-->

22 Trik Paling Jitu Mengusir Tikus Di Dalam Rumah

Tikus memang hewan yang paling menyebalkan jika berada di dalam rumah, karena hewan pengerat yang satu ini suka merusak, memakan, dan mengotori rumah. Tidak saja memakan makanan yang ada di atas meja, di beberapa kasus tikus bisa memakan kabel, sabun, pakaian dan masih banyak yang lainnya. Oleh sebab itu rumah harus bersih, karena tikus sangat senang dengan hal-hal yang kotor, kumuh, dan lembab. Selain itu perlu usaha yang benar untuk mengusir tikus dari rumah Anda.

Trik Mengusir Tikus di Dalam Rumah
Cara Mengusir Tikus di Dalam Rumah

Tips Cara Jitu Mengusir Tikus di Dalam Rumah


Ada banyak cara mengusir tikus di dalam rumah, dan sebaiknya mengusir tikus harus cepat dilakukan saat anda menyadari bahwa sedang ada tikus dirumah. Karena jika dibiarkan, tikus akan semakin bertambah banyak. Tikus dikenal dengan hewan yang mudah berkembang biak secara cepat, sehingga harus cepat ditangani. Jika memungkinkan, tangkaplah induk tikus terlebih dahulu, dengan begitu tikus akan tidak akan berkembang biak dengan cepat. Namun, jika mengusir tikus lebih efektif, tentu akan kami berikan cara atau trik mengusir tikus yang berkeliaran di dalam rumah.

1. Bersihkan Rumah



Hal yang sangat penting dan harus Anda lakukan agar tikus dan celurut tidak betah di dalam rumah adalah membersihkan rumah meliputi seluruh ruangan rumah dan sekitar rumah. Karena tikus senang dengan hal-hal yang kotor dan berbau busuk, maka usirlah tikus dengan menghilangkan suatu hal yang ia sukai. Contoh yang sangat sederhana, apakah di dalam rumah Anda terdapat kotak atau tempat sampah? Apakah setiap kali sampah menumpuk, Anda malas untuk membuangnya? Jika jawabannya benar, maka usahakan setiap hari selalu membuangnya di penampungan sampah.


Setelah membersihkan semua tempat yang ada di dalam dan di sekitar rumah, lihat hasilnya. Jika tikus masih saja bandel dan berkeliaran di dalam rumah, maka pakailah cara yang selanjutnya, yaitu dengan menggunakan salah satu bahan pengusir tikus di bawah ini.

2. Gunakan Kamper Pengusir Tikus


Kamper atau kapur barus sangat ampuh untuk mengusir tikus. Kamer pengusir tikus sangat mudah untuk didapatkan di toko terdekat atau supermarket. Setelah Anda mendapatkan kamper, taruh kamper ditempat yang sering didatangi atau dilewati tikus. Cara mengusir tikus dengan kamper sudah banyak direkomendasikan dan termasuk cara mengusir tikus dari rumah yang paling ampuh. Sebenarnya kamper atau kapur barus menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), tidak berbahaya bagi kesehatan. Tetapi untuk berhati-hati saja,  hindari menyentuh kamper ini dengan tangan kosong.

2. Taruh Amonia


Anomia juga salah satu bahan kimia untuk mengusir tikus. Caranya, silahkan campur 2 sendok deterjen, 1/4 gelas air, dan 2 cangkir amonia. Setelah itu, letakkan campuran cairan tadi ditempat yang sering di datangi tikus, karena bau amonia yang menyengat, tikus tidak akan tahan. PERINGATAN....! Jika menggunakan cairan anomia, harus berhati-hati. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hindari kontak langsung dengan bahan anomia.

3. Minyak Peppermint


Minyak peppermint bisa digunakan untuk mengusir tikus, karena hewan yang satu ini tidak akan tahan dengan baunya. Cara mengusir tikus dari rumah menggunakan minyak peppermint adalah buatlah kapas dibentuk seperti bola-bola, kemudian celupkan kapas ini ke dalam minyak peppermint. Setelah itu, taruh kapas yang sudah dicelupkan peppermint, ditempat yang sering didatangi tikus. Sekilas Info, jika Pembaca belum mengetahui minyak peppermint itu apa? Jawabannya adalah minyak yang biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti, melegakan hidung tersumbat, meringankan sakit kepala, dan lain-lain.

4. Bulu Burung Hantu Atau Ular Plastik


Cara selanjutnya untuk mengusir tikus yang merajalela adalah dengan benda-benda yang ditakuti olehnya. Tikus takut dengan bulu burung hantu, jika anda menemukan lubang persembunyian tikus, cobalah untuk menaruh bulu burung hantu di dalam lubang tersebut. Tetapi kalau tidak menemukan lubang atau sarang tikus di dalam rumah, taruh ulat plastik di sekitar rumah agar tikus yang ada di halaman dapat disingkirkan.

5. Taburkan Lada di Sudut Ruangan


Bau menyengat yang ditimbulkan lada bukan hanya bisa membuat hidung manusia gatal, tetapi juga bisa mengusir tikus yang membandel. Caranya, cukup taburkan lada di beberapa sudut yang biasa dilewati tikus dan sarang tikus. Kemudian anda akan melihat hasilnya.

6. Gunakan Daun Salam


Tikus memang pemakan makanan apa saja, termasuk daun salam. Tetapi ketika tikus memakan daun salam, hal itu memang benar-benar membunuh mereka. Caranya, silahkan taruh saja daun salam ke tempat yang sering didatangi tikus, lakukan cara ini ke tempat-tempat lain sampai tikus benar-benar habis.

7. Membuat Perangkap Sendiri


Membuat perangkap sendiri merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menyingkirkan tikus. Anda bisa menggunakan selai kacang dan keju kesukaannya sebagai pemancing. Banyak sekali alat untuk menangkap tikus, namun cara ini kurang efektif, karena anak atau bayi tikus masih sulit ditangkap karena mereka jarang ke luas sarang.

8. Rambut Manusia


Cara ini mungkin akan terdengar sangat aneh, tapi tikus memang tidak tahan melihat rambut manusia. Cara menggunakan rambut agar tikus dapat dibasmi adalah, taruh saja rambut ke dalam lubang tikus, kemudian tikus akan makan rambut dan kemudian tikus akan segera mati

9. Kotoran Sapi


Bau kotoran sapi mungkin akan sangat menyengat, tetapi kotoran sapi merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah hewan pengerat tersebut masuk ke dalam rumah kita. Silahkan ambil saja kotoran sapi kemudian sebarkan ke samping-samping rumah. Cara yang satu ini memang agak ekstrim, tetapi jika cara-cara yang lain belum berhasil apa boleh buat. Jika cara ini kurang anda sukai, sebaiknya menggunakan cara yang lain.

10. Menggunakan Suara Bising


Suara saja mungkin tidak akan berpengaruh bagi tikus, tapi suara yang bising akan membuat telinga tikus berdarah. Jadi wajar saja kalau tikus suka sekali di area-area yang gelap dan kotor, karena area yang kotor dan gelap memang terasa sunyi.

11. Tabur Bedak Bayi


Meskipun cara ini tidak efektif, namun ada boleh mencobanya sesekali untuk mengunakan bedak bayi sebagai penangkal tikus. Caranya, silahkan anda taburkan bedak bayi di sudut-sudut yang sering di lewati tikus. Dari beberapa sumber, bedak bayi ternyata bisa membunuh tikus.

12. Steel Wool


Ingin menyingkirkan tikus yang ada di dinding rumah anda? Cobalah untuk menciptakan hambatan menggunakan steel wool di tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Steel wool adalah lilitan besi yang biasanya digunakan untuk mencuci piring.

13. Dengan Cangkang Telur


Cara mengusir tikus dengan cangkang telur atau kulit telur juga sangat efektif. Caranya adalah dengan menyisihkan kulit telur sebanyak-banyaknya, lalu haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk. Nah, bubuk inilah yang akan membunuh tikus, tikus akan langsung menggeliat, bergerak random beberapa saat, berputar-putar dan berbalik, hingga akhirnya akan mati. Cara ini selain untuk mengusir tikus, juga ampuh untuk membasmi tikus.

Anda bisa menaburkan cangkang telur ini ditempat yang sering dilewati tikus atau di plafon. Kulit telur ternyata memiliki kapur yang menyusun 9-12% dari berat telur secara total, kandungannya 94% kalsium karbohidrat, 1% magnesium karbonat, 1% kalsium fosfor dan 4% bahan organik terutama protein.

14. Cara Mengusir Tikus Dengan Cuka


Jika anda belum mencoba mengusir tikus dengan menggunakan cuka, berikut ini kami akan membantu anda bagaimana cara melakukannya. Cara mengusir tikus dengan menggunakan cuka dianggap sebagai metode yang cukup ampuh. Bahan atau alat yang perlu anda siapkan adalah sarung tangan plastik, kapas bola, dan mangkuk.
  • Pertama yang harus anda lalukan adalah, periksa sudut rumah, temukan semua hal yang bisa mengundang tikus masuk ke dalam rumah. Seperti bekas sisa makanan yang terjatuh, bekas air sirup atau air kemasan yang tumpah dan belum sempat dibersihkan. Cari semua hal tersebut disetiap sudut dan celah ruangan yang ada di rumah anda, terutama bagian dapur. Setelah itu bersihkan semua daerah tersebut menggunakan cuka, kemudian bilas dengan menggunakan air.
  • Langkah yang selanjutnya, ambil bola kapas yang sudah anda siapkan tadi, kemudian siram sedikit air cuka, jangan lupa pastikan anda sudah menggunakan sarung tangan plastik yang sudah anda siapkan tadi. Lalu taruh bola kapas tersebut satu-persatu di setiap area yang dicurigai sebagai jalur keluar masuk tikus. Jangan sampai ada sedikitpun yang terlewatkan, lubang sekecil pun bila dicurigai sebagai jalur masuk keluarnya tikus yang sangat menjijikkan ini.
  • Selanjutnya, kontrol kapas-kapas yang sudah anda taruh di area-area yang menjadi keluar masuknya tikus tadi. Jika mendapati bola kapas yang sudah mengering dan aroma cuka sudah hilang, maka langsung buang saja bola kapas tersebut, kemudian ganti bola kapas yang baru dan dengan dilumuri cuka.
  • Kemudian dari cara ampuh mengusir tikus ini yang dilakukan selanjutnya yaitu mengontrol keadaan setelah memasang bola kapas yang sudah diberi cuka sebelumnya. Apakah ada perubahan setelah semua sudut dikasih bola kapas yang telah dilumuri dengan cuka? Syukurlah jika memang sudah ada perubahan, tidak ada seekor tikus lagi yang berkeliaran dirumah tercinta anda, itu tandanya metode ini sudah behasil.
  • Tetapi jika anda masih melihat tikus berkeliaran padahal sudah melakukan metode ini, maka periksa kembali bola kapasnya yang sudah kering, mungkin anda lupa untuk menggantinya, atau bisa juga anda mengontrol lubang-lubang yang mungkin terlewati.


    15. Bubuk Kopi Untuk Samarkan Indra Penciuman Tikus



    Hampir setiap rumah mempunyai bubuk kopi dan kenapa harus kopi? Karena tikus ternyata mempunyai indra pencium yang tajam. Seekor tikus selalu menggunakan indra penciuman untuk melacak jejak yang ditinggalkannya. Aroma ini yang dihindari tikus, caranya yaitu: cukup dengan menaburkan bubuk kopi di area-area yang sering dilewati oleh tikus. Jangan lupa ya, bubuk kopi yang digunakan harus bubuk kopi hitam.

    16. Tikus akan Kabur Dengan Buah Mengkudu


    Tips mengusir tikus yang selanjutnya yaitu menggunakan buah mengkudu. Potong-potong mengkudu, kemudian taruh mengkudu ditempat-tempat yang menjadi sarang tikus, kemudian segera ganti potongan mengkudu tersebut jika sudah mengering. Lakukan secara rutin sampai tikus benar-benar kapok.

    17. Bawang Putih Bumbu Dapur Yang Sangat Dibenci Tikus


    Banyak orang yang menganggap bawang putih mampu mengusir vampir, hahaha.... dan ternyata tikus juga bisa loh... Jika penasaran, segara iris-iris bawang putih, kemudian bungkus bawang putih dengan menggunakan kain kasa. Setelah itu, letakkan irisan bawang putih yang dibungkus kain kasa di area yang sering dilalui oleh tikus. Kemudian diamkan untuk beberapa hari, dan tikus tidak akan berani kembali lagi

    18. Daun Mint


    Caranya sangat mudah sekali, siapkan daun mint dan air secukupnya. Blender dan semprotkan ke sudut-sudut rumah anda. Tikus tidak akan suka dengan bau yang dihasilkan oleh daun mint.

    19. Sobek daun sirsak dan lihat apa yang terjadi


    Daun sirsak ternyata mengandung zat perangsang yang mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh tikus. Cara menggunakannya sama dengan daun mint, yaitu  cukup dengan menghaluskan daun sirsak dengan menggunakan air. Kemudian taruh dalam wadah, lalu taruh ke area yang sering di datangi tikus, atau bisa juga dengan menyobek-nyobek saja daun sirsak. Dan tikus pasti akan kabur karena benci dengan aroma yang keluar dari sobekan dau sirsak.

    20. Merica yang sangat dibenci tikus


    Kali ini kita akan menggunakan merica bubuk, tidak hanya tikus, indra penciuman anda juga bisa terganggu dengan aroma merica. Coba anda bayangkan, tikus yang memiliki penciuman sensitif tentu akan kabur, karena bumbu dapur yang satu ini memiliki aroma yang pedas. Hal ini tentu sangat tidak disukai oleh tikus. Caranya sangat mudah, cukup anda menaburkan merica bubuk di sudut-sudut rumah anda.

    21. Cengkeh yang sangat tidak disukai tikus


    Aroma wangi yang dihasilkan cengkeh menjadi salah satu yang paling dibenci oleh tikus. Caranya yaitu, bungkus cengkeh dengan kain kasa, lalu letakkan bungkusan tersebut di setiap sarang tikus atau di sudut-sudut rumah anda.

    22. Aroma kulit jengkol ternyata tidak disukai tikus


    Jengkol bukan hanya enak, ternyata kulit jengkol bisa dimanfaatkan untuk membasmi tikus. Caranya yaitu, blender kulit jengkol dengan air secukupnya, lalu semprotkan ke sarang tikus dirumah anda. Dijamin tikus akan pergi dan tak mau kembali lagi.

    Cara Mengusir Tikus Di Plafon Rumah


    Cara mengusir tikus yang ada di dalam plafon rumah sebenarnya sangat mudah sekali. Yang harus anda lakukan yaitu, dengan menaruh benda-benda atau apa saja yang tidak disukai oleh tikus. Salah satu benda yang tidak disukai oleh tikus adalah lingkungan yang bersih dan wangi. Oleh sebab itu, anda harus membersihkan plafon terlebih dahulu. Tidak perlu bersih sampai mengkilap, setidaknya tidak ada sampah yang tertinggal diatas plafon, biasanya tikus sendiri yang membawa sampah ke atas plafon untuk dijadikan sarang.

    Kemudian silahkan anda taburkan kapur yang memiliki aroma yang sangat kuat atau menyengat. Tikus biasanya tidak suka dengan aroma wangi, sehingga mereka akan cenderung menghindari daerah yang diberi kapur barus. Anda juga bisa meletakkan di spot, khusus sabun racun tikus berbentuk batang kemudian potong kecil-kecil sesuai kapasitas tikus.

    Racun tersebut sudah diracik dan sangat disukai oleh tikus sebab aromanya, sehingga tikus akan kebingungan mencari tempat karena semua sudut sudah anda beri kapur. Maka dia akan menghampiri spot tadi untuk berdiam, dan ditambah lagi spot tersebut sudah anda tambahkan racun yang berbentuk coklat.

    Baca juga : Agar rumah terbebas dari sarang laba-laba

    Racun tersebut jika dimakan akan bereaksi dengan cara membuat tikus haus, kemudian tikus akan berusaha mencari minum. Nah... saat itulah, racun akan bekerja usai terkena oleh air. Tikus yang terkena racun akan mati di dekat sumber air, sehingga tidak membusuk diatas plafon.

    Cara Yang Ampuh Mengusir Tikus Dalam Mobil


    Cara mengusir tikus dalam mobil sebenarnya sama dengan cara mengusir tikus yang ada di dalam rumah. Pada dasarnya tikus tidak suka dengan bau yang menyengat atau bau yang wangi. Anda bisa memasang pewangi atau kapur barus di mesin mobil.

    Hal ini karena tikus tidak suka dengan aroma wangi-wangian. Kemudian pastikan anda tidak selalu lupa untuk membersihkan mobil serta kolong spakbor agar tikus enggan bersarang. Anda juga bisa menggunakan pewangi pakaian yang sudah terbungkus sejenis kertas tipis, harganya cukup murah dan efektif menghilangkan bau tak sedap. Pewangi ini akan membuat tikus malas mendekat dan dijamin tikus tidak akan berani mendekat.

    Baca juga : Cara mudah dan jutu rumah babas dari kecoa

    Itulah tadi beragam cara mengusir tikus yang mudah dan ampuh, sehingga anda akan nyaman dan terbebas dari bau kencing tikus yang tidak sedap. Selamat mencoba, semoga berhasil.

    0 Response to "22 Trik Paling Jitu Mengusir Tikus Di Dalam Rumah"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel