-->

16 Rahasia Menghemat Tagihan Listrik Agar Tagihan Tidak Bengkak dan Irit

Listrik merupakan rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik juga bisa menimbulkan berbagai macam efek yang umumnya sudah diketahui seperti petir, induksi, statis, elegtromagnetik, tegangan arus listrik. Selain itu, arus listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang radio.

Mengingat jika ketersediaan daya listrik semakin terbatas, namun kebutuhan kita dalam menggunakan listrik seolah tidak pernah bisa dibatasi atau di atasi. Untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik harus disiasati dengan pola hidup yang hemat, terutama untuk menghemat daya listrik. 

Sering kali kita memiliki kebiasaan yang sangat buruk dengan menggunakan listrik bahkan saat di siang hari yang begitu cerah. Entah mengapa banyak dari kita yang tetap ringan tangan menyalakan lampu listrik. Padahal tanpa lampu di siang hari, cahaya matahari cukup untuk menerangi tiap-tiap ruangan di mana pun kita beraktivitas.

Cara Cerdas Menghemat Listrik


Cara Menghemat Listrik
Cara Cerdas Menghemat Listrik

1. Jeli Terhadap Penggunaan Listrik


Hal yang paling utama, dan yang pertama kali harus Anda lakukan untuk menghemat listrik adalah jeli dalam menggunakan listrik. Banyak faktor mengapa listrik bisa boros, sehingga menyebabkan biaya listrik semakin meningkat. Contohnya dalam menggunakan elektronik, apakah setelah Anda selesai menggunakan elektronik selalu mematikan dan mencabut colokan listrik? Jika Anda sudah melakukannya, selamat...!, berarti sang pembaca sudah lolos tahap pertama.

Untuk selanjutnya, cara atau tips dalam menghemat listrik yang berkaitan dengan alat-alat elektronik akan dijelaskan pada poin-poin di bawah ini.

2. Gunakan Rice Cooker Dengan Cara Yang Baik


Gumanakan rice cooker seperlunya saja jangan terus menerus menyalakan rice cooker dalam jangka waktu lama karana akan membuat tagihan listrik memembengkak. Hilangkan kebiasaan menghangatkan makanan terlalu lama dalam rice cooker, sebaiknya segera habiskan makanan dan cabut rice cooker guna untuk mengurangi tagihan listrik di rumah anda. 

Jika Anda mau lebih mengemat tagihan listrik saat anda mau memasak nasi menggunakan rice cooker/megicom, sebaiknya rebus airnya terlebih dahulu, karena dengan begitu proses memasak nasi tidak akan lama dan semakin lebih singkat lagi lantaran proses pemanasan tidak memakai aliran listrik, melainkan sudah direbus terlebih dahulu. Jadi, proses pemanasan dengan menggunakan air dingin akan memerlukan aliran listrik yang amat besar.

3. Gunakan Setrika Yang Memiliki Pengatur Otomatis


Pastinya hal semacam ini bisa anda jawab sendiri, jika kita memakai setrika yang tidak memiliki alat pengatur panas secara otomatis, maka listrik akan selalu mengalir sepanjang proses menyetrika, aktivitas semacam ini tidak termasuk dalam cara menghemat tagihan listrik. Selain itu, alangkah baiknya jika menggunakan setrika yang hemat listrik. Walaupun sedikit lebih mahal, namun untuk jangka panjang anda akan hemat dalam menggunakan daya listrik.

4. Gunakan Mesin Cuci Sesuai Kapasitasnya


Memang, saat kita mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci dalam jumlah banyak akan semakin lebih praktis dan cepat selesai. Tetapi tanpa kita sadari bila kita sudah memberikan beban terlalu banyak pada mesin cuci yang melebihi kapasitas. Banyak kerugian yang didapatkan saat mencuci dengan cara seperti itu. Di antaranya, mesin cuci cepat rusak, baju tidak akan pernah bersih dengan sempurna dan maksimal, dan lagi tagihan listrik akan semakin melonjak. Saat mesin cuci bekerja dengan beban melebihi normalnya, maka mesin cuci akan bergetar hebat dikarenakan berat yang tidak seimbang.

5. Jangan Sampai Menyimpan Makanan Panas Di Dalam Kulkas


Memasukkan makanan yang masih panas dalam lemari pendingin atau kulkas amat tidak disarankan. Tidak hanya akan mengakibatkan makanan cepat basi, tetapi juga akan berdampak pada penggunaan energi listrik pada lemari es. Hal ini dikarenakan kulkas akan menyedot daya listrik lebih besar untuk segera mendinginkan makanan atau minuman panas yang anda letakkan. Selanjutnya, apabila anda ingin membeli lemari es, sebaiknya memilih lemari es yang hemat listrik.

6. Menggunakan Monitor LCD atau LED dalam Pemakaian Komputer serta Televisi 


Untuk menghemat lagi tagihan listrik anda, mulailah dari sekarang menggunakan monitor LCD atau LED, sebab dapat dibuktikan bila monitor LCD atau LED tidak memerlukan aliran listrik terlalu banyak untuk menjalankannya. Cobalah untuk merasakan sendiri tagihan listrik sejak anda mulai memakai monitor LCD atau LED, tagihan listrik anda tidak akan melonjak. Monitor tabung seperti tv dan komputer akan banyak menyerap aliran listrik dibandingkan dengan LCD atau LED.

7. Gunakan Wastafel di Dapur


Mencuci piring di wastafel akan menghemat air. Loh, apa hubungannya dengan listrik? Ingat, bahwa air yang anda gunakan untuk sampai pada tujuan, seperti bak kamar mandi, menggunakan pompa air. Jadi dengan menghemat air, anda juga akan menghemat listrik. Demikian pula dengan penggunaan wastafel untuk mencuci peralatan dapur. Wastafel sudah didesain sedemikian rupa untuk dapat menghemat air dengan mudah.

8. Gunakan Pipa Yang Tepat


Kebocoran air melaui pipa yang rusak ini termasuk alasan paling penting mengapa tangki air di kamar mandi sering sekali habis. Oleh sebab itu, dengan menggunakan pipa anti bocor, akan mengurangi penggunaan mesin pompa air. Karena, pompa air yang sering menyala pasti akan menguras daya listrik lebih banyak lagi. 

9. Sediakan Ventilasi Udara Yang Baik


Jika anda membuat ventilasi dengan baik dan tepat untuk ruangan di rumah anda, itu adalah ide yang belian untuk mengurangi penggunaan alat-alat elektronik seperti kipas angin, lampu, AC, dan sebagainya. Cara ini sangat membantu untuk mengurangi tagihan listrik. Buat juga pencahayaan yang bagus atau efektif dengan ventilasi dan jendela. Jadi tanpa penerangan lagi dari lampu, pada siang hari rumah akan senantiasa cerah, namun tetap nyaman.

10. Perawatan AC


Pastikan anda melakukan perawatan dan servis AC secara tepat dan rutin untuk pendingin ruangan anda. Terutama saat sebelum digunakan pada musim kemarau panjang. Pasalnya, anda akan sering menyalakan AC ketika musim kemarau tiba. Peralatan listrik yang minim perawatan, apalagi sudah tua dan tidak pernah dirawat akan memakan listrik jauh lebih banyak.

Cara Membiasakan Menghemat Listrik


Setelah membahas alat-alat elektronik diatas, berikut ini akan kami berikan lagi beberapa tips dan cara untuk menghemat listrik, yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mematikan Alat Elektronik Ketika Anda Tidur


Aktivitas yang dilakukan menghambur-hamburkan daya listrik berikutnya yaitu rutinitas menyalakan alat elektronik ketika anda sedang tidur. Amat disayangkan sekali bila semacam ini terjadi, lantaran anda akan membuang daya listrik secara sia-sia.

Seperti contoh, anda menyalakan tv ketika anda memang sedang benar-benar mengantuk dan ingin tidur. Jadi buat apa menyalakan tv jika mata anda akan segera terpejam. So...!, lebih baik tidak dilakukan. Matikan semua perangkat elektronik seperti gadget, tv, komputer, laptop, saat beranjak tidur, dan jangan sampai membiasakan mengisi aliran listrik ke gadget dan leptop (charger) ketika anda sedang tidur. Hal ini akan menyebabkan daya listrik menjadi terbuang sia-sia, dan akan membuat gadget anda rusak, karena pengisian daya listrik yang terus-menerus.

2. Gunakan Pendingin Ruangan (AC) Secukupnya


Tahukah anda bila pendingin ruangan bekerja dengan memakai aliran listrik lebih besar dibandingkan alat elektronik lainnya. Ini akan membuat tagihan listrik anda melonjak tak terbatas. Silahkan anda atur serta sesuaikan suhu pendingin ruangan berdasarkan luas ruangan yang anda pakai. Jangan sampai menyalakan AC saat anda tidak membutuhkan atau anda sedang bepergian. Pilih AC yang otomatis berdasarkan suhu yang ada di ruangan serta gunakan AC yang hemat listrik.

3. Gunakan Lemari Es Dengan Baik


Kulkas atau lemari pendingin makanan juga harus diperhatikan dalam penggunaannya. Jangan sampai isi kulkas terlalu penuh, karena kulkas akan menyesuaikan suhu dengan banyaknya barang yang ada di dalam kulkas itu sendiri. Hindari kebiasaan buruk yang sering membuka pintu kulkas dalam jangka waktu yang lama. Karena mesin pendingin akan bekerja lebih tinggi saat anda membiarkan pintunya terbuka. Mesin pendingin pada lemari es akan menyesuaikan suhu di dalam dan diluar kulkas yang ada. Akhirnya akan memakan lebih banyak lagi daya listriknya. 

4. Irit dalam Penggunaan Lampu


Jangan sampai kita terbiasa menyalakan lampu saat kita tidak benar-benar membutuhkannya. Matikan lampu bila kita telah selesai menggunakannya, terlebih di siang hari, lebih baik lagi jika kita menggunakan sinar alternatif cahaya matahari.

5. Cabut Kabel Steker Tidak Digunakan


Kabel steker dicolokkan pada terminal ketika tidak dipakai merupakan tindakan yang tidak termasuk ke dalam penghematan tagihan listrik. Tahukah anda...? Meskipun anda sudah tidak memakai kabel steker tersebut atau sudah mematikan aliran listrik tetapi steker tidak dicabut sesungguhnya listrik masih tetap mengalir.

Jadi cobalah untuk mulai mencabut kabel steker dari terminal, bila perlengkapan elektronik  anda sedang tidak dipakai dalam jangka waktu panjang. Hindari juga pemasangan kabel steker yang menumpuk sebab, berisiko untuk memicu konsletting listrik dan juga akan mengakibatkan kebakaran pada rumah anda. Hanya karena kelalaian anda yang sebenarnya tidak perlu, rasanya sayangkan jika harus kehilangan rumah.

6. Ajari dan Berikan Pemahaman Pada Anak dan Keluarga


Dengan perubahan teknologi yang ada di zaman sekarang ini, penggunaan perangkat listrik dan elektronik juga pastinya akan semakin bertambah cepat. Anda bisa mencoba untuk mencermati seberapa banyak perangkat elektronik yang ada di rumah anda sekarang ini?

Coba anda lihat dan jangan sampai anda sendiri heran jika anda merasakan tagihan listrik yang membengkak setiap bulannya. Padahal sudah jelas, di kanan-kiri anda terdapat banyak alat elektronik. Terutama jika anda sering kali menyepelekan penggunaannya atau lupa untuk mengecek seberapa banyak daya yang sudah anda pakai selama sebulan.

Terutama tagihan listrik yang semakin bertambah, ini dapat menjadi masalah besar dan bisa mengacaukan anggaran bulanan yang sebelumnya sudah tersusun rapi untuk sepekan ke depan. Jika anda ingin kembali menyeimbangkan pendapatan dengan pengeluaran, anda harus pandai-pandai mengatur pemakaian daya untuk segala perangkat yang menggunakan listrik yang sekarang ini anda miliki di rumah.

Kita semua sama-sama tahu, kalau yang bertugas menghemat tagihan listrik bukan hanya kita saja, tapi setiap anggota keluarga dalam rumah memiliki peran tersendiri. So...! mulailah dengan mengajari anak-anak dan anggota keluarga untuk memastikan perangkat listrik serta elektronik dalam keadaan mati setelah digunakan atau bahkan yang sedang tidak digunakan. 

Tugas anda dan pasangan anda sebagai orang tua dirumah atau yang masih pengantin baru, untuk melakukan service secara berkala pada tiap-tiap barang elektronik yang anda punya. Sebab dengan service secara bertahap pun akan mempengaruhi anggaran listrik di rumah anda. Kenapa bisa begitu? mari kita bahas lebih lanjut mengenai cara menghemat listrik agar tidak membengkak pada postingan kali ini.


7. Renungan (Bertanggung Jawab Pada Pemakaian Listrik di Rumah)


Terlepas dari ada tidaknya perusahaan yang menghasilkan daya alternatif di dalam gencarnya masalah energi listrik saat ini di seluruh dunia. Keberlangsungan hidup setiap manusia sebenarnya bertanggung jawab atas pribadi masing-masing. Itu artinya, terlepas dari keadaan dunia yang masih tetap diarahkan untuk bergantung pada sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui ini, tentu kita bertanggung jawab pada diri kita sendiri tentang kebutuhan dan ketergantungan kita pada pengolahan hasil bumi yang satu ini. 

Tanpa perlu menyuarakan pendapat dan berusaha untuk didengar oleh masyarakat di seluruh dunia mengenai pentingnya penggunaan daya alternatif. Mulai dari sekarang, kita bisa merubah semuanya dan mebagikan sedikit demi sedikit pada orang-orang disekitar kita, pada anak-anak kita, anggota keluarga kita, tetangga, saudara, sahabat rekan kerja, atau teman sekalipun, dan bahkan siapa pun dalam kehidupan sehari-hari kita, lewat satu gaya hidup yang baik dengan menggunakan beragam bentuk daya alternatif.

Seperti contoh dalam mengatasi tingginya ketergantungan kita pada kebutuhan penyediaan listrik untuk melakukan beragam aktivitas kita sehari-harinya. Semakin tinggi ketergantungan kita pada listrik, makan akan semakin banyak pula penggunaan listrik kita dalam satu hari. Diakumulasikan dalam satu bulan dan hasilnya akan terlihat lewat nominal tagihan listrik yang melonjak.

Meskipun mungkin kelihatannya harga listrik per KwH belum mencapai nominal di atas Rp 1.000,00, namun jika diakumulasikan dari penggunaan setiap harinya yang besar sama saja akan menghasilkan tagihan yang akan cukup merogoh kocek terlalu dalam pada akhir bulanan nanti. Yang menyedihkan lagi, anggaran yang seharusnya bisa kita gunakan untuk keperluan yang lainnya, sudah terkuras untuk melunasi tagihan listrik saja.

Itulah tadi pembahasan tentang cara menghemat tagihan listrik, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan kali ini mengenai tips untuk menghemat pemakaian listrik di atas setidaknya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca, dan membuat kita memulai pola hidup yang jauh lebih baik, berbijaklah dalam penggunaan listrik.

0 Response to "16 Rahasia Menghemat Tagihan Listrik Agar Tagihan Tidak Bengkak dan Irit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel