-->

18 Cara Jitu Menghilangkan Dan Membebaskan Rumah Dari Debu

Debu merupakan kotoran yang sangat menyebalkan karena membuat keindahan rumah menjadi berkurang. Selama dua hari saja debu tidak membersihkan dari rumah, maka akan menempel dimana-mana. Bahkan debu kerap muncul di bagian rumah yang sulit untuk dijangkau seperti di bawah tempat tidur, di atas lemari sampai ke sudut-sudut ruangan. Agar rumah bebas dari debu atau paling tidak, debu dapat berkurang di dalam rumah, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Cara Agar Rumah Bebas Dari Debu

Cara Menghilangkan dan Membebaskan Rumah Dari Debu
Bebaskan Rumah Dari Debu

1. Sesering Mungkin Mengepel Lantai


Membersihkan dengan menggunakan pel lantai adalah salah satu cara yang paling tepat untuk membersihkan debu yang halus dari lantai rumah. Jika rumah sering dibersihkan lantainya, maka debu-debu yang berada di lantai akan bersih. Sebab, membiarkan debu menumpuk maka akan sangat sulit untuk membersihkannya dan mungkin anda harus menyikatnya jika debu sudah menempel terlalu banyak. Jadi sesering mungkin untuk membersihkan lantai di rumah anda.

2. Menghilangkan Debu Dengan Kain Microfiber


Semua jenis kain microfiber penyerap debu bentuknya serupa. Jika debu menjadi masalah bagi anda, mungkin waktunya untuk menggunakan kain microfiber yang bisa menyerap debu. Karena kain ini di desain untuk menyerap debu dan menahannya. Dengan menggunakan kain kaos atau handuk cenderung untuk memindahkan debu ke daerah sekitarnya. Hal serupa juga berlaku untuk perabotan rumah tangga anda akan terlihat lebih bersih jika menggunakan kain ini. Jangan lupa selalu mencuci kain penyerap debu setelah anda menggunakannya. 

3. Bersihkan Dinding dari Atas Ke bawah


Setiap beberapa hari sekali atau sebulan sekali jika anda sedang membersihkan rumah secara total, jangan lupa untuk membersihkan dinding ruangan anda dengan mengguanakn kain yang bisa menyerap debu seperti microfiber. Bersihkan debu mulai dari atas terlebih dahulu kemudian menyusul bagian bawah. Dengan begitu anda bisa mengumpulkan debu dibawah kemudian anda buang.

4. Melepas Sandal di Luar Pintu


Diakui atau tidak diakui, bahwa alas kaki yang dipakai sebenarnya juga turut menyumbang debu ke dalam rumah. Pada saat mengering, lumpur dan kotoran yang masuk ke dalam rumah pada akhirnya akan memberikan kontribusi debu ke dalam rumah anda. Saat musim hujan dan musim dingin tiba, anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk melepas alas kaki. Jika alas kaki dilepas di luar pintu masuk rumah, maka sumber debu akan berkurang. Lain hal, jika Anda memiliki alas kaki khusus untuk di dalam rumah.

5. Bersihkan Hewan Secara Teratur


Jenis hewan yang berbulu tebal, akan memberikan kontribusi debu di rumah anda. Membersihkan hewan peliharaan secara teratur adalah salah satu cara agar debu berkurang di dalam rumah. Bersihkan hewan peliharaan berbulu tebal di kamar mandi atau ditempat yang biasa digunakan untuk mencuci baju. Selain itu, Anda juga harus rutin untuk mencuci kandang dan peralatan hewan peliharaan anda.

6. Menutup Retakan Pada Rumah Anda


Sebagian besar debu yang masuk ke dalam rumah adalah debu yang di bawa oleh angin dan masuk ke dalam rumah. Untuk itu, gunakan dempul untuk menutup retakan di sekitar pintu dan bingkai jendela anda agar debu tidak masuk melalui celah tersebut. Paling tidak cara ini dapat mengurangi masuknya debu ke dalam rumah. 

7. Tutuplah Ventilasi Jendela dengan Filter Debu


Jika rumah anda menggunakan model jendela yang atasnya ada ventilasinya, jangan ragu lagi untuk memasang filter debu di ventilasi. Sember utama, debu masuk ke dalam rumah adalah angin yang membawanya ke dalam rumah. Oleh sebab itu, memasang filter debu pada ventilasi akan mengurangi sebagian besar kontribusi debu yang masuk kedalam rumah. Memasang filter debu pada ventilasi juga merupakan salah satu cara agar rumah bebas dari serangan nyamuk.

Tips Penting Agar Rumah Bebas Dari Debu


Rumah yang banyak debu, biasanya juga bersumber dari benda-benda yang dapat dijadikan sarang debu, seperti bantal, kasur, karpet dan lain-lain. Untuk itu, coba Anda gunakan cara untuk mengurangi sumber-sumber debu yang bersarang di dalam rumah.
  1. Hindari pemakaian bantal dan kasur yang terbuat dari kapuk, karena perabot itu merupakan  istana debu. Anda bisa mencoba untuk memukul kasur, pasti akan banyak debu yang berterbangan. Untuk itu, ketika anda menggunakan perlengkapan tidur terbuat dari kapuk, bersihkanlah secara rutin.
  2. Gunakan perabotan rumah tangga anda menggunakan yang berbahan kayu atau plastik. Selain mudah dibersihkan, bahan kayu dan plastik tidak akan bisa membuat debu menempel.
  3. Hilangkan debu dengan menggunakan kain yang basah, supaya tidak mudah terbang dan cepat bersih, sebaiknya hindari penggunaan sapu.
  4. Bersihkan karpet kurang lebih seminggu sekali dengan penyedot debu dan mencucinya ditempat yang khusu. Jika sudah bersih dan belum ingin dipakai maka bungkus dengan menggunakan plastik
  5. Kurangi pemasangan  gambar dan foto-foto atau lukisan yang dibingkai pigura di dinding. Debu akan menempel ditempat-tempat seperti ini dan kita sering lupa untuk membersihkan secara rutin.
  6. Sebelum ruangan anda dibersihkan, jangan sampai anda menghidupkan kipas angin, karena debu bisa terbang ke tempat yang lain
  7. Jangan sampai anda menyimpan buku-buku di luar, masukkan kembali buku-buku ke dalam lemari dan disimpan rapat-rapat.
  8. Silahkan anda tanam tanaman kecil atau rumput di halaman rumah anda. Dengan demikian debu akan menempel di tanaman dan tidak akan masuk ke dalam rumah.
  9. Tutuplah pintu-pintu rumah anda pada siang hari, tanpa anda sadari saat-saat itulah debu akan masuk, terlebih jika matahari begitu terik
  10. Jangan sampai anda meletakkan barang-barang di atas lemari, ini bisa mengakibatkan debu menumpuk di atasnya. Kemas dan simpan benda-benda yang sudah tidak dipakai lagi ke dalam tempat yang khusus.
  11. Sebuah alat pembersih udara, mesin ini bisa membersihkan udara dengan cara menangkap partikel-partikel debu yang ikut terbang bersama debu. Alat ini sangat cocok untuk keluarga yang alergi dengan debu. Alat pembersih udara ini hanya membersihkan udara di ruangan yang ada alat itu saja, jadi perlu anda pertimbangkan jika hanya memiliki 1 alat saja.

Itulah beberapa cara jitu yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan dan membebaskan debu di rumah. Pastikan selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dihasilkan dari debu seperti pilek, batuk dan penyakit lainnya.

Baca Juga:
14 Trik Membuat Rumah Agar Selalu Bersih Dan Rapi
24 Trik Mudah dan Cerdas Agar Rumah Tidak Panas Dan Selalu Sejuk
15 Cara Ampuh Agar Rumah Terbebas Dari Cicak

0 Response to "18 Cara Jitu Menghilangkan Dan Membebaskan Rumah Dari Debu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel