-->

Penting 24 Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Makanan Sehat Untuk Jantung - Dalam menjalani sebuah pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membuat kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit salah satunya adalah terhindar dari risiko penyakit jantung. Membiasakan mengkonsumsi makanan sehat adalah faktor utama dalam menjaga kesehatan karena sebagian besar penyakit ditimbulkan oleh makanan.
 Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Ilustrasi Makanan Sehat Untuk Jantung
Agar kita terhindar dari penyakit jantung kita harus bisa menerapkan pola hidup sehat ini seperti mengkonsumsi makanan sehat, olah raga secara teratur, istirahat teratur dan tidak merokok. Makanan memang memiliki dampak yang sangat besar bagi kesehatan kita maka dari itu kita harus tahu makanan yang baik untuk tubuh kita salah satunya baik untuk jantung.

Hal lain yang sangat penting adalah menghindari makanan instan dan cepat saji karena sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Dampak buruk yang timbulkan karena sering mengkonsumsi makanan instan adalah penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat menyumbat aliran darah sehingga berisiko terkena serangan jantung.

Makanan yang menyehatkan jantung adalah makanan yang mengandung senyawa fitonutrine yang terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Senyawa ini berfungsi membantu tubuh manusia bekerja dengan baik.

Selanjutnya akan dibahas makanan yang mengandung senyawa fitonutrine baik untuk kesehatan tubuh kita terutama membantu menjaga kesehatan jantung kita.

1.  Biji-bijian Utuh


Biji-bijian utuh ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita karena kaya akan vitamin dan gizi diantaranya protein, serat, antioksidan, vitamin B dan mineral, mineral yang terkandung adalah zat besi, zinc dan magnesium.

Makanan-makanan bijian utuh ini seperti gandum, beras merah dan jagung di dalam makanan tersebut terkandung sumber karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menurunkan risiko tekanan penyakit jantung.

2. Buah Apel


Apel sangat efektif mengurangi kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh dan dapat membantu mengatur gula darah maka dari itu dengan mengkonsumsi 1-2 apel perhari dapat mengurangi risiko tekanan jantung.

3. Bawang Putih


Bawang putih ternyata dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan dan bawang putih diketahui tidak mempengaruhi tekanan darah sehingga hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung kita, karena jika makin banyak mengkonsumsi garam akan makin tinggi dampak dari risiko tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

4. Kacang Kenari


Kacang kenari ternyata dapat menurunkan kolesterol dan kacang ini dapat melindungi jantung karena kacang kenari mengandung omega-3 dan juga lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan serat. Kita juga bisa mengganti lemak jahat yang ada di makanan gorengan dan cookies dengan mengganti minyak kenari.

5. Tahu


Tahu adalah makanan yang mengandung protein vegetarian yang sangat tinggi kaya akan mineral, serat dan lemak tak jenuh ganda yang baik untuk jantung. Tahu terbuat dari kedelai yang sejak lama sudah menjadi makanan sehat dan menjadi salah satu makanan yang paling sering ditemukan pada menu harian.

 6. Jeruk


Dalam sebuah study, dua cangkir jus jeruk perhari dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah juga dapat menurunkan tekanan darah. Jeruk memiliki serat perctin yang dapat melawan kolesterol, buah ini juga memiliki kalium yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

7. Buah Beri


Buah beri sangat bermacam-macam seperti stroberi, rasberi, dan blackberry yang dapat dijadikan camilan sehat untuk tubuh kita. Buah beri sangat banyak sekali kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti serat dan antioksidan yang mampu mengurangi terjadinya serangan jantung. 

8. Buah Anggur


Buah anggur banyak mengandung serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung, oleh karena itu anggur bermanfaat mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

9. Minyak Zaitun 


Minyak zaitun sangat kaya akan kandungan antioksidan yang menyehatkan bagi jantung. Minyak zaitun juga dapat melindungi pembuluh darah. Minyak zaitun ini juga dapat digunakan untuk menggantikan lemak jenuh seperti mentega dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Minyak ini dihasilkan dari buah zaitun yang dihancurkan. 

10. Ikan salmon 


Ikan salmon adalah ikan yang direkomendasikan sangat baik untuk jantung kita karena ikan salmon kaya akan omega-3. Omega-3 adalah lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan ritme jantung dan menurunkan tekanan darah. Omega-3 juga dapat mencegah peradangan pada jantung.

11. Rempah-rempah 


Menambahkan bumbu non garam adalah cara lezat untuk jantung sehat. Bila anda menambahkan bumbu rempah-rempah ke masakan sebagai pengganti garam anda sudah membuat pilihan yang tepat untuk jantung. Rempah-rempah akan menambahkan rasa tanpa memberikan efek buruk bagi tubuh kita. 

12. Kacang - Kacangan


Kacang selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung. Kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang sehingga dapat mencegah Anda mengkonsumsi banyak kalori. Selain itu kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker, penyakit parkinson dan alzheimer. Kacang-kacangan seperti kacang merah baik dikonsumsi ukuran tiga cangkir dalam seminggu. 

13. Ikan Tuna


Ikan tuna memiliki kandungan omega-3 yang tinggi yang sangat bagus untuk kesehatan jantung. Jenis Albacore (Tuna putih) memiliki kandungan omega-3 yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis ikan tuna lainnya. Harga ikan tuna lebih murah daripada ikan salmon namun kandungan omega-3 yang terkandung pada ikan tuna tidak kalah dengan kandungan omega-3 yang ada pada ikan salmon.

14. Kacang Almond


Kacang almond memiliki kandungan sterol, serat dan lemak yang baik untuk kesehatan jantung. Kacang almond termasuk salah satu jenis makanan yang paling efektif menurunkan kolesterol jahat. Untuk penderita kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk 20-30 makan kacang almond setiap harinya. Kandungan antioksidan pada kacang almond cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

15. Ubi Jalar


Ubi jalar mengandung banyak serat, vitamin A, dan lycopene. Ubi jalar tidak menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat. Ubi jalar termasuk jenis makanan sederhana namun dibalik kesederhanaannya kandungan antioksidan dan serat pada ubi jalar ternyata cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung.

16. Kacang Edamame


Kacang endemame di Indonesia sering disebut dengan kacang kedelai dari jepang walaupun sebenarnya kacang ini berasal dari Tiongkok. Biasanya kacang endemame sering dijadikan hidangan pembuka di restoran-resoran jepang. Kandungan protein pada kacang endemame terbilang cukup tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

17. Swiss Chard


Swiss chard adalah sayuran yang mirip dengan bayam namun daunnya lebih lebar dan batangnya berwarna. Sayuran ini kaya akan kalium dan magnesium yang sangat baik dalam mengontrol tekanan darah. Swiss chard memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga menjadi jenis makanan yang sehat untuk jantung. Selain itu kandungan vitamin A, antioksidan lutein dan zeaxanthin sangat baik untuk kesehatan tubuh.

18. Oatmeal


Oatmeal dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Serat oat pada oatmeal dapat menyehatkan jantung Anda, oleh karena itu semangkuk oatmeal hangat bisa mengisi perut Anda yang kosong dalam beberapa jam sehingga dapat menghindari Anda ngemil dan menjaga kadar gula agar selalu stabil setiap waktu.

19. Biji Flaxseed


Makanan berupa biji yang berwarna mengkilap seperti madu ini kaya akan kandungan serat, lemak baik seperti asam lemak omega-3, protein, karbohidrat serta beberapa jenis vitamin dan mineral. Kandungan serat dan omega-3 pada biji flaxseed memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

20. Buah Cherry (Ceri)


Buah mungil yang memiliki warna merah menggoda merupakan jenis makanan sehat dari sejak zaman romawi kuno. Selain enak dan menggoda buah ceri sangat kaya akan antioksidan yang disebut dengan anthocyanin yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dan kesehatan jantung Anda.

21. Kentang 


Kentang adalah jenis makanan yang ideal untuk kesehatan jantung karena mengandung potassium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga mengurangi kinerja jantung, tentu hal ini akan membuat jantung Anda lebih sehat. Agar kandungan gizi yang ada pada kentang tidak menurun saat dimakan sebaiknya konsumsi kentang yang direbus tidak digoreng.

22. Yoghurt


Susu terkenal sangat baik untuk pertumbuhan tulang gigi karena mengandung kalsium dan kalium. Bukan hanya itu saja susu juga baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi sehingga dapat menyehatkan jantung Anda. Produk olahan susu salah satunya adalah yughurt yang kaya akan kalsium dan kalium. 

22. Barley


Barley merupakan biji-bijian yang masih termasuk dalam keluarga gandum, bahkan bentuknya sangat mirip dengan gandum. Berley adalah jenis makanan yang rendah kalori, kaya akan vitamin dan nutrisi serta kaya akan serat sehingga menjadikan barley makanan yang sehat untuk jantung Anda. Kandungan serat yang terdapat pada barley dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan juga mengontrol kadar gula dalam darah.

23. Tomat


Tomat adalah salah satu makanan paling sehat karena tinggi akan kandungan potassium yang sangat ideal untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Tomat juga merupakan sumber lycopene antioksidan yang berfungsi untuk mengusir kolesterol jahat dalam tubuh agar pembuluh darah tetap terbuka dan menurunkan risiko penyakit jantung.
 

24. Alpukat


Buah alpukat sama seperti minyak zaitun yaitu kaya akan kandungan lemak monounsatured yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Buah alpukat dapat dimakan langsung atau dicampur dengan makanan lain serta dapat diminum dalam bentuk jus. Selain tinggi akan kandungan potassium alpukat juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh terutama jantung.

Beberapa jenis makanan yang sudah dijelaskan di atas semuanya baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Selain mengatur pola makan dan mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung, kita juga harus membatasi asupan garam pada masakan yang akan kita konsumsi karena tubuh kita hanya membutuhkan ( 5-6 Gram garam per hari ) atau setara dengan 2 ribu Mg sodium (natrium) per hari.

Apabila seseorang yang memiliki risiko terkena penyakit jantung dianjurkan mengkonsumsi sodium atau garam hanya 1500 mg tidak boleh lebih. Untuk lebih maksimal lagi dalam menjaga kesehatan tubuh kita perlu olahraga secara rutin dan hindari merokok agar tubuh sehat dan terkhusus jantung kita bisa terjaga agar senantiasa kuat dalam memompa darah ke seluruh tubuh dengan sempurna.

0 Response to "Penting 24 Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel