-->

Awas ! 6 Bahaya Junk Food Untuk Kesehatan Anak-Anak

Bahaya Junk Food Untuk Anak - Makanan yang biasa disebut dengan "junk food" adalah makanan yang sangat menarik karena berbagai alasan bisa dilihat dari bentuknya, rasa dan harga. Makanan junk food ini terasa lebih nikmat dibandingkan makanan yang dibuat sendiri di rumah karena makanan junk food ini biasanya menggunakan bahan-bahan makanan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. 
Junk Food Untuk Kesehatan Anak-Anak
Ilustrasi Bahaya Junk Food
Apalagi untuk anak-anak kita sebagai orang tua tentu harus memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh anak kita, tidak seperti makanan junk food ini. Makanan ini sering sekali disebut banyak orang dengan makanan "Sampah" kenapa bisa begitu? karena makanan junk food ini tidak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita terutama anak-anak.

Makanan junk food ini banyak sekali tersedia di resto-resto atau di tempat perbelanjaan seperti supermarket, bahkan sekarang banyak juga makanan jenis junk food yang tersedia di pinggir-pinggir jalan dengan kemasan yang menarik pembeli khususnya anak-anak.

Junk food ini bisanya dijual dengan menggunakan gerobak-gerobak yang di desain sebaik mungkin menarik pembeli. Ada juga pedagang junk food yang di pinggir jalan yang sebisa mungkin membuat pelanggan terasa nyaman dengan menyediakan kursi-kursi dan meja untuk bersantai dengan menikmati makanan yang satu ini.

Terlepas dari itu semua anda juga harus paham tentang bahayanya junk food bagi kesehatan kita, terlebih lagi bagi anak-anak yang sangat mengganggu perkembangan dan kesehatannya. Mungkin dampaknya tidak akan terasa secara langsung tetapi nanti beberapa tahun kemudian anak-anak Anda akan merasakan dampak dari seringnya anda membiarkan mereka mengkonsumsi junk food ini.
Nah yang jadi pertanyaan apa si bahaya yang ditimbulkan ketika anak sering mengkonsumsi junk food?

Sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban untuk menjaga agar anak selalu sehat. Usaha yang dapat dilakukan adalah memberikan makanan sehat dan mencegah anak mengkonsumsi junk food.Bagi anda yang belum tahu tentang bahaya junk food bagi kesehatan anak-anak, di sini kami akan membagikannya diantaranya sebagai berikut :

Dampak Buruk Sering Makan Junk Food


1. Resiko kegemukan atau obesitas pada anak-anak


Peningkatan berat badan merupakan dampak dari kebiasaan jajan di luar rumah. Makanan junk food sering kali miliki kadar gula dan lemak yang tinggi dan melebihi dari kebutuhan tubuh sehingga akan menyebabkan penyakit kronis ketika mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Berat badan yang berlebihan juga akan mengganggu kepercayaan diri pada anak karena biasanya anak akan sering dibully dan jika Anda biarkan lama-lama akan memicu depresi pada anak. 

2. Akan mengalami penurunan prestasi belajar


Studi yang dilakukan di Amerika Serikat mengatakan bahwa anak yang mengkonsumsi makanan junk food pada kelas 5  mengalami penurunan akademik dalam bidang membaca, ilmu sains, matematika saat berada di kelas 8. Hasil tes ini lebih rendah kurang lenih 20 % dibandingkan anak-anak yang tidak mengkonsumsi makanan jenis junk food. 

Karena makanan junk food ini tidak mengandung nutrisi yang lengkap yang dibutuhkan oleh anak untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satu zat penting yang dibutuhkan anak adalah zat besi yang berperan penting dalam kemampuan berfikir otak dan fungsi kecerdasaan lainnya. Untuk makanan yang memiliki kadar gula dan lemak tinggi seperti junk food bisa merusak fungsi memori dan proses belajar anak. 

3. Dapat mempengaruhi kesehatan mental anak


Banyak yang setuju kalau makanan junk food memiliki rasa yang enak dan disukai oleh semua kalangan khususnya anak-anak. Sekarang tahukah Anda bahaya junk food yang ternyata dapat membuat mental dan emosi anak menjadi terganggu. Pernyataan ini didapat dari beberapa hasil penelitian yang telah menunjukkan bahwa memang junk food bisa mempengaruhi kesehatan mental.

Berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan oleh Deakin University, Melboure Australia, dalam penelitian ini diketahui bahwa seorang ibu hamil yang biasa mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food ini maka anak akan mengalami gangguan mental dan emosional ketika dia lahir.

4. Dapat mengganggu sistem ingatan pada anak


Beberapa studi menunjukkan bahwa orang sehat yang mengkonsumsi junk food selama lebih dari 5 hari maka akan berdampak buruk pada hati, kecepatan dan sensitivitasnya. Jika ini dilakukan terus menerus akan membahayakan ingatan Anda karena pola makan yang buruk bisa menyebabkan reaksi kimia tertentu yang menyebabkan peradangan pada otak yang berhubungan pada ingatan.

5. Tidak adanya kesabaran dan kecanduan


Makanan Junk food merupakan makanan yang dipenuhi dengan karbohidrat olahan yang mengubah tingkat gula darah. Jika kadar gula rendah maka akan menyebabkan kelelahan, kecemasan. Pernahkan Anda mengalami anak yang susah untuk makan dan akan memilih junk food sebagai pengganti makanannya. Jika ini terjadi pada anak Anda tentunya akan sulit untuk memintanya agar mengkonsumsi makanan yang bergizi, oleh karena itu cegah konsumsi junk food secara berlebihan sejak dini agar tidak menjadi kebiasaan. 

6. Menurunkan sistem kekebalan tubuh


Dengan banyaknya mengkonsumsi junk food ini tentunya anak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya dan akibatnya sistem kekebalan tubuh akan menjadi menurun kemudian akan membuat anak mudah sakit dan terserang radikal bebas dan sering sakit.

Cara Agar Anak Tidak Sering Makan Junk food


Di bawah ini adalah beberapa cara supaya anak tidak terlalu sering mengkonsumsi junk food diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Menyiapkan camilan yang sehat


Dengan menghidangkan makanan sehat atau cemilan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi seperti buah-buahan, sayuran keju, biskuit gandum adalah cara yang tepat untuk anda supaya anak lupa dengan kebiasaannya mengkonsumsi makanan junk food. Anak-anak membutukan asupan vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari sayur dan buah untuk pertumbuhannya.

Tempatkan camilan-camilan yang sehat ini di meja agar mudah untuk dijangkau, atau bisa juga tempatkan camilan ini di dekat tempat bermainnya hal ini karena anak-anak cenderung ingin makan apa yang ada di depan mereka, dan saat mereka lapar mereka akan mudah untuk mengambilnya.

2. Jangan jadikan junk food sebagai hadiah


Jangan pernah menggunakan junk food sebagai tawar-menawar dan memberikan hadiah junk food pada anak. Dengan memberikannya satu kali saja maka hal tersebut akan menambah daya tarik mereka terhadap makanan junk food itu sendiri. Sebaiknya hindari cara-cara seperti ini.

3. Memberi contoh dari diri sendiri


Ada istilah yang mengatakan bahwa orang tua adalah madrasah pertama pada anak-anaknya. Anak akan belajar dengan melihat apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jika Anda tidak mau anak anda makan makanan junk food tentunya Anda juga harus menahan diri untuk tidak memakannya.

4. Memberi pengertian tentang bahayanya junk food


Dengan memberi pengertian tentang bahayanya junk food untuk kesehatannya tentu anak akan berfikir ulang untuk memakan makanan junk food ini. Anda alihkan perhatian makanan junk food ini ke makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan yang tentunya lebih segar dan lebih sehat. Berikan penjelasan tentang manfaat mengkonsumsi buah untuk kesehatannya. Semuanya tidak terlepas dari lingkungan rumah Anda dan lingkungan teman-teman anak anda oleh karena itu Anda harus cerdas dalam menyikapinya.

Itulah tadi beberapa bahaya mengkonsumsi junk food untuk kesehatan anak-anak dan beberapa solusi cerdas supaya anak tidak lagi mengkonsumsi junk food. Jagalah kesehatan anak anda dengan memperhatikan makanan yang sering ia konsumsi baik di rumah, di sekolahan, bahkan saat bermain bersama dengan teman-temannya.

2 Responses to "Awas ! 6 Bahaya Junk Food Untuk Kesehatan Anak-Anak"

  1. Do you like to eat junk food? If you are like me, then you like them very much. Most of them are very tasty and it is really hard to resist them. They are found almost everywhere. But eating excessive junk foods is a food habit that you should really get rid of as early as possible. Why? Before knowing why you should avoid them you should understand what foods can be classified as junk foods. junk removal

    ReplyDelete
  2. A peep into your backyard might reveal the shocking realization that you have indeed a mountain of junk that is waiting to be disposed, which you have accumulated over the years. It may take the shape of renovation debris, old furniture and equipment, paint tins and a lot more. Disposing the same yourself may not sound to be an interesting prospect. In this article you will learn how to evaluate a junk removal company. Skip hire in Coventry

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel