-->

6 Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan Wajah Dan Perawatan Kulit

Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan - Sebagai wanita tentu sangat menginginkan kulit yang putih bersih dan sehat, karena kulit merupakan organ terbesar dari tubuh, salah satu cara untuk merawat kulit agar tetap sehat dan cerah adalah mengkonsumsi vitamin C. Beberapa manfaat vitamin C untuk kecantikan kulit Anda adalah membentuk produksi kolagen agar kulit tetap sehat, mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan serta kekeringan pada kulit.
Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan Dan Perawatan Kulit
Ilustrasi Vitamin C
Vitamin merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh kembang secara normal, untuk menjaga kesehatan kulit, anda bisa mengkonsumsi vitamin C, D, E dan K. Keempat vitamin tersebut sangat baik untuk kecantikan kulit anda, namun vitamin C lebih dikenal dikenal sebagai vitamin kecantikan dibandingkan vitamin yang lainnya, hal ini membuat banyak produk perawatan kecantikan kulit dengan menggunakan vitamin C.

Kulit bisa melindungi kita dari mikroba dan unsur lainnya, mengatur suhu tubuh dan memungkinkan merasakan sensasi sentuhan panas dan dingin, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kita. Vitamin C yang dikonsumsi secara normal dari makanan atau suplemen dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit kita, sebab vitamin ini adalah salah satu bentuk antioksidan. Peranan antioksidan sangat penting bagi tubuh, karena bertugas untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan molekul-molekul berbahaya yang sering disebut dengan radikal bebas.

Vitamin tidak hanya untuk kecantikan kulit saja, tapi vitamin ini mempunyai beberapa fungsi penting lainnya, seperti melindungi sel-sel dan membuatnya semakin sehat, serta membantu untuk penyembuhan luka, vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan degenerasi makula, mengurangi peradangan, mengurangi resiko penyakit kardiovaskular seperti stoke, membantu sistem kekebalan tubuh dan mengatasi flu.

Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan Wajah


Vitamin C juga bisa disebut dengan asam askorbat, manfaat vitamin C untuk kecantikan kulit wajah sangat luar biasa seperti membuat wajah terlihat cerah, mencegah jerawat, membantu menghilangkan bekas jerawat, membantu melindungi wajah dari sengatan matahari dan mencegah perubahan warna kulit dan untuk lebih detail tentang manfaat vitamin C untuk kecantikan berikut ini penjelasannya.

1. Wajah Terlihat Lebih Cerah


Ini merupakan salah satu manfaat dari vitamin C, vitamin ini bekerja pada lapisan epidermis kulit dan membuat epidermis kulit bekerja lebih maksimal. hubungan epidermis bekerja maksimal dengan kecerahan kulit, bisa diambil contoh, jika Anda bekerja keras, maka pada saat bangun tidur pasti terasa segar, tetapi jika tidak bekerja keras maka akan terasa lemas, maka ketika bangun terasa segar itu pertanda epidermis terlihat cerah, dengan begitu otomatis kulit wajah akan terlihat cerah juga bukan? Jika wajah anda terlihat cerah, kecantikan wajah pun akan lebih bertambah.

2. Wajah Terhindar Dari Jerawat


Sebenarnya apa penyebab jerawat muncul? penyebab jerawat muncul sangat banyak, tetapi penyebab terbesar dari jerawat adalah adanya penumpukan lemak di wajah, kotoran menumpuk di wajah dan faktor hormon, kalau faktor hormon sih apa boleh buat, ini karena proses alami menuju kedewasaan, biasanya faktor hormon ini berada pada usia 14-25 tahun, salah satu manfaat dari vitamin C adalah menyerap lemak di wajah, jika sering mengkonsumsi vitamin C maka wajah anda akan terhindar dari jerawat.

3. Wajah Akan Kelihatan Lebih Muda


Salah satu manfaat dari vitamin C adalah menutupi pori-pori wajah sehingga wajah akan terlihat lebih muda. Pori-pori ini bertanggung jawab pada penampilan, jika pori-pori terbuka maka wajah Anda akan terlihat tua apalagi berpori besar.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat


Setelah jerawat Anda hilang apakah Anda sudah gembira? maaf, saya katakan jangan dulu, kenapa? karena masih ada bekas jerawat yang masih menempel di muka, bekas jerawat ini sangat sulit untuk dihilangkan, tentu saja ini akan berdampak pada kecantikan kulit Anda. Sekarang sangat banyak produk pembersih untuk menghilangkan bekas jerawat, bisa sih, tapi itu tergantung muka anda juga, tapi lebih efektif jika anda mengkonsumsi vitamin C karena vitamin dipercaya dapat menghilangkan bekas jerawat.

5. Melindungi Dari Wajah Dari Paparan Sinar Matahari


Vitamin C ini akan melindungi kulit dari radikal bebas dan zat yang berbahaya lainnya. Kandungan antioksidan dan vitamin C melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dan paparan sinar matahari. Vitamin C mampu membantu mencegah risiko kanker kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan pada kulit.

6. Mencegah Perubahan Warna Kulit


Perlu kita ketahui bahwa vitamin dapat melindungi DNA dari reaksi fotokimia (photochemical) yang dapat menyebabkan perubahan warna kulit, tumor dan beberapa jenis lainnya. Vitamin C juga dapat menghambat produksi pyrimidine yang merupakan penyebab utama melanoma. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan membuat warna kulit cerah dan bintik-bintik pada wajah yang membuat wajah terlihat tua akan menjadi lebih berkurang. Oleh karena itu untuk menjadikan kulit terlihat lebih muda dan lembut mulailah rutin mengkonsumsi vitamin C baik itu berasal dari makanan atau pil.

Pentingnya Mengkonsumsi Vitamin C Setiap Hari


Karena vitamin C tidak bisa disimpan di dalam tubuh disarankan untuk Anda mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Setiap orang membutuhkan kadar yang berbeda-beda, berikut ini adalah angka kebutuhan vitamin C untuk orang indonesia :
  1. Pada usia setengah tahun memerlukan vitamin C setidaknya 40 miligram setiap harinya.
  2. Untuk usia 1 - 10 tahun memerlukan vitamin C sebanyak 40 - 50 miligram per harinya.
  3. Sedangkan untuk usia 16 tahun ke atas memerlukan vitamin C sebanyak 75 miligram per harinya.
  4. Sedangkan untuk Anda yang perokok tambahan vitamin C ini sangat cocok untuk meningkatkan radikal bebas di dalam tubuh, dan kandungan antioksidannya yang ada pada vitamin C dipercaya dapat mengurangi radikal bebas yang diakibatkan oleh rokok dalam tubuh.

Sumber Vitamin C Selain Jeruk


Jika membicarakan tentang vitamin C, pasti orang langsung menunjukan jeruk sebagai sumbernya, padahal, tak hanya jeruk yang kaya vitamin C, masih banyak makanan yang mengandung vitamin C lainnya baik buah maupun sayur-sayuran, vitamin ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kandungan utama produk kecantikan kulit. Berikut ini adalah sumber dari vitamin C :

1. Pepaya


Satu buah pepaya ukuran kecil sekitar 158 gram memiliki kandungan vitamin C sebanyak 95,7 miligram. Selain itu pepaya juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, kaya folat dan serat.

2. Paprika Merah


Satu cangkir berisi paprika merah yang sudah diiris memiliki 190,3 miligram vitamin C sedangkan pada paprika hijau memiliki  119,8 miligram vitamin C.

3. Brokoli


Brokoli adalah sayuran sehat dan kaya akan kandungan vitamin. Satu porsi brokoli sekitar 149 gram mengandung 133 miligram vitamin C.

4. Kubis


Dua cangkir kubis memiliki kandungan vitamin C sebesar 160,8 miligram dan bahan sayuran ini kaya akan vitamin A, C dan K, serta fitonutrien dan serat.

5. Stroberi


Buah stroberi ternyata bisa menjadi sumber vitamin C karena pada satu porsi stroberi 147 gram memiliki 86,5 miligram kandungan vitamin C.

6. Kiwi


Buah kiwi yang memiliki bentuk serupa dengan buah sawo memiliki kandungan vitamin yang tinggi termasuk vitamin C. Dalam satu buah kiwi kandungan vitamin C nya sebanyak 137,2 miligram.

7. Kembang Kol


Kembang kol yang biasa dijadikan sup memiliki manfaat yang sangat banyak karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Satu kepala kembang kol kecil dengan diameter 4 inci memiliki 127,7 miligram vitamin C.

8. Mini kol (Brussels Aprouts)


Mini kol atau brussels aprouts memiliki 48,4 miligram kandungan vitamin C. Sayuran ini juga kaya riboflavin, zat besi, magnesium, vitamin A dan kaya akan serat.

9. Ubi Jalar


Ubi jalar tidak mengandung vitamin C sebanyak buah jeruk tetapi bahan makan ini bisa dipertimbangkan karena ubi jalar ini mengandung 35,3 miligram vitamin C.

10. Blewah


Sama dengan ubi jalar, blewah tidak mempunyai vitamin C sebanyak jeruk akan tetapi satu porsi blewah memiliki kandungan vitamin C sebesar 49,2.

Hal-Hal Penting Dalam Pemakaian Serum Vitamin C


Vitamin C juga dikenal sebagai asam askrobat, kandungan vitamin ini sangat tinggi dilapisan kulit luar (epidermis) dan lapisan dalam kulit (dermis). Oleh karena itu di pasaran banyak menawarkan beragam produk krim atau serum vitamin C untuk kecantikan kulit wajah.

hal ini dikarenakan vitamin C diyakini dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari dengan mengurangi sel-sel kulit terbakar dan mengurangi eritema (pembesaran pembuluh darah yang ditandai dengan warna kemarah - merahan pada kulit) bila terkena radiasi sinar UV dan UVB.  Selain itu juga penggunaan vitamin C untuk menjaga dan meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan serum vitamin C adalah :
  1. Ketika anda membeli serum vitamin C ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu tanggal kadarluwarsanya. Biasanya serum vitamin C memiliki usia simpan sekitar 6 - 12 bulan setelah dibuka. Pastikan Anda menggunakan setiap hari agar tidak terbuang sia-sia.
  2. Selanjutnya pastikan Anda menyimpan serum vitamin C dalam ruangan yang gelap dan sejuk. Hal ini disebabkan karena serum vitamin C mudah teroksidasi oleh paparan sinar matahari. Jika Anda menemukan serum yang berubah warnanya, tekstur dan baunya, segera hentikan pemakaiannya karena bisa jadi setum sudah mengalami oksidasi.
  3. Selain itu ketika menggunakan serum ada baiknya jika anda mencobanya dahulu di tangan. Apabila tidak terjadi reaksi yang mengkhawatirkan maka anda bisa menerapkan pada wajah.

Cara Menggunakan Serum Vitamin C


Ketika di siang hari paparan sinar matahari cenderung lebih besar oleh karena itu usahakan masukkan serum vitamin C dalam rutinitas sehari-hari, berikut ini adalah cara pemakaiannya :
  1. Langkah pertama, pastikan anda sudah mencuci muka terlebih dahulu.
  2. Kemudian oleskan serum vitamin C ke bagian wajah kecuali mata dan mulut.
  3. Selanjutnya Anda bisa mengaplikasikan pelembab dan suncreen.
  4. Dan rasakan hasilnya.

Perlu diketahui Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan yang penting dalam menangkal berbagai penyakit. Vitamin ini dikenal dengan nama kimia yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas ekstraseluler, karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Meskipun jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C yang banyak tapi itu sangat salah besar karena vitamin yang paling banyak itu didapat pada buah lemon. Pada buah lemon ini memiliki vitamin C 47% lebih besar dari pada jeruk.

Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan dan jaringan lain di tubuh manusia. Struktur yang baik dapat menyembuhkan kerusakan tulang, memar, pendarahan kecil dan luka ringan. Vitamin C juga berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran. Sebagai antioksidan, vitamin C mampu menetralkan radikal bebas yang ada di seluruh tubuh, vitamin C juga mampu menangkal nitrit penyebab kanker.

Itulah tadi manfaat dari vitamin C yang ternyata banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita bahkan untuk perawatan wajah dan kecantikan wajah. semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "6 Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan Wajah Dan Perawatan Kulit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel