, anda tidak usah cemas, karena anda bisa mendapatkan semua kalsium, vitaminD, dan protein dengan mengkonsumsi yang lainnya seperti telur sayuran dan buah-buahan.

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Susu


Segala yang berlebihan itu sangat tidak baik bagi tubuh kita, termasuk mengkonsumsi susu. Meskipun kalsium diperlukan untuk menjamin kesehatan tulang, jika kelebihan bisa kontra produktif dan mungkin tidak menguntungkan. Berikut ini adalah efek samping jika minum susu terlalu banyak :

1. Obesitas


Beberapa orang mungkin tidak mengkhawatirkan tentang efek samping mengkonsumsi terlalu banyak, dan berakhir dengan obesitas karena kandungan lemak yang tinggi.

2. Alergi


Masalah tentang sinus, infeksi telinga, sembelit kronis, disentri, anemia pada anak-anak adalah beberapa alergi yang terjadi akibat kelebihan mengkonsumsi susu.

3. Kanker


Orang yang mengkonsumsi susu secara berlebihan, maka pertumbuhan insulinnya tinggi, ini juga disebut IGF, seseorang yang mempunyai kadar IGF  yang tinggi beresiko empat kali lipat terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang memiliki IGF yang rendah.

4. Diabetes


Diabetes tergantung insulin, ini juga disebut tipe atau diabetes anak - onset, adalah efek samping lain terlalu banyak minum susu saat masa kanak-kanak.

Tips Memilih Susu Yang Bagus Untuk Dikonsumsi


Menurut ahli gizi adalah, susu yang baik disarankan untuk mengkonsumsi susu yang cair, karena dinilai lebih asli yang diolah dan diperas langsung, dan kandungan gizinya juga lebih bagus dibandingkan dengan susu jenis lainnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih dan membeli susu cair segar untuk dijadikan konsumsi keluarga yang perlu kita perhatikan adalah :
  1. Perhatikan kemasannya.
  2. Teliti tanggal kadaluwarsanya.
  3. Simpan di suhu yang sejuk.
  4. Sesuaikan kemasan dengan kebutuhan.
  5. Segera habiskan untuk mendapatkan gizi yang maksimal.
  6. Pilih susu rendah lemak untuk anak usia di atas 2 tahun.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai kandungan gizi susu serta manfaat bagi kesehatan tubuh kita, semoga setelah membaca artikel ini semakin bertambah wawasan kita mengenai asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Kandungan Gizi Susu Dan Manfaat Luar Biasa Susu Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel