-->

Kandungan Gizi dan Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tomat (Solanum lycopersicum syn. lycopersicu, esculentum) merupakan tanaman asli dari Amerika Tengah dan Selatan dan juga dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus yang hidup singkat dan tinggi tanaman ini mencapai 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki warna hijau, kuning dan merah yang bisa digunakan sebagai sayuran dalam masakan, atau bisa juga dimakan secara langsung tanpa mengolahnya terlebih dahulu.
Kandungan gizi tomat dan manfaat tomat
Tomat

Tomat memiliki kandungan gizi dan manfaat yang sangat luar biasa karena tomat mengandung nutrisi yang tinggi. Beberapa kandungan nutrisi yang terkandung dalam tomat adalah Vitamin C, Vitamin K, Kalium, Folat dan Antioksidan. Vitamin C dan Vitamin K dalam tomat sangat bagus untuk kesehatan kulit, antioksidan dalam tomat akan sangat membantu kekebalan tubuh. Masih banyak lagi kendungan nutrisi dalam tomat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Gizi Tomat


Gizi yang tekandung dalam 100 gr tomat adalah Kalori 18 Kcal, Karbohidrat 3,9 gr, Protein 0,9 gr, Serat 1,2 gr, Lemak 0,2 gr, Vitamin A 42 µg, Vitamin C 13,7 mg, Vitamin D 0 µg, Vitamin E 0,54 mg, Vitamin K 7,9 µg, Vitamin B1 0,04 mg, Vitamin B2 0,002 mg, Vitamin B3 0,59 mg, Vitamin B5 0,09 mg, Vitamin B6 0,08 mg, Vitamin B9 15 µg, Vitamin B12 0 µg, Cholin 6,7 mg, Kalsium 10 mg, Zat Besi 0,27 mg, Magnesium 11 mg, Fosfor 24 mg, Sodium 5 mg, Kalium (Potassium) 237 mg, Seng (Zinc) 0,17 mg, Tembaga (Copper) 0,06 mg, Mangenese 0,11 mg, Selenium 0 , dan Air 95 &. Berikut ini adalah tebel kandungan gizi tomat per 100 gr :
Jenis Nutrisi 
Kandungan
AKG
Kalori
18 Kcal
-
Karbohidrat
3,9 gr
-
Protein
0,9 gr
-
Gula
2,6 gr
-
Serat
1,2 gr
-
Lemak
0,2 gr
-
Vitamin A
42 µg
5 %
Vitamin C
13,7 mg
15 %
Vitamin D
0 µg
-
Vitamin E
0,54 mg
4 %
Vitamin K
7,9 µg
7 %
Vitamin B1 (Thiamin)
0,04 mg
3 %
Vitamin B2 (Riboflavin)
0,002 mg
1 %
Vitamin B3 (Niacin)
0,59 mg
4 %
Vitamin B5 (Panthothenic acid)
0,09 mg
2 %
Vitamin B6 (Pyridoxine)
  0,08 mg
6 %
Vitamin B9 (Folat)
15 µg
4 %
Vitamin B12
0 µg
-
Cholin
6,7 mg
1 %
Kalsium
10 mg
1 %
Zat besi
0,27 mg
3 %
Magnesium
11 mg
3 %
Fosfor
24 mg
3 %
Sodium
5 mg
0 %
Kalium (Potassium)
237 mg
5 %
Seng (Zinc)
0,17 mg
2 %
Tembaga (Copper)
0,06 mg
7 %
Manganese
0,11 mg
5 %
Selenium
0 µg
0 %
Air
95 %
-
AKG : Angka kecukupan gizi.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan


Mengkonsumsi tomat secara langsung atau mengolah makanan dengan berbahan tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan tubuh kita :

1. Menjaga Kesehatan Mata


Jumlah vitamin yang ada pada tomat terbilang sangat tinggi. Tomat mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata manusia. Vitamin A adalah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya rabun senja serta degenerasi makula.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan


Tomat dipercaya dapat menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan mencegah sembelit serta diare.Serat yang terkandung pada tomat dapat membantu merangsang gerakan peristaltik dalam otot pencernaan yang halus dan melepaskan cairan lambung sehingga meningkatkan sistem pencernaan secara ke seluran. Paristaltik adalah gerakan yang terjadi pada otot-otot pada saluran sistem pencernaan yang menimbulkan gerakan semacam gelombang sehingga menimbulkan efek penyedot atau menelan makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung


Likopen yang terkandung dalam tomat dapat mencegah oksidasi serum lipid sehingga dapat memberikan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Mengkonsumsi tomat secara teratur dapat menurunkan kolesterol LDL dan Trigliserida dalam darah. Seperti yang sudah kita ketahui lipid atau lemak adalah penyebab utama terjadinya penyakit kardiovaskular dan penyakit ini adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Tomat mengandung potassium atau kalium yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kolesterol yang tinggi adalah penyebab utama penyakit stroke dan jantung.

4. Mencegah Kanker


Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kadar likopen yang tinggi pada tomat dapat mengurangi resiko terkenanya kanker prostat, kanker kolosrektal dan kanker perut. Likopen merupakan antioksidan alami yang bekerja efektif dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sebenarnya tomat yang dimasak akan menghasilkan likopen yang lebih dibandingkan tomat yang langsung dimakan atau tanpa mengolahnya.

5. Membantu Memperkuat Tulang


Tomat mengandung sejumlah kalsium dan vitamin K yang berfungsi memperkuat dan melakukan perbaikan massa dan jaringan tulang sehingga mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

6. Mencegah Depresi


Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang mempengaruhi pola pikir. Perasaan dan suasana hati seseorang yang mengalami depresi akan selalu sedih, putus harapan, tidak termotivasi dalam beraktivitas. Tomat ini mengandung asam folat yang bisa mencegah kelebihan Homosistein yang terbentuk pada tubuh kita. Kelebihan homosistein ini juga mengganggu pembentukan hormon bahagia seperti hormon serotonin yang mengatur suasana hati.

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan


Untuk menjaga kecantikan Anda tidak perlu merogoh saku terlalu dalam untuk produk kosmetik dan beragam kecantikan lainnya. Beberapa rahasia perawatan kecantikan terbaik bisa didapatkan dari bahan-bahan yang alami seperti tomat. Berikut ini adalah manfaat adalah manfaat tomat untuk kecantikan Anda :

1. Mengecilkan Pori-Pori


Silahkan campurkan jus tomat dengan sedikit lemon dan diaplikasikan ke wajah. Biarkan selama 25 menit atau tunggu sampai mengering dan setelah mengering bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini seminggu 2 kali maka hal tersebut dapat mengecilkan pori-pori kulit.
.

2. Menunda Penuaan Dini


Tomat dipercaya dapat mencegah penuaan dini. Munculnya garis-garis halus dan kerutan bisa di samarkan dengan melakukan perawatan buah tomat. Untuk caranya haluskan tomat sampai benar-benar halus kemudian beri sedikit tepung sampai teksturnya seperti pasta kemudian oleskan ke wajah Anda dan tunggu sampai mengering. Selanjutnya kemudian bilas dengan menggunakan air dingin dan dicampur dengan minyak zaitun supaya wajah terlihat lembab.

3. Meredakan Jerawat


Tomat merupakan jenis sayuran dan buah yang memiliki vitamin A dan vitamin C yang keduanya sangat membantu dalam mengurangi tumbuhnya jerawat. Cara untuk meredakan jerawat dengan tomat pertama potong tomat menjadi 2 bagian. kemudian gosok-gosok kebagian yang berjerawat, tunggu sampai mengering atau selama 10 menit dan bilas menggunakan air dingin.

4. Mengatasi Kulit Yang Berminyak


Silahkan campur jus tomat dan jus timun kemudian aplikasikan ke wajah dengan bantuan bola kapas. Lakukan perawatan ini setiap hari agar hasilnya maksimal karena tomat memiliki zat alami yang dapat membantu untuk mengurangi kadar minyak berlebihan dan mentimun dapat membantu menangkal dan mendinginkan kulit.

5. Menghilangkan Ketombe


Tomat dipercaya dapat menghilangkan ketombe dengan cara menghaluskan tomat kemudian pijat-pijat bagian kepala dengan menggunakan tomat yang sudah dihaluskan. Selanjutnya biarkan selama 30 menit dan setelah mengering bilas dengan menggunakan air dingin. Tomat juga bisa bertindak sebagai kondisioner alami rambut, membantu dalam meningkatkan PH, dan membantu mengembalikan warna rambut.

6. Untuk Mengobati Kulit Yang Terbakar


Kandungan lycopene dalam tomat bisa meredakan efek paparan sinar UV dari matahari. Jus tomat dengan dicampur dengan butter-milk lalu oleskan ke area kulit yang terbakar dan bilas setelah mengering. Hal ini akan meringankan luka bakar dan membantu menyembuhkan belang pada kulit.

7. Membantu Pengelupasan Sel Kulit Mati


Potong tomat menjadi dua bagian, kemudian beri sedikit gula, gosok-gosok ke wajah dengan lembut, proses ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit bercahaya, lakukan perawatan ini seminggu 2 kali agar lebih maksimal.

8. Membuat Kulit Berkilau


Jika Kulit wajah anda kusam dan tidak cerah gunakan masker dengan mencampurkan pure tomat dengan yogurt. Tomat akan memiliki efek menetralkan dan mendinginkan kulit sementara yogart akan mencerahkan dan menutrisi kulit. Perawatan ini sangat cocok sekali disaat musim panas.

9. Untuk Mengurangi Berat Badan


Jus tomat dapat membantu mengurangi nafsu makan sehingga menyebabkan konsumsi makanan yang lebih rendah. Mengkonsumsi tomat dua kali sehari dapat membantu berat badan lebih baik dan tidak menghentikan proses fermentasi di usus.

10. Membersihkan Kulit


Gunakan tomat yang dicampur dengan alpukat untuk membersihkan kulit secara teratur. Perawatan ini sangat cocok untuk digunakan oleh mereka yang memiliki kombinasi karena alpukat memiliki sifat hydrating dan tomat memiliki sifat astringent yang alami yang keduanya bekerja dengan baik menutrusi kulit.

Macam-Macam Tomat 


Ratusan kultivitar yang dibudidayakan dan diperdagangkan. Pengelompokan ini hampir selalu didasarkan pada penampilan atau kegunaannya. Berikut ini jenis tomat berdasarkan penampilan dan kegunaannya :

1. Berdasarkan Penampilan 


Banyak buah tomat dengan berbagai warna yaitu hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu, (hitam) dan belang-belang. Dari ukuran dan bentuknya tomat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yaitu :
  1. Granola memiliki bentuk bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal dengan tomat buah karena bisa dimakan secara langsung tanpa mengolahnya.
  2. Gondol ini biasanya dibuat menjadi saus dan bentuknya lonjong atau oval. Biasanya di Indonesia ini yang ditaman jenis tomat "gondol hijau" dan "gondol putih" ini termasuk tomat buah .
  3. Tomat sayur dan tomat buah biasanya dapat dipakai untuk masakan.
  4. Ceri (tomat ranti) tomat ini berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

2. Berdasarkan Kegunaan 


Kebanyakan orang mengenal tomat buah, tomat sayur dan tomat lalapan. Fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah atau sayuran walaupun struktur tomat merupakan sruktur buah. Seiring perkembangan zaman tomat sekarang tidak hanya sebagai lalapan untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan.

Cara Memilih Tomat Dengan Kualitas Baik


Tomat adalah jenis buah dan sayuran yang memiliki banyak nutrisi seperti vitamin C dan vitamin A. untuk mendapatkan kandungan ini secara maksimal tentu kita juga harus memilih tomat dengan kualitas yang baik. Sekarang akan diuraikan tentang tips memilih tomat dengan kualitas terbaik :
  1. Silahkan pilihlah tomat yang belum begitu matang atau merah agar dapat bertahan lama jika disimpan, namun jika anda langsung ingin mengolahnya silahkan Anda pilih tomat yang sudah matang yang berwarna merah.
  2. Untuk mendapatkan tomat yang kaya akan kandungan air nya maka pilihlah tomat yang berukuran besar serta beratnya sesuai yang anda butuhkan.
  3. Jangan beli tomat yang beratnya ringan, sebab tomat tersebut sudah kehilangan kadar airnya.
  4. Untuk mengecek tekstur tomat, genggam tomat, jika padat dan kulit tebal, berarti tomat masih dalam keadaan baik.
  5. hindari membeli tomat yang berkerut atau retak, itu menandakan tomat sudah tidak segar lagi.

Cara Menyimpan Tomat Agar Awet 


Berikut ini adalah cara yang baik untuk menyimpan tomat agar awet tahan lama dan tetap sehat untuk dikonsumsi :
  1. Stop menyimpan tomat di lemari es atau kulkas.
  2. Simpan tomat disuhu ruangan.
  3. Tangkai hijau pada tomat jangan dibuang.
  4. Simpan tomat dengan posisi terbalik.

Demikianlah pembahasan mengenai kandungan gizi tomat serta manfaat tomat baik untuk kesehatan atau kecantikan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Kandungan Gizi dan Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel