-->

Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan nutrisi dan manfaat buah jeruk - Jeruk merupakan buah yang memiliki bentuk bulat dan kulitnya berwarna oranye atau hijau. Aroma yang dikeluarkan oleh jeruk pun sangat kuat sehingga kita dapat dengan mudah menebak buah jeruk tanpa harus melihat hanya dengan mencium aromanya. Jeruk ini mempunyai berbagai jenis ukuran ada yang kecil, sedang, besar dan rasanya ada yang manis ada yang asam. Jeruk memiliki kandungan air yang banyak di setiap bulirnya. Mengkonsumsi jeruk juga dapat menghilangkan rasa haus karena kandungan airnya yang banyak.
Kandungan Gizi Nutrisi Buah Jeruk Dan Manfaat Buah Jeruk
Buah Jeruk

Ciri pohon jeruk yaitu pohonnya kecil, perdu atau semak besar, ketinggian mencapai 2-15 meter, dengan batang atau ranting berduri panjang tetapi jarang. Daun jeruk ini berwarna hijau abadi dengan tepi rata, tunggal, permukaan biasanya licin dan sedikit berminyak, bunga pohon ini tunggal atau dalam kelompok, kulit buah biasanya berdaging dengan minyak atsiri yang banyak. Hama yang sering menyerang tanaman jeruk adalah kutu daun, ulat pappilio memnon, philocnitis, sedangkan penyakit yang sering menyerang adalah embun jelaga, embun tepung, virus keriting.

Kandungan Gizi Jeruk


Buah jeruk merupakan sumber vitamin terutama vitamin C namun tidak sebatas vitamin C saja buah jeruk ini kaya akan kandungan nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, berikut ini adalah komposisi kandungan nutrisi per 100 gr :

Jeruk Manis
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 47
Jumlah Lemak 0,1 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 0 mg
Kalium 181 mg
Jumlah Karbohidrat 12 g
  • Serat pangan 2,4 g
  • Gula 9 g
Protein 0,9 g
 
Vitamin A         225 UI             Vitamin C          53,2 mg
Kalsium            40 mg             Zat Besi             0,1 mg
Vitamin D         0 IU                 Vitamin B6        0,1 mg
Vitamin B12     0 ug                Magnesium      10 mg

Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan


Manfaat jeruk sangat penting untuk kesehatan kita sehingga buah yang kaya vitamin C ini dapat membuat tubuh kita sehat. Jeruk adalah salah satu buah yang sangat mudah untuk ditemui di pasar, di pinggir jalan pun banyak yang menyediakan buah jeruk ini. Selain dikonsumsi secara langsung buah jeruk juga sangat banyak diolah menjadi berbagai macam produk. Buah jeruk merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan, sehingga sangat mudah untuk didapatkan.

Manfaat rutin mengkonsumsi buah jeruk untuk kesehatan diantaranya dapat mencegah penyakit jantung dan stroke, mengkontrol gula dalam darah, menurunkan resiko kanker dalam usus besar, berpotensi mencegah kanker dan bisul perut, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah pembentukan batu ginjal, menjaga sistem pernapasan, mengurangi resiko terkena radang sendi. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat mengkonsumsi buah jeruk untuk kesehatan : 

1. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke


Seperti buah-buahan yang lainnya jeruk memiliki kandungan kalori yang rendah. Buah jeruk justru mengandung serat pangan pektin yang mampu mengikat kolesterol dengan asam empedu di dalam usus besar sehingga penyerapan ulang kolesterol bisa ditekan dan kadar kolesterol di dalam darah semakin berkurang. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk juga membantu mencegah oksidasi kolesterol yang diakibatkan oleh radikal bebas. Jika jantung teroksidasi kolesterol maka akan menempel di dinding arteri dan membentuk plak yang memicu pengerasan dinding arteri atau ateroklerosis.

Bukan hanya itu kandungan folat dalam buah jeruk juga diyakini mampu menurunkan kadar homosistein yang merupakan salah satu penyebab penyakit kardoivaskular. Untuk kandungan potasium dan flavanone herperidin di dalam buah jeruk dapat membantu menurunkan darah tinggi.

2. Mengontrol Gula Dalam Darah


Serat pangan berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Gula yang alami dalam jeruk adalah fruktosa yang bisa menjaga kadar gula agar tidak naik terlalu tinggi setelah makan, sebab itulah jeruk dikenal sebagai buah yang baik untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit kolesterol.

Jeruk juga mengandung antioksidan antingerin yang membantu menjaga berat badan agar tetap ideal, mencegah obesitas dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ketiganya tersebut merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam perawatan oleh orang penderita diabetes.

3. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar


Buah jeruk juga membantu tubuh menangkap senyawa kimia penyebab kanker dan menjauhkannya dari sel-sel usus besar. Pektin juga melindungi membran mukosa pada usus besar dengan mengurangi paparan senyawa beracun. Ditambah lagi buah jeruk yang kaya akan vitamin C  yang merupakan antioksidan alami yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas pemicu kanker.

4. Berpotensi Mencegah Kanker dan Bisul Perut


Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa jeruk berpotensi untuk mencegah kanker bisul perut. Hasil study menunjukkan bahwa risiko terkena infeksi helicobacter pylori yaitu bakteri penyebab bisul pada perut lebih rendah 25% pada partisipan yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi dalam darah. 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Vitamin C adalah antioksidan larut dalam air yang utama di tubuh kita. Vitamin ini membantu tubuh meningkatkan resistensi terhadap kuman penyebab penyakit flu dan infeksi telinga. Jeruk juga mengandung vitamin A yang mampu menjaga kesehatan membran mukosa agar kuman penyebab penyakit tidak akan mudah untuk masuk ke dalam tubuh kita.

6. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal


Penelitian menunjukkan bahwa risiko pembentukan batu ginjal kalsium oksalat berkurang pada wanita yang minum 1/2  sampai 1 liter jus jeruk, grapefruit dan apel. Selain itu kadar PH dan eksresi asam sitrat juga meningkatkan pada urin.

7. Menjaga Sistem Pernapasan


Buah jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan beta cryptoxanthin tinggi selian labu, pepaya dan jagung. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya cryptoxanthin memiliki risiko terkena kanker paru 27 % lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

8. Mengurangi Risiko Terkena Radang Sendi


Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical mengatakan bahwa jika mengkonsumsi jus 1 gelas buah jeruk setiap hari maka dapat menurunkan risiko terkena radang sendi secara signifikan.

Manfaat Buah dan Kulit Jeruk Untuk Kecantikan


Bagian buah pada jeruk yang berupa bulir - bulir jeruk merupakan bagian utama buah jeruk yang tinggi nutrisinya sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan . Nah, ternyata bagian kulit juga dapat digunakan untuk kecantikan wajah. Buah jeruk dan kulit jeruk bermanfaat untuk kecantikan wajah seperti mengecilkan pori-pori pada kulit, mengurangi jerawat, memutihkan kulit, baik untuk rambut, bisa menjadi scrup alami untuk wajah dan tubuh, bekerja sebagai toner. Adapun penjelasan lengkap mengenai manfaat jeruk untuk kecantikan adalah sebagai berikut : 

1. Mengecilkan Pori - Pori Pada Kulit


Pori-pori yang terbuka tidak hanya membuat kulit kusam tetapi juga dapat memicu terjadinya infeksi kulit. Salah satu cara mengecilkan pori-pori yaitu dengan membasuh muda dengan perasan jeruk.

2. Mengurangi Jerawat


Buah jeruk mengandung asam sitrat oleh sebab mengaplikasikan jus jeruk pada kulit dapat membantu mengurangi masalah kulit berminyak. Jus jeruk juga dapat mengeringkan jerawat dan mengurangi bekas luka yang disebabkan jerawat sehingga menjadikan jeruk menjadi salah satu andalan produk-produk perawatan wajah, lulur dan kecantikan yang lainnya.

3. Memutihkan Kulit


Kulit jeruk memiliki agen pemutih yang alami yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik gelap pada kulit wajah. Kulit jeruk juga bisa mengurangi belang di kulit dengan cara memeras dan menggosok kulit jeruk kebagian kulit yang diinginkan kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. 

4. Baik Untuk Rambut


Anda bisa mempersiapkan kondisioner alami di rumah dengan mencampur jus jeruk dengan air dan madu kemudian oleskan pada rambut sembari dipijat dengan lembut. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air dingin.

5. Menjadi Scrup Alami Untuk Wajah Dan Tubuh


Setelah anda makan jeruk jangan dibuang kulitnya, keringkan kulit di bawah sinat matahari, setelah kering tumbuk kulit jeruk hingga membentuk bubuk. Selanjutnya bubuk ini bisa menjadi scrub alami untuk wajah dan tubuh Anda. Beberapa orang lainnya mencampurnya dengan oarmel, gula dan madu untuk mendapatkan manfaat yang lainnya.

6. Bekerja Sebagai Toner


Masukkan Kulit jeruk ke dalam air mendidih, biarkan selama semalam, kemudian saring airnya dan simpan di lemari es untuk menggunakannya sebagai toner wajah. Penggunaan secara rutin akan meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit anda lebih bersih dan bercahaya.

Jenis Buah Jeruk di Indonesia


Ada beberapa jenis buah jeruk yang sering kita jumpai di tukang buah atau supermarket, tapi apakah Anda sudah tahu jenis jeruk apa yang Anda lihat di tukang buah atau supermarket terebut? Nah, untuk lebih mengenal macam-macam buah jeruk berikut ini adalah buah jeruk yang sering dijumpai di Indonesia :

1. Jeruk Lokal


Jeruk ini asli indonesia, jeruk lokal yang biasa kita jumpai yaitu jeruk pontianak, jeruk medan, jeruk bali, serta jeruk nipis.

a. Jeruk Pontianak

Jenis Jenis Jeruk Dan Manfaat Buah Jeruk
Jeruk Pontianak

Buah jeruk yang banyak dibudidayakan di Pontianak ini merupakan salah satu jeruk khas daerah tropis. Kulit jeruk berwarna hijau mengkilat kekuningan, permukaan kulitnya yang tipis membuat jeruk ini jeruk ini sangat mudah untuk dikupas, rasanya manis dan kandungan airnya banyak.

b. Jeruk Medan

Jenis Jenis Jeruk Dan Manfaat Buah Jeruk
Jeruk Medan
Meskipun buah jeruk ini dikenal dengan jeruk medan, buah jeruk ini juga bisa tumbuh di daerah dingin seperti Brastagi, Sumatra Utara. Warna permukaan buah jeruk ini orange, hijau kekuningan ataupun kuning dan untuk rasanya manis. 

c. Jeruk Nipis

Jenis Jenis Jeruk Dan Manfaat Buah Jeruk
Jeruk Nipis
Jeruk nipis mempunyai ukuran yang relatif kecil, permukaan jeruk ini berwarna hijau, jeruk nipis ini sering digunakan dalam aktivitas dapur. Selain bisa menghilangkan bau amis jeruk ini juga bisa menambah cita rasa yang lezat.

d. Jeruk Bali

Jenis Jenis Jeruk Dan Manfaat Buah Jeruk
Jeruk Bali
Buah jeruk ini salah satu jeruk yang mudah untuk dikenal karena bentuknya yang besar dari pada jeruk pada umumnya. Permukaan kulit tebal sehingga mudah untuk mengupasnya, saat dikupas bulir-bulir jeruk bali yang berwarna merah akan terlihat jelas. Buah jeruk  bali biasanya digunakan untuk campuran salad, asinan, rujak, rasanya buah jeruk bali ini asam, manis segar.

2. Jeruk Impor 


Selain buah jeruk lokal, ada juga jenis jeruk impor yang biasa kita temui seperti, jeruk mandarin, jeruk ponkam, jeruk sunkist dan jeruk lemon.


a. Jeruk Mandarin 

Jenis Jenis Jeruk Dan Manfaat Buah Jeruk
Jeruk Mandarin
Jeruk ini berasal dari Tiongkok yang berwarna orange cerah, permukaan kulitnya memiliki tekstur yang tipis sehingga mudah untuk dikupas. Jeruk mandarin ini memiliki rasa yang manis tapi jeruk ini berukuran kecil. Jeruk ini dipercaya membawa keberuntungan tidak heran jika perayaan imlek jeruk ini selalu menjadi pilihan.

b. Jeruk Ponkam

Jenis Jenis Jeruk Dan Manfaat Buah Jeruk
Jeruk Ponkam

Buah jeruk yang satu ini merupakan jeruk impor asal Tiongkok. Jeruk ini biasanya dikemas dengan plastik satu persatu. Permukaan kulit ini tebal dan berwarna orange jika Anda beruntung akan mendapatkan rasa yang manis dan jika tidak maka rasanya sedikit asam dan hambar.

c. Jeruk Sunkist

Jenis Jenis Jeruk Dan Manfaat Buah Jeruk
Jeruk Sunkist
Jeruk ini dikenal berasal dari California, Amerika serikat. Bentuk permukaan kulitnya tebal dan licin, kulitnya berwarna orange dan tidak bisa dikupas dengan menggunakan tangan kosong. Rasa jeruk ini manis dan menyegarkan tidak heran kalau jeruk ini selalu dijadikan jeruk perasan.

d. Jeruk Lemon

Jenis Jenis Jeruk Dan Manfaat Buah Jeruk
Jeruk Lemon
Jeruk yang satu ini dikenal akan khasiatnya untuk kesehatan. Rasa lemon asam yang khas yang biasa dijadikan minuman seperti lemon tea. Berbeda dari bentuk jeruk lainnya untuk jeruk lemon ini berbentuk lonjong serta berwarna kuning cerah, permukaannya tebal dan licin membuat jeruk ini harus dipotong terlebih dahulu sebelum menyantapnya.

Tips Cara Memilih Jeruk Yang Manis


1. Perhatikan Tekstur Kulit Jeruk


Buah jeruk yang matang memiliki ciri khas tertentu pada kulit buahnya, hindari membeli jeruk yang kulitnya tebal dan kasar, karena hal tersebut kandungan airnya akan sedikit, dan rasanya kurang manis, sebaiknya memilih jeruk yang kulitnya mulus dan halus.

2. Pilih Kulit Jeruk Yang Mengkilap


Saat anda memilih jeruk letakkan jeruk tersebut di bawah sinar lampu jika kulit jeruk terlihat mengkilap saat terkena pantulan sinar lampu maka buah ini memiliki kualitas yang baik dan kondisi masih segar.

3. Tekan Kulit Jeruk


Ketebalan Kulit jeruk juga bisa menandakan cita rasa yang dimiliki buah yang kaya akan vitamin C ini. Kulit yang tebal cenderung memiliki air yang lebih sedikit.

4. Perhatikan Warna Jeruk


Saat anda membeli jeruk mandarin pastikan perhatikan warna kulitnya. Pilihlah kulit yang berwarna orange gelap atau orenge yang mencolok karena warna tersebut menandakan bahwa jeruk sudah benar-benar matang dan rasanyapun manis.

5. Lihat Bagian Bawah Kulit


Saat membeli jeruk jangan lupa untuk mengecek bagian bawah jeruk. Jika bagian bawah jeruk cenderung cekung atau lumpang biasanya jeruk yang seperti ini memiliki rasa yang manis dan kandungan airnya yang banyak.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai kandungan nutrisi yang terkandung dari buah jeruk dan manfaat mengkonsumsi jeruk baik untuk kesehatan atau kecantikan, semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda semua.

0 Response to "Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel