-->

14 Trik Mudah dan Jitu Membuat Rumah Bebas Kecoa

Memiliki rumah yang nyaman adalah impian semua orang. Salah satu faktor rumah menjadi nyaman apabila terbebas dari binatang-binatang yang merugikan seperti kecoa dan tikus. Hewan-hewan tersebut identik dengan kotoran, sehingga menimbulkan rasa jijik dan membuat barang-barang dirumah menjadi tidak bersih. 

Kehadiran kecoa di rumah tentu akan sangat mengganggu dan merugikan. Rasa geli atau bahkan jijik akan terasa ketika melihatnya. Yang menjadi masalah adalah, tidak mudah untuk membasmi hama-hama tersebut, mereka dengan mudah bisa ditemui di sudut-sudut kamar mandi, dapur, kolong dan masih banyak lagi. Kecoa misalnya, karena kecoa mudah beradaptasi, maka hewan ini termasuk hewan yang sulit untuk diusir di satu tempat saja.
Trik Mudah Membasmi dan Mengusir Kecoa
Ilustrasi Banyak Kecoa di Rumah

Trik mengusir sekaligus membasmi kecoa yang akan kami berikan di bawah ini dibagi menjadi 2 tipe. Pertama, mengusir kecoa dengan menggunakan bahan-bahan kimia, dan trik yang  ke 2 dengan menggunakan bahan alami. Semua bahan-bahan tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun cara-cara yang akan kami jelaskan di bawah ini adalah cara yang sederhana dan dapat anda lakukan sendiri dirumah. 

Trik Mengusir Kecoa Dengan Bahan Alami


Terdapat beberapa bahan alami yang berguna untuk mengusir kecoa, baik di dalam rumah atau di ruangan tertentu seperti di kamar mandi atau di sumur. Bahan-bahan yang direkomendasikan cukup aman dan mudah untuk didapatkan. Sebaiknya, sebelum menggunakan bahan kimia untuk membasmi kecoa, gunakan bahan yang alami terlebih dahulu. Berikut ini cara mengusir kecoa agar rumah terbebas darinya.


1. Minyak Daun Mint


Jika anda mencari bahan untuk membasmi kecoa dalam sekejap, minyak daun mint  adalah solusi yang terbaik. Minyak daun mint mampu membuat kecoa lemas dan mati. Untuk itu, semprotkan langsung kebagian yang menjadi sarang kecoa, agar lebih efektif. Selain ampuh, minyak daun mint tidak berbahaya bagi anak-anak. Jadi sangat aman bagi keluarga dan anak-anak yang masih dalam pertumbuhan.

2. Semprotan Cabai


Anda bisa menggunakan cara yang sederhana ini, silahkan ambil 2 sendok teh saus pedas dan merica. Kemudian campur dengan air dan tuangkan ke dalam botol. Kocok-kocok sampai semua tercampur, dan semprotkan ramuan ini kebagian yang sering dilewati kecoa atau langsung di sarang kecoa. Pastikan, ketika menggunakan pembasmi kecoa ini, Anda menggunakan sarung tangan dan masker, untuk menghindari terkena ramuan saus dan merica.

3. Menggunakan Daun Salam


Daun salam adalah daun yang sangat mudah untuk didapatkan, baik di toko atau di pasar-pasar. Sebab daun ini adalah salah satu bumbu pelengkap untuk memasak. Selain untuk melezatkan makanan, ternyata daun salam juga memiliki kelebihan yakni berguna untuk mengusir kecoa, karena kecoa tidak suka dengan baunya. Ambillah beberapa daun salam, kemudian taruh daun salam di tempat-tempat yang biasa ada kecoa. Boleh juga Anda  letakkan daun salam di sarang kecoa. Bila kecoa berada di dalam lemari, cukup letakkan daun salam di dalamnya. Hal ini juga efektif untuk mengusir kecoa di lemari.

4. Menggunakan Larutan Lemon


Lemon adalah buah yang memiliki rasa asam yang bersifat anti pathogenic atau mencegah pertumbuhan bakteri. Cara mengusir kecoa dengan larutan lemon juga sangat mudah. Silahkan peras air lemon dan dicampurkan ke dalam air yang nantinya untuk mengepel rumah anda. Bau wangi yang dihasilkan oleh lemon ini tidak disukai oleh kecoa, meski hasilnya cenderung lebih lambat dibandingkan dengan bahan kimia. Ccara ini mampu memusnahkan kecoa tanpa efek samping yang ditimbulkan. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba.

5. Perangkap Mentimun


Jika anda ingin memusnahkan kecoa secara permanen, kenapa anda tidak mencoba perangkap mentimun ini untuk membunuh kecoa. Caranya, letakkan irisan mentimun ke dalam kaleng almunium yang kosong, mentimun akan bereaksi dengan almunium yang dapat menciptakan bau yang bisa membunuh kecoa. Letakkan kaleng ini di tempat yang menjadi sarang kecoa.

6. Baking Soda


Baking soda ternyata tidak digunakan untuk membuat kue saja, karena baking soda juga bisa di manfaatkan untuk membasmi kecoa. Dengan cara: campur baking soda dan gula, letakkan campuran ini ke dalam mangkuk dan taburkan disetiap sudut-sudut rumah anda. Kecoa akan tertarik dengan gula kemudian memakannya, dengan begitu kecoa akan mati karena gula sudah dicampur dengan baking soda. Ini adalah salah satu alternatif untuk membasmi kecoa jika anda tidak suka dengan bahan kimia.

Mengusir Kecoa Dengan Bahan Kimia


Mengusir dan membasmi kecoa dengan bahan kimia memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada dasarnya, bahan kimia memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh jika dibandingkan dengan bahan-bahan alami. Dampak negatif tersebut juga melahirkan sebuah keunggulan yaitu, lebih cepat dalam membasmi dan mengusir kecoa. Berikut cara mengusir atau membasmi kecoa dengan bahan kimia.

1. Air Sabun


Kecoa tidak bisa berada dalam air sabun. Entah apa yang terjadi jika kecoa berada di air sabun akan cepat mati. Berbeda dengan saat berada di air biasa, kecoa masih tetap bisa hidup dan melarikan diri dari kubangan air. Lalu bagaimana cara membasmi kecoa dengan air sabun?  Langsung saja, larutkan sabun ke dalam air kemudian taburkan ke tempat yang menjadi sarang kecoa. Hal ini akan membunuh kecoa dalam hitungan menit saja.

2. Menggunakan Obat Anti Kecoa


Selain menggunakan obat anti serangga, Anda juga bisa menggunakan insektisida berlabel anti kecoa yang mengandung zat silflutrin atau zat lain sebagai bahan aktif. Cara menemukan obat ini juga sangat mudah. Karena hampir setiap toko menyediakan obat anti kecoa atau anda bisa membelinya secara online. Cara menggunakannya dengan menyemprotkan secara langsung di tempat-tempat yang sering digunakan untuk  persembunyian kecoa, seperti dinding-dinding. Namun ada beberapa catatan dalam menggunakan zat ini diantaranya:
  • Ketika anda menyemprotkan obat ini, sebisa mungkin jauhkan dari jangkauan anak-anak dan juga peliharaan anda di rumah
  • Kemudian ikuti seluruh petunjuk keamanan yang sudah tertulis pada label produk tersebut
  • Jika anda memasang umpan kecoa, jangan meyemprotkan obat anti kecoa ini di dekatnya, hal ini dapat mencemari umpan tersebut dan membuat kecoa justru akan menghindar

3. Menggunakan Kapur Barus


Kapur barus adalah solusi paling praktis untuk membasmi kecoa dan membuat kecoa tidak akan kembali lagi. Cukup dengan meletakkan kapur barus ini di tempat-tempat yang menjadi sarang kecoa. Untuk penggunaan lebih aman, anda harus hati-hati untuk menjauhkan kapur barus ini dari jangkauan anak-anak.

Cara Mencegah Kecoa Agar Tidak Datang Kembali


Setelah mengusir atau membasmi kecoa yang ada di dalam rumah anda, upaya pencegahan kecoa agar tidak kembali lagi juga perlu anda lakukan. Berikut ini adalah cara membuat kecoa tidak datang kembali lagi.

1. Pastikan Rumah Anda Selalu Dalam Keadaan Bersih


Ini adalah cara yang paling penting untuk menjaga rumah anda dari berkembang biak kecoa. Bersihkan dapur Anda setiap hari, dan usahakan tidak menumpuk peralatan dapur yang kotor di wastafel, perbaiki lantai, jendela dan dinding yang berlubang agar tidak menjadi pintu masuk munculya kecoa di rumah anda.
Baca Juga: 14 Trik Membuat Rumah Agar Selalu Bersih Dan Rapi
Dimana pun Anda berada, ruangan yang kotor dan lembab merupakan tempat yang sangat disukai oleh binatang jenis serangga, tidak terkecuali kecoa. Maka dari itu, kebersihan merupakan langkah yang sangat penting untuk mencegah datangnya kecoa ke dalam rumah. Seberapa sering Anda membasmi kecoa, jika rumah tidak bersih, akan tetap ada serangga lain yang datang dan berkembang biak, termasuk kecoa.

2. Singkirkan Semua Kardus


Jika Anda ingin membuat rumah bebas kecoa, cara mudahnya adalah dengan menyingkirkan semua kardus yang ada di dalam rumah. Kardus merupakan salah satu tempat tinggal kecoa dan mereka mampu berkembang biak dengan baik di dalam kardus. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuang kardus-kardus yang ada dirumah anda.

3. Hindari Penyimpanan Makanan di Dalam Kamar Tidur


Untuk mencegah kecoa masuk ke dalam kamar tidur adalah jangan sampai menyimpan makanan di dalam kamar tidur. Hal ini karena kecoa sangat menyukai keberadaan makanan, pastikan makanan ditempatkan yang tertutup seperti toples atau lemari es. Dengan begini kecoa tidak akan tertarik dengan rumah Anda.

4. Gunakan Sampah Yang Tertutup


Kecoa sangat menyukai bau busuk sampah, sehingga menggunakan tempat sampah yang memiliki tutup merupakan langkah yang tepat untuk mencegah kecoa kembali di dalam rumah. Selain itu, rajin-rajin lah untuk membuang sampah sebelum sampah menumpuk yang menyebabkan kotornya rumah, karena kecoa suka dengan kotoran atau rumah yang menyimpan sampah terlalu lama.

5. Membersihkan Telur-Telur Kecoa


Selain membasmi, cara yang tepat untuk menjauhkan kecoa dari rumah andalah dengan menghentikan siklus hidupnya, yakni dengan membasmi telur-telur kecoa. Telur kecoa sering ditemui ditempat-tempat yang tersembunyi seperti sudut lemari, kolong tempat tidur. Bersihkan telur kecoa dengan air panas untuk mematikannya.

Itulah tadi trik agar rumah bebas dari kecoa dan cara membuat kecoa tidak datang kembali, hal yang terpenting adalah untuk tetap menjaga kebersihan rumah Anda. Rumah yang bersih merupakan tempat yang nyaman untuk tinggal di dalamnya dan beristirahat dengan tenang sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan maksimal.

Baca Juga:
22 Trik Paling Jitu Mengusir Tikus Di Dalam Rumah22 Cara Jitu Membuat Rumah Bebas Nyamuk dan Dijamin Nyamuk Kabur15 Cara Ampuh Agar Rumah Terbebas Dari Cicak

0 Response to "14 Trik Mudah dan Jitu Membuat Rumah Bebas Kecoa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel