-->

24 Trik Mudah dan Cerdas Agar Rumah Tidak Panas Dan Selalu Sejuk

Suhu udara yang panas membuat tubuh kita terasa gerah dan panas mengakibatkan kita merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Saat musim hujan masalah ini tidak menjadi kendala karena suhu udara cenderung dingin. Karakter utama negara tropis akan menjadi masalah ketika musim kemarau sudah tiba. Saat suhu udara sedang tinggi-tingginya bukan hanya di siang hari, bahkan di malam hari pun keringat bisa keluar semua. Berikut ini kami akan membahas tentang bagai mana cara membuat rumah agar tidak panas dan selalu sejuk.

Cara Membuat Rumah Menjadi Sejuk dan Tidak Panas


Trik Agar Rumah Sejuk dan Tidak Panas
Gambar Rumah Yang Sejuk dan Tidak Panas
Rumah dengan nuansa yang sejuk merupakan idaman semua orang. Apalagi cuaca sekarang ini di Indonesia semakin panas, karena pengaruh tingginya pemanasan global. Terlebih lagi, Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat beriklim panas. Rumah merupakan tempat untuk kita berteduh,  setelah aktivitas seharian, dan tentu ini sangat wajar kalau rumah memberikan kenyamanan untuk beristirahat. Namun apa jadinya bila rumah anda panas dan tidak sejuk? Hal ini akan sangat meresahkan Anda. Solusi agar rumah menjadi sejuk adalah dengan mengikuti trik-trik yang akan kita bahas dibawah ini:

1. Memasang Kerai Bambu


Di saat udara panas, kita cenderung membuka semua jendela di rumah dengan harapan agar angin masuk dan bisa menyejukkan rumah. Namun yang terjadi adalah udara panas yang masuk, sehingga suhu ruangan semakin bertambah panas. Hal semacam ini bisa anda atasi dengan memasang kerai yang terbuat dari bambu di semua jendela. Udara yang mengalir dan masuk melalui sela-sela kerai akan terasa lebih sejuk dan suhu ruangan pun akan terasa lebih nyaman.

2. Ventilasi Silang


Ventilasi silang merupakan suatu ruangan yang mempunyai bukaan lebih dari satu di dalamnya. Posisinya saling berhadapan satu sama yang lain. Bukaan ini bisa berbentuk jendela atau pintu yang posisinya dapat berada pada dinding atau pun atap ceiling.

Fungsi utama dari ventilasi silang adalah udara dalam ruangan akan mengalir secara teratur tanpa berhenti. Selain itu, juga dapat menjaga ruangan akan selalu mendapatkan udara yang bersih. Udara kotor yang masuk dalam rumah akan terus berganti dengan udara yang bersih, karena perputaran udara yang terus bergerak. 

3. Tanaman Depan Jendela


Salah satu penyebab kenapa banyak diantara mereka orang perkotaan suka dengan lingkungan rumah pedesaan karena nuansa yang sejuk. Semua itu tentu ada alasannya, karena rumah di pedesaan kebanyakan di kelilingi oleh berbagai tanaman. Maka dari itu, nuansa rumah jadi terasa dingin dan sejuk. Jadi, usahakan mulai sekarang tanamlah berbagai tanaman di sekitar rumah anda. Hal itu akan sangat berguna untuk membuat nuansa rumah menjadi sejuk. Bila perlu, buatlah tempat khusus untuk anda jadikan tanaman internal rumah.

4. Cat Atap Berwarna Putih


Cara ini digunakan berdasarkan pengamatan, bahwa salju cenderung memantulkan sinar ultraviolet bila dibandingkan dengan laut yang cenderung menyerap panas. Oleh karena itu, bisa kita fahami mengapa banyak negara mencemaskan fenomena melelehnya daratan es di Kutub Utara dan Selatan. Sebagian mancanegara berupaya mengatasi berkurannya daratan es dengan cara mengecat atap rumah mereka dengan warna putih. Cara ini diyakini dapat memantulkan panas dan mengurangi  pemanasan global.

5. Menghias Dinding Dengan Taman Vertikal


Cara ini sudah banyak dilakukan oleh gedung-gedung yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Tanaman vertikal dipasang di dinding-dinding gedung bertingkat agar tidak memantulkan udara panas di sekelilingnya. Jika rumah Anda dikelilingi dinding tinggi yang menyilaukan mata bila terkena cahaya, cobalah untuk menanam tanaman di dinding rumah anda.

6. Hindari Penggunaan Air Secara Berlebihan Saat Musim Panas


Saat matahari sedang panas-panasnya, suhu air pun akan meningkat, demikian pula air yang ada di dalam rumah anda. Akibat terkena panas sinar matahari, air yang dialirkan dari tangki mengandung uap air yang membentuk kelembapan di dalam rumah. Itu menyebabkan suhu ruangan akan bertambah panas dan gerah. Oleh sebab itu, jangan mandi atau mencuci di siang hari jika Anda menggunakan tangki air.


7. Buka Pintu di Dalam Rumah


Kita cenderung menutup pintu-pintu yang ada di dalam rumah. Hal ini justru membuat suhu ruangan bertambah panas akibat udara yang terjebak di dalam ruangan,  jika pintu tidak dibuka. Atasi hal ini dengan membuka semua pintu dan jendela yang menghadap ke dalam, misalnya kamar mandi, kamar tidur dan lainnya. Dengan cara ini, udara di ruangan akan terus bergerak dan suasana rumah pun akan terasa lebih sejuk.

8. Mengelola Penggunaan Elektronik


Ganti lampu rumah Anda dengan lampu LED yang menghasilkan sedikit panas dari pada lampu konvensional. Matikan lampu komputer dan televisi jika sudah tidak digunakan lagi. Karena perangkat elektronik juga mampu memproduksi panas jika sedang menyala. Jangan terlalu sering membuka pintu kulkas, meski suhu ruang sedang panas. Pintu kulkas yang dibiarkan terbuka justru akan memproduksi panas lebih besar karena motor lemari pendingin dipaksa bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu dingin dalam lemari es. Akibatnya suhu disekitar kulkas akan menjadi lebih panas.

9. Meletakkan Tanaman Di Teras Atau di Balkon


Menanam tanaman di atas balkon juga bisa membantu menurunkan suhu ruangan. Namun harus tanaman suhungguhan ya, bukan tanaman artifisal. Sebab, tanah yang kita gunakan sebagai media tanam ternyata memiliki sifat menyerap panas sinar matahari. Dengan cara menanam tanaman di pot dan diletakkan di teras, maka ruangan di atap teras atau ruangan yang terdapat tanaman akan terasa sejuk.

10. Menanam Pohon


Mengapa planet Bumi semakin panas? Karena disebabkan oleh pepohonan yang semakin berkurang. Tanamlah sebatang pohon di halaman atau dibelakang rumah, dengan berlalunya waktu, pohon itu akan semakin tumbuh dan besar. Daun-daunnya akan membantu menghalangi paparan sinar matahari secara langsung. Pada siang hari pohon akan menyerap karbondioksidan dan melepaskan oksigen, sehingga suhu udara di sekelilingnya akan menjadi lebih sejuk. Kemudian pastikan anda jangan lupa untuk merawatnya setiap hari, agar ranting-ranting tidak mengotori rumah Anda.

11. Membuat Kolam


Adanya kolam ikan akan membuat taman di sekeliling rumah menjadi lebih indah. Selain itu juga, unsur air selalu menghasilkan suasana yang lebih sejuk dan menyegarkan. Anda juga bisa membuat kolam renang di belakang rumah, agar rumah terasa dingin dan nyaman.

12. Lepas Kabel Listrik yang Tidak Terpakai


Berbagai macam kabel barang elektronik yang ada pada steker akan memproduksi panas. Jika kabel tersebut dibiarkan terpasang tapi tidak digunakan, tentu listrik akan terus mengalir, sehingga akan mempengaruhi suhu di dalam rumah. Meski hal ini tampak sederhana, namun juga bisa berpengaruh pada suhu ruangan di rumah Anda.

13. Matikan Lampu dan Gunakan Pencahayaan yang Alami


Lampu juga dapat menghasilkan panas, meski memberikan penerangan yang cukup untuk ruangan. Namun jika tidak diperlukan, tentu ada baiknya dimatikan saja. Manfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari ketika siang hari. Sebab, mematikan lampu di siang hari, selain mengurangi suhu panas, juga merupakan salah satu trik dalam menghemat listrik.

14. Ganti Sprei Dengan Kain yang Adem


Ketika tidur di siang hari dalam keadaan cuaca panas, kadang akan terasa sumpek dan gerah. Spray yang belum diganti mungkin bisa menjadi salah satu masalahnya. Segera ganti alas kasur dengan bahan kain yang adem agar  ruangan terasa lebih fresh, dan tidur pun akan terasa nyaman.

15. Buka Jendela Sebelum Tidur


Udara yang panas di dalam rumah bisa anda turunkan suhunya dengan berbagai cara, salah satunya yaitu, dengan membuka jendela. Walaupun saat malam hari, udara terkadang akan terasa panas. Oleh sebab itu, solusinya adalah, buka jendela kamar Anda sebelum tidur malam, agar udara yang ada di ruangan keluar dan diganti dengan udara yang baru. Pastikan juga bahwa nyamuk jangan sampai masuk, karena jika nyamuk masuk, ini akan mempersulit anda saat tidur karena gigitannya. Jika nyamuk sudah terlanjur masuk ke dalam kamar sebaiknya Anda mengetahui tentang Cara membuat rumah bebas nyamuk secara alami.

16. Penggunaan Kaca Film


Pilihlah kaca film yang sesuai dengan kebutuhan anda, yaitu yang dapat memfilter sinar matahari sebelum menembus langsung ke ruangan. Mengingat banyak sekali kaca yang beredar di pasar-pasar, sehingga mudah untuk didapatkan. Saat ini, penerapan kaca film lebih banyak digunakan karena  lebih ramah lingkungan.

17. Penggunaan Dinding Styrofoam


Cara mengatasi udara panas di dalam rumah agar menjadi sejuk yaitu, dengan menggunakan struktur styrofom yang terdiri dari butiran yang tidak dapat menimbulkan panas. Styrofom memiliki fungsi sangat baik sebagai isolasi internal meredam panas yang ada di ruangan.


18. Perencanaan Plafon yang Tinggi


Membuat rumah dengan plafon yang tinggi akan membuat aliran udara di dalam rumah dapat mengalir lebih luas, sehingga temperatur di dalam ruangan akan menjadi lebih sejuk. Sedangkan plafon yang rendah akan membuat ruangan menjadi pengap dan sempit. Tentu ruangan yang pengap karena plafon yang rendah tidak nyaman bagi Anda jika musim panas datang.

19. Pemilihan Material Bangunan yang Tepat Untuk Menahan Panas


Mulailah untuk memilih material elemen bangunan yang dapat mengurangi penyerapan panas di dalam ruangan. Atap dan jendela merupakan elemen yang paling penting dalam menciptakan kenyamanan di dalam rumah. Jika Anda salah memilih material jendela dan peletakkannya salah, maka akan menyebabkan rumah menjadi terasa panas dan jauh dari kenyamanan.

20. Konsep Desain Rumah yang Terbuka


Konsep rumah yang terbuka bisa digunakan sebagai solusi untuk mengatasi udara yang panas di dalam rumah. Rumah dengan konsep yang terbuka akan membuat udara semakin bebas mengalir disetiap sudut. Tentunya hal semacam ini akan membuat Anda lebih nyaman dan terhindar dari kecemasan.

21. Perhatikan Faktor Kelembapan


Kelembapan yang terlalu tinggi di dalam rumah akan berpengaruh terhadap temperatur ruangan, karena akan menjadikan ruangan terasa gelap. Sebaiknya jika akan melakukan aktivitas mencuci, lakukanlah hanya setiap pagi dan sore hari  saja.

22. Rubah Arah Putaran Kipas Angin


Jika Anda merubah putaran kipas angin di ruangan yang berlawanan, akan dapat membuat udara ruangan menjadi lebih sejuk dan dingin.

23. Membeli Atau Membuat Rumah Yang Menghadap Ke Arah Utara Atau Selatan


Untuk langkah awal dalam perencanaan membangun rumah idaman, pilihlah rumah yang menghadap utara atau selatan. Hal ini sangat berpengaruh agar bagian depan rumah tidak tersengat cahaya matahari di waktu sore dan pagi hari secara langsung.

24. Ganti Warna Rumah dengan warna-warna yang sejuk


Warna cat dinding rumah ternyata juga sangat mempengaruhi sejuk tidaknya rumah anda. Coba anda bandingkan rumah yang dicat warna hijau tua dengan rumah yang dicat hijau muda. Anda pastikan secara langsung, maka akan lebih terasa sejuk dengan rumah cat warna hijau muda. Karena warna tembok hijau muda akan memberikan efek yang sejuk. Untuk itu, pilihlah warna dengan nuansa yang kalem dan tidak terlalu mencolok untuk membuat rumah anda menjadi lebih sejuk.

Baca juga : Cara mudah membuat rumah terlihat asri

Demikian pembahasan mengenai trik mudah dan cerdas agar rumah tidak panas dan selalu sejuk, semoga bermanfaat dan pembaca mendapatkan solusi dan berhasil dalam mengatasi rumah yang terasa panas.

0 Response to "24 Trik Mudah dan Cerdas Agar Rumah Tidak Panas Dan Selalu Sejuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel