-->

22 Cara Jitu Membuat Rumah Bebas Nyamuk dan Dijamin Nyamuk Kabur

Nyamuk merupakan serangga tergolong  dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuhnya langsing, dan enam kaki panjang, antar spesies berbeda-beda tapi jarang sekali melebihi 15 mm. Beberapa jenis nyamuk senang bersarang di rumah dan perlu pananganan yang jitu untuk mengusir nyamuk dari rumah.

Kebiasaan nyamuk cukup unik, karena hanya nyamuk betina dewasa yang menusuk manusia dan hewan lainnya. Sedangkan nyamuk jantan hanya makan nektar tanaman. Beberapa nyamuk betina memilih untuk makan hanya satu jenis binatang, nyamuk betina menggigit manusia, hewan peliharaan, seperti sapi, kuda, kambing, dan masih banyak yang lainnya.

Cara Agar Rumah Bebas Dari Nyamuk


Cara membuat Rumah Bebas Nyamuk
Cara Membuat Rumah Bebas Nyamuk
Nyamuk bukan serangga yang asing bagi masyarakat Indonesia. Baik panas maupun hujan, serangga penyebab gatal dan penyakit yang satu ini tak pernah berhenti mengganggu manusia. Kalau Anda merasa sudah berusaha maksimal untuk mengusir nyamuk dari rumah, namun tidak berhasil, mungkin Anda melewatkan beberapa hal dibawah ini:
  • Mengurangi atau Buang Tumpukan Barang Yang Tidak Perlu
  • Tutup Lubang Tanah di Sekitar Rumah
  • Hindari Tanaman Liar
  • Buat Sirkulasi Udara Rumah Menjadi Lancar
  • Halangi Nyamuk Masuk ke Dalam Rumah
  • Hindari Genangan Air di Sekitar Rumah



1. Kurangi atau Buang Tumpukan Barang Yang Tidak Perlu


Nyamuk biasanya suka bersembunyi ditempat-tempat yang gelap dan lembab, seperti di sela-sela tumpukan barang dan pakaian. Tempat-tempat seperti itu biasanya terlindungi saat anda menyemprot obat pembasmi serangga, sehingga nyamuk tetap mengganggu tidur anda meski sudah menyemprot ruangan.

Solusinya Adalah:
Usahakan tidak terlalu banyak tumpukan barang yang ada dirumah anda agar rumah selalu terlihat rapi. Jika terpaksa, jauhkan letaknya dari ruangan-ruangan yang sering digunakan untuk beraktivitas. Biasakan menutup lemari untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam dan secara rutin mengibas-ngibaskan pakaian yang tergantung di dalam lemari, guna untuk mengusir nyamuk yang tersembunyi.

2. Tutup Lubang Tanah Yang Menyebabkan Genangan Air


Mungkin terdengar janggal bukan? tetapi lubang-lubang di tanah bisa menimbulkan genangan air yang menjadi sarang nyamuk. Lubang-lubang tanah yang menyebabkan genangan air letaknya bisa tersembunyi atau jarang terlihat oleh mata anda.

Solusinya adalah:
Luangkan waktu untuk memeriksa bagian sudut-sudut halaman rumah anda. Jika anda menemukan lubang atau cekungan, segera timbun atau tutup lubang tersebut sampai air tidak bisa menggenang lagi.

3. Hindari Tanaman Liar


Selain di tumpukan barang-barang, nyamuk juga suka bersembunyi disela-sela daun dan tanaman. Terutama tanaman yang berbentuk lebar, tipis atau memanjang, serta di lubang-lubang pohon. Bersembunyi di berbagai tempat seperti di tanaman, merupakan salah satu naluri bertahan hidup serangga (nyamuk) dari hewan-hewan pemangsa.

Solusinya adalah:
Pastikan selalu rawat tanaman-tanaman anda, basmi rumput-rumput liar dan letakkan tanaman-tanaman berdaun lebar maupun berdaun panjang sejauh mungkin dari ruangan rumah anda. Kemudian perhatikan pepohonan di sekitar rumah anda, silahkan tutup dengan plastik jika menemukan celah atau lubang yang cukup dalam untuk persembunyian nyamuk. 

Anda juga bisa menanam tanaman yang dibenci nyamuk di sekitar tanaman anda, seperti lavender, sarai wangi, akar wangi, selasih atau kecombrang.

4. Buat Sirkulasi Udara Rumah Menjadi Lancar


Tahukah Anda, nyamuk sangat senang berada di lingkungan yang lembab dan panas. Jadi, usahakan setiap ruangan rumah tidak ada yang lembab atau menyimpan barang yang membuat ruangan menjadi lembab. Karena hal itu akan membuat setiap ruangan rumah Anda terbebas dari nyamuk.

Solusinya adalah:
Perbaiki sirkulasi udara yang ada dirumah Anda, karena sirkulasi udara yang bagus dapat mengurangi kelembapan pada ruangan. Selain itu, Anda juga harus tahu, jika nyamuk tidak suka dengan kipas angin, ini karena nyamuk terlalu lemah untuk melawan hembusan angin. Usahakan ketika mengepel lantai rumah, maksimalkan sirkulasi udara agar lantai benar-benar kering dan tidak lembab.

5. Halangi Nyamuk Masuk ke Dalam Rumah


Nyamuk sangat pandai sekali memanfaatkan lubang-lubang kecil untuk masuk kedalam rumah. Oleh karena itu, periksa dengan seksama setiap celah-celah yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh nyamuk untuk masuk ke dalam rumah. Namun terlalu menutup rumah juga akan membuat rumah terasa gerah dan sirkulasi udara tidak maksimal.

Solusinya adalah:
Silahkan gunakan kawat kasa untuk menutupi jendela anda, gunakan juga pintu kasa yang melapisi pintu utama. Dengan demikian, ada bisa tetap membuka pintu dan kaca jendela lebar-lebar agar udara tetap sejuk, tanpa harus takut diserbu dengan nyamuk.

6. Hindari Genangan Air di Sekitar Rumah


Mungkin penyebab yang satu ini sudah banyak yang tahu, bahwa genangan air adalah satu-satunya media berkembang biak nyamuk. Tetapi tahukah anda, bahwa genangan kecil pun dengan ketinggian 1-2 cm di dalam botol plastik misalnya, sudah cukup untuk nyamuk berkembang biak.

Solusinya adalah:
Selalu membersihkan rumah dari sampah-sampah, khususnya sampah yang dapat berpotensi menampung air ketika hujan. Ingat 3M, Mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menampung air, Menguras Bak Mandi, dan Menutup penampungan air di dalam dan di sekitar rumah.

Setelah menghilangkan hal-hal yang disenangi oleh nyamuk, baik di dalam dan di luar rumah, selanjutnya bagaimana cara mengusir nyamuk agar minggat dari rumah Anda.

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Dan Aman


Dibandingkan dengan serangga lainnya, nyamuk lebih banyak berdampak negatif dari pada serangga lainnya. Penyebab kematian manusia, salah satunya juga disebabkan oleh nyamuk. Bukan hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia juga merasakan hal itu. Bahkan tersangka salah satu penyebab kematian juga sudah terkenal, di antaranya Nyamuk Demam Berdarah dan Nyamuk Malaria.

Ingat, waspadalah-waspadalah, pelaku kejahatan bukan hanya karena niat pelakunya, tetapi juga ada kesempatan. Begitu pula dengan nyamuk, ketika kita lengah dan ada kesempatan bagi nyamuk untuk menyerang kita, maka ia tidak akan menyia-nyiakan.

Mengetahui bahaya yang ditimbulkan oleh nyamuk, tentunya kita harus selalu waspada. Lalu apa yang harus kita lakukan? Yang harus kita lakukan adalah mengusir nyamuk yang ada disekitar kita. Lalu bagaimana cara mengusir nyamuk supaya tidak kembali lagi ke dalam rumah? Disini kami akan jelaskan mengenai bagaimana cara mengusir nyamuk dengan bahan alami dan tanpa bahan kimia.

1. Cara Mengusir Nyamuk Secara Tradisional


Mengusir nyamuk dengan alat-alat dan bahan-bahan yang tradisional tentu lebih aman, selain itu bahan-bahannya pun mudah untuk didapatkan, karena semuanya ada disekitar kita. Berikut alat atau bahan alami untuk mengusir nyamuk yang aman bagi keluarga.
  • Menggunakan Botol Plastik Bekas
  • Menggunakan Daun Serai
  • Menggunakan Larutan Vitamin C dan B2
  • Menggunakan Kulit jeruk yang kering
  • Menggunakan Daun Kemangi
  • Makan Bawang Putih
  • Menggunakan Warna Kuning
  • Menggunakan Minyak Kayu Putih
  • Gunakan Lilin Aromatherapy Rasa Lavender



a. Menggunakan Botol Plastik Bekas


Trik ini bisa anda gunakan hanya dengan mengandalkan botol yang sudah tidak terpakai lagi, caranya sangat mudah, berikut ini penjelasannya:
  • Pertama siapkan botol plastik bekas, lalu potong pada bagian atasnya (pada bagian yang melengkung) 
  • Kemudian tuangkan 200 ml air, gula dan garam  50 gram, pastikan airnya hangat agar gula dan garam dapat larut.
  • Selanjutnya biarkan hingga air kembali ke suhu normal dan tambahkan 1 gram gula lagi, tanpa diaduk.
  • Pasang kembali potongan botol dalam keadaan terbalik.
  • Terakhir, letakkan botol ini pada area yang banyak nyamuk, dan tunggulah beberapa saat, nyamuk yang masuk ke dalam botol tidak akan bisa keluar lagi.



b. Menggunakan Daun Serai


Bagi anda kaum perempuan pasti tidak asing lagi dengan tanaman ini, karena memang menjadi salah satu bumbu dapur. Jika anda jeli, bau tajam dari daun serai mampu mengusir nyamuk yang sangat menyebalkan. Jadi selain sebagai bumbu masakan, serai juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Berikut ini caranya:
  • Langkah pertama, ambil batang serai, jika anda tidak punya silahkan beli, kemudian disiangi dan buang yang bagian kering
  • Ketika hari sudah mulai malam, sekitar jam 5 sore, kita mulai aksi mengusir nyamuk dengan daun serai.
  • Seperti yang sudah kita tahu, nyamuk umumnya akan keluar ketika malam hari, kita harus menyiapkannya sebelum segerombolan nyamuk datang.
  • Kemudian batang serai yang sudah anda siapkan tadi potong kasar, lalu letakkan ke dalam wadah yang terbuka
  • Letakkan serai yang sudah dipotong kasar di dalam kamar, ruang tamu atau ruang-ruang yang Anda inginkan
  • Pastikan satu ruangan satu wadah yang berisi serai.



c. Menggunakan Larutan Vitamin C dan B2


Cara ini sama dengan menggunakan lition anti nyamuk yang dijual di toko-toko. Bedanya, Andalah yang membuatnya sendiri dan tidak menggunakan bahan kimia. Silahkan siapkan bahan-bahan yang mengandung vitamin C dan B2, seperti buah jeruk dan apel. Lalu blender semua bahan sampai halus seperti lition pada umumnya. Gunakan lition buatan Anda sebagai lapisan kulit dengan cara mengoleskannya di bagian tangan, kaki, wajah, dan kuit yang tidak terlindungi oleh kain baju yang Anda pakai.

d. Menggunakan Kulit jeruk yang kering


Kulit jeruk memiliki aroma yang dibenci oleh nyamuk. Coba teliti lagi, jenis aroma apa yang sering digunakan untuk produk lotion anti nyamuk, tentu salah satunya menggunakan aroma jeruk. Oleh sebab itu, jangan pernah menyepelekan kulit jeruk, karena kulit buah jeruk bisa anda gunakan sebagai obat anti nyamuk alami. Cukup letakkan kulit jeruk di ruangan yang banyak nyamuk, atau agar aroma kulit jeruk lebih maksimal coba untuk keluarkan cairan pada kulit jeruk ke dalam wadah yang digunakan.

e. Menggunakan Daun Kemangi


Daun kemangi biasanya digunakan oleh orang-orang sebagai temannya sambal atau lalapan. Namun tidak semua orang suka dengan daun ini. Dari pada tidak dimakan, mending dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk yang bandel. Caranya cukup oleskan kemangi kebagian yang anda inginkan seperti tangan, kaki, leher, dan semua bagian yang mungkin bisa dihinggapi oleh nyamuk. Untuk hasil yang maksimal, tumbuk terlebih dahulu, agar aroma daun kemangi menjadi lebih tajam.

f. Makan Bawang Putih


Mungkin mitos kalau vampir tidak suka dengan bau bawang putih, itu benar. Buktinya nyamuk tidak akan menggigit orang yang makan bawang putih, karena soal aroma itu nomor 2, yang terpenting adalah anda terbebas dari gigitan nyamuk.

g. Menggunakan Warna Kuning


Warna kuning ampuh untuk mengusir nyamuk yang berkeliaran dimana-mana. Silahkan gunakan slimut, gorden, baju yang berwarna kuning, dan tutup lampu dengan kertas warna kuning, dijamin cara ini membuat nyamuk kabur.

h. Menggunakan Minyak Kayu Putih


Aroma yang ditimbulkan oleh minyak kayu putih bisa membuat gerombolan nyamuk kabur. Karena nyamuk tidak menyukai bau dari minyak kayu putih, kenapa? Itu urusan nyamuk, yang penting kita terbebas dari gigitan nyamuk.

i. Gunakan Lilin Aromatherapy Rasa Lavender


Cara ini selain membuat hati dan fikiran anda tenang, lilin aromateraphy juga mampu mengusir nyamuk secara maksimal. Caranya, nyalakan lilin aromateraphy di ruangan seperti kamar tidur dan ruangan makan atau ruangan santai.

2. Mengusir Nyamuk Dengan Tanaman Yang Alami

  • Menggunakan Tanaman Marigold
  • Menggunakan Tanaman Zodia
  • Menggunakan Tanaman Kecombrang
  • Menggunakan Tanaman Rosemery
  • Menggunakan Tanaman Akar wangi
  • Menggunakan Tanaman Suren
  • Menggunakan tanaman Geranium



a. Menggunakan Tanaman Marigold


Memang sebagian orang nampak asing dengan tanaman ini. Masyarakat biasanya menyebutnya dengan bunga Gumitir. Tanaman ini mempunyai 2 jenis yaitu, bunga tagetes erecta dan tegetes patuta. Bunga Gumitir sangat disukai kupu-kupu, tetapi tidak dengan nyamuk, aroma yang keluar dari tanaman ini akan membuat nyamuk mabuk.

b. Menggunakan Tanaman Zodia


Tanaman ini mengandung rutaecarpine dan evodiamine yang dibenci oleh serangga termasuk nyamuk, tanaman ini juga biasa digunakan untuk obat gatal-gatal. Anda bisa menanam bunga Zodia di pot-pot depan rumah atau belakang rumah. Jika terkena angin, aroma dari tanaman Zodia akan keluar dan menyebar disekitar sudut-sudut rumah anda, sehingga nyamuk tidak akan berani masuk ke dalam rumah.

c. Menggunakan Tanaman Kecombrang


Nama lain dari tanaman Kecombrang adalah Honje atau Kantan. Tanaman ini sangat direkomendasikan untuk mengusir nyamuk. Selain itu, bentuk dan warna tanaman Honje sangat cantik dan indah, sehingga dapat digunakan sebagai tanaman hias. Oleh sebab itu, tanaman Kecombrang sangat direkomendasikan sebagai pengusir nyamuk, karena bukan hanya aromanya yang dibenci nyamuk tetapi juga dapat menambah keindahan rumah.


d. Menggunakan Tanaman Rosemery


Tanaman Rosemery mempunyai aroma seperti minyak kayu putih yang tidak disukai oleh nyamuk. Jadi sangat ampuh untuk membuat nyamuk enggan masuk ke dalam rumah, sehingga rumah dapat terbebas dari nyamuk. Tanaman ini bisa anda tanam di dalam pot atau ditanam langsung pada tanah.

e. Menggunakan Akar Wangi


Tanaman yang bisa mengusir nyamuk juga terdapat pada akar wangi. Tanaman ini tumbuh liar di alam, namun anda bisa menanamnya di dalam pot. Aroma tanaman Akar Wangi sangat tidak disukai oleh nyamuk, sehingga nyamuk tidak betah berlama-lama di dalam dan di sekitar rumah. Konon katanya, tanaman ini bisa digunakan untuk obat pencegah demam berdarah, karena aromanya tidak disukai oleh nyamuk.

f. Menggunakan Tanaman Suren


Salah satu zat yang dibenci oleh nyamuk yaitu zat surenolakton, surenin dan surenon. Zat-zat tersebut terdapat pada tanaman suren, sehingga sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Biasanya para petani menanam Suren di dekat tanaman mereka.

g. Menggunakan Tanaman Geranium


Tanaman ini juga disebut dengan tanaman Tapak Dara, yang mengandung zat sittonelol dan geraniol. Nyamuk akan menghindari tanaman yang mengandung zat sittonelol dan geraniol. Kedua zat tersebut sangat mudah tertiup angin, sehingga mudah juga untuk tersebar di area-area yang banyak nyamuk, anda bisa menanamnya di luar atau di dalam rumah.

Baca juga : Cara ampuh rumah terbebas dari cicak

Efeknya dari penjelasan trik atau cara membuat rumah terbebas dari nyamuk di atas adalah keluarga anda akan terbebas dari gigitan nyamuk serta bahan zat kimia yang berbahaya. Demikian sederet cara membuat rumah terbebas dari nyamuk dan dijamin nyamuk kabur dengan cara yang alami. Terakhir, sebelum anda menggunakan bahan-bahan kimia seperti spray dan obat-obatan anti nyamuk, cobalah dengan menggunakan cara di atas.

0 Response to "22 Cara Jitu Membuat Rumah Bebas Nyamuk dan Dijamin Nyamuk Kabur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel