-->

12 Bahaya Sering Mengkonsumsi Makanan Instan Bagi Kesehatan

Bahaya makanan instan - Bahaya makan makanan yang instan merupakan dampak buruk yang dihasilkan oleh makanan yang dikemas dalam bentuk kaleng, plastik atau bungkus-bungkus lain. Makanan yang instan bukan hanya mie instan saja tetapi bisa berupa nugget, kue kering, sosis, pizza, jenis keripik, keju, aneka macam biskuit, abon sapi, makanan snack dan masih banyak lainnya yang terdapat bahan-bahan tambahan yang bersifat adiktif dan karsinogenik yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh.
bahaya sering makanan instan dan cepat saji
Ilustrasi Makanan Instan

Di balik kepraktisannya makanan instan ini mengandung beberapa zat yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi telalu sering. Zat berbahaya yang terkandung pada makanan instan ini akan menumpuk pada tubuh dan bisa mengakibatkan ganguan kesehatan dikemudian hari. Beberapa zat kimia yang terdapat pada makanan instan diantaranya sebagai berikut : 
  • BHT (Butylated Hjdroxy Toluen)
  • BHA (Butylated Hjdroxy Anisol)
  • MSG (Monosodium Glutamate)
  • Pewarna (Rhodamin B)
  • Garam nitrit dan nitrat
  • Asam benzoat, Karbohidrat
  • Gula dan sodium benzoat
  • Kalium Karbonat
  • Natrium polifosfat
  • Asam malat dan Zat Tartrazine
  • Lemak dan gluten
  • Amino acid dan lecithin
  • Formalin dan Borakn (makanan instan tertentu)
  • Alginat dan gliserin
  • Zat stirofom pada plastik kemasan
  • PCM (Vinyl Chlorid Monomer dan timbal) pada kemasan yang kaleng

Perlu diketahui zat zat kimia di atas jika dikonsumsi terus menerus akan menumpuk pada tubuh karena tidak semuanya dapat larut dalam tubuh ketika proses metabolisme tubuh. Jika sudah terjadi penumpukan zat kimia pada tubuh yang berasal dari makanan instan dapat menyebabkan penyakit dan beberapa masalah kesehatan tubuh.

Bahaya Makanan Instan Bagi Kesehatan


Seyogyanya mengkonsumsi makanan instan dilakukan hanya dalam keadaan darurat saja, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara rutin atau terlalu sering. Dengan Mengkonsumsi makanan yang instan terus menerus maka akan menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh, diantaranya sebagai berikut :

1. Dapat menyebabkan kanker


Makanan yang terdapat pada mie instan mengandung MSG yang tinggi. Pada dasarnya semua makanan instan memakai Monosodium Glutamate bertujuan untuk cita rasa makanan yang lebih gurih dan lezat. Tetapi bahaya makanan instan yang menggunakan MSG terlalu tinggi justru akan menyebabkan rusaknya sel-sel sehat berubah menjadi abnormal dan memicu pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker usus, kanker hati dan kanker darah (Leukimia).

2. Beriso terkena Diabetes Tipe-2


Salah jenis penyakit diabetes adalah diabetes tipe-2 yaitu jenis kronis dimana kondisi penyakit yang berlangsung berjalan dalam jangka waktu lama. Untuk penyakit diabetes tipe-2 ini insulin yang ada pada tubuh tidak berfungsi secara baik.

Perlu diketahui dalam makanan instan dan cepat saji mengandung banyak kalori dan rendah nutrisi. Umumnya makanan instan ini mengandung banyak gula dan lemak jenuh bahkan lemak trans yang semuanya beresiko menyebabkan diabetes tipe-2.

3. Dapat menyebabkan serangan jantung koroner


Berdasarkan laporan studi di jurnal Circulation 2012 yang mengadakan penelitian terhadap orang-orang Singapura yang hobi atau sering mengkonsumsi makanan instan memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner. Industri makanan instan yang tumbuh pesat dan gaya hidup yang memilih untuk serba praktis menyebabkan masyarakat modern saat ini mengkonsumsi makanan instan dalam jumlah tinggi yang sebenarnya memiliki dampak buruk untuk kesehatan dimasa depan.

4. Bisa menyebabkan keracunan


Kandungan yang ada pada beberapa bahan pengawet termasuk sodium nitrat dan nitrit makanan instan dapat menyebabkan seseorang terserang keracunan. Jika mengkonsumsi makanan instan secara terus menerus setiap harinya dan dalam jangka panjang tanpa mengindahkan nasi sebagai bahan pokok utama, maka gejala yang ditimbulkan adalah mual, muntah, pusing, sesak nafas bahkan bisa mengakibatkan pingsan.

5. Otak menjadi rusak


Bahaya makanan instan yang lebih terfokus pada kandungan bahan pengawet dan pewarna yang ada di dalamnya. Bahan pengawet ini bisa mengendap dan membentuk kristal pada tubuh sedikit demi sedikit akan terbawa melalui aliran darah menuju jaringan otak sehingga akan mengakibatkan kemunduran dalam berfikir dan penurunan sinyal serta kecerdasan seseorang.

6. Mengakibatkan strok


Bahaya makan makanan instan dapat muncul akibat kandungan garam pada makanan instan yang cukup tinggi. Garam nitrat dan nitrit ternyata dapat menyumbat aliran darah dan menghambat kelancaran fungsi pembuluh arteri. Jika makanan instan dikonsumsi dalam jangka yang panjang dan terus menerus maka penyumbatan terjadi akibat penumpukan garam nitrat dan nitrit yang akan mengakibatkan struk ringan mendadak.

7. Gula darah meningkat


Makan makanan yang instan juga mengandung gula yang cukup tinggi yang bertujuan untuk keseimbangan rasa agar tetap lezat. Kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi pada makanan instan jenis biskuit, roti, kue kering dan lainnya dapat menyebabkan kadar gula dalam darah semakin meningkat, kondisi ini akan berpotensi besar memicu munculnya penyakit diabetes tipe 2.

8. Dapat menyebabkan obesitas


Kandungan kalori dan gula pada makanan instan cukup tinggi ini adalah salah satu dari munculnya bahaya dari makanan instan berupa tubuh mengalami kegemukan. Apapun jenis makanan instan yang memiliki bahan dasar karbohidrat maka sudah cukup untuk mempercepat kenaikan bobot tubuh dalam tempo yang singkat. Untuk itu imbangilah dengan minum air putih yang banyak dan juga buah, sayur agar terhindar dari kegemukan.

9. Tekanan darah yang tinggi


Bahaya makanan yang instan paling sering terjadi adalah naiknya tekanan darah karena di dalam makanan instan terkandung MSG. Sodium dan garam nitrat dan nitrit yang bergabung masuk dalam jaringan tubuh dan menyumbat serta mempersulit jalannya darah di pembuluh darah arteri yang akhirnya akan menyebabkan munculnya penyakit hipertensi.

10. Bisa mengganggu metabolisme tubuh


Dengan mengkonsumsi makanan instan yang berlebihan pada anak-anak dapat mempengaruhi metabolisme tubuhnya. Perkembangan dan pertumbuhan tubuh anak akan tersendat dan menjadi lambat untuk tinggi atau tidak mudah menjaga kegemukan (badan selalu kurus).

11. Gangguan pada usus


Zat yang terkandung pada makanan instan berbahan dasar karbohidrat dapat menekan dan melukai dinding usus sehingga usus akan mengalami luka. Bahan pengawetnya yang bersifat adiktif yang berbahaya jika melekat pada usus karena dapat menyebabkan usus luka kemudian lengket dengan dinding usus. Dengan kondisi ini dapat menimbulkan gangguan serius yang dapat berakhir di meja operasi.

12. Dapat menghambat hormon testosteron


Kaleng dan plastik kemasan makanan yang instan adalah pemicu munculnya bahaya makanan instan yang paling ditakuti masyarakat karena plastik atau kaleng kemasan terbukti mengandung zat kimia berbahaya yang dapat terakumulasi dengan suhu udara tertentu dan pada udara yang kontor rentan terkontiminasi oleh radikal bebas. Zat tersebut adalah zat stirofoam pada plastik kemasan dan PCM (Vinyl Chlorid Monomer dan timbal) yang ada pada kemasan kaleng dimana kedua zat tersebut bersifat karsinogenik pemicu munculnya kanker pada jaringan tubuh.

Setelah mengetahui beberapa dampak negatif yang ditimbulkan karena sering mengkonsumsi makanan instan maka dari sekarang kurangi makanan instan yang dikonsumsi dan segera beralih ke makanan sehat demi kebaikan dan kesehatan tubuh. Untuk menjaga kesehatan tubuh hindari makanan instan dan perbanyak makanan sehat seperti sayur dan buah. 

Itulah beberapa bahaya apabila sering mengkonsumsi makanan yang instan, untuk itu jagalah anak dan keluarga anda supaya hidup sehat dengan menghindari makanan yang instan. 

0 Response to "12 Bahaya Sering Mengkonsumsi Makanan Instan Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel