-->

9 Tips Terpercaya Agar Anak Selalu Sehat Tidak Mudah Sakit

Tips Agar Anak Selalu Sehat - Semua orang tua tidak ingin anak nya jatuh sakit dan selalu ingin anaknya tumbuh dengan sehat dan mempunyai prestasi cemerlang. Sebagai orang tua maka sudah seharusnya memperhatikan semua aspek pertumbuhan anak terutama pada tahun pertama kehidupannya karena 80 % pertumbuhan otak terjadi pada masa itu. Kesehatan anak juga harus diperhatikan sejak dini sehingga orang tua juga harus mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan buah hati.
cara agar anak selalu sehat tidak mudah sakit
Ilustrasi Anak Sehat
Ketika anak jatuh sakit para orang tua tentu akan menjadi panik dan sedih karena melihat anaknya lemas dan tak berdaya, apalagi saat ini kita menghadapi penghujung tahun biasanya dibulan-bulan akhir ini akan memasuki musim hujan. Sudah kita ketahui bahwa musim hujan selalu identik dengan penyakit kuman dan bakteri, itulah sebabnya kenapa anak-anak sering terkena penyakit seperti batuk, pilek dan demam hingga diare pada saat musim hujan tiba. 

Anak yang paling rentan sakit biasanya adalah anak yang umurnya di bawah atau kurang dari satu tahun. Banyak penyebab anak jatuh sakit namun penyebab yang paling besar adalah adanya infeksi virus. Kenapa balita sering sekali jatuh sakit? itu karena sistem imunnya belum sepenuhnya sempurna. Biasanya para orang tua akan membawa anaknya ke mana-mana, sementara di luar rumah banyak sekali kuman penyakit bertebaran.

Anak-anak dan balita juga sangat suka sekali memasukkan apa saja ke dalam mulutnya, sementara orang tua tidak bisa mengawasinya dengan penuh 24 jam. Oleh sebab itu sangat lah penting peran orang tua untuk mengajari anak hidup lebih sehat sejak dini supaya ke depannya anak akan tumbuh sehat dan pintar. Berikut ini akan kami bagikan Tips cerdas agar anak selalu sehat dan tidak mudah sakit.

Tips Agar Anak Selalu Sehat


1. Mengkonsumsi asupan yang bergizi


Salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan memastikan anak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi. Anda harus pintar menghidangkan makanan yang bergizi yang memang baik untuk kesehatan baik dalam menu utama ataupun camilan. Silahkan Anda batasi frekuensi anak jajan di luar rumah, lebih baik Anda membuat camilan sendiri untuk anak-anak Anda sehingga asupan gizi dan kebersihannya lebih terjamin. 

Dan berikan pengertian yang tepat pada anak mengenai alasan tidak bolehnya jajan yang sembarangan atau bahayanya makan di luar, contohnya: makanan yang tidak dimasak oleh ibu tidak akan terjamin kebersihannya, sehingga beresiko sakit perut, batuk pilek, dan bisa demam.

2. Rajin mencuci tangan


Lembaga kesehatan dunia (WHO) menganjurkan bahwa setiap orang harus mencuci tangan dengan sabun agar mencegah kuman masuk dalam tubuh manusia. Anda padat mengajarkan kebiasaan-kebiasaan ini pada si buah hati sejak dini. Ajaklah anak mencuci tangan saat-saat tertentu seperti setelah makan dan sebelum makan, saat baru pulang bepergian, hendak mau tidur, dan setelah bermain. Hendaklah mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun. Kebiasaan ini dapat mencegah kuman masuk dalam tubuh sehingga anak-anak akan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Penuhi kebutuhan cairan


Tubuh manusia sangat butuh yang namanya cairan untuk menjaga segala proses di dalamnya dan proses metabolisme tubuh lainnya yang mana semua itu membutuhkan cairan yang cukup dalam menunjang kelangsungan proses secara optimal. Bila tubuh kekurangan cairan maka akan mengalami dehidrasi atau kurang cairan. Bila sudah dehidrasi maka tubuh akan lebih rentan terserang penyakit, oleh sebab itu pastikan anak-anak anda selalu terpenuhi cairan dalam tubuhnya dengan cara rutin minum air putih.

4. Jaga kebersihan


Kita semua tahu bahwa kotoran dan kuman adalah salah satu penyebab anak sering sakit bahkan bibit kotoran akan lebih mudah berkembang sehingga semakin cepat menjadi sarang penyakit jika terkena tubuh. Nah, disinilah peran orang tua sangat penting, seorang ibu dituntut sebisa mungkin untuk menjaga kebersihan lingkungan, makanan, terutama kebersihan di area kuku, gigi, pakaian dan mainan anak, sebab hal-hal tersebut merupakan sumber terkecil kuman untuk menyerang imun anak atau kekebalan tubuh anak.

5. Berikan anak Anda madu


Untuk bayi yang berusia di atas 2 tahun bisa Anda berikan madu untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Seperti yang kita tahu bahwa madu mengandung anti virus anti kuman dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Sekarang banyak sekali supermarket atau apotik yang menyediakan madu. Beberapa produk manud anak memiliki kemasan yang menarik sehingga anak tidak lagi takut untuk minum madu seperti halnya anak-anak biasanya yang takut untuk minum obat.

6. Ajak anak Anda untuk berolahraga


Bukan hanya orang dewasa atau orang tua saja yang dianjurkan untuk berolah raga tetapi anak-anak juga sudah mulai bisa diajak olahraga walaupun gerakannya hanya yang ringan, karena dengan tubuh yang aktif otomatis aliran darah juga akan lancar sehingga kecukupan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh semakin membaik. Hal ini tentunya akan membuat anak semakin bugar, jadi bukan hanya orang dewasa saja ya mams yang butuh olahraga.

7. Melakukan imunisasi sesuai jadwal


Jagalah kesehatan anak Anda dengan cara melakukan imunisasi karena imunisasi terbukti dapat membantu dan memperkuat daya tahan tubuh anak terhadap berbagai penyakit. Untuk itu jangan khawatir lagi bawa anak anak ke posyiandu atau klinik-klinik terdekat dan pastikan anak Anda jika di imunisasi dalam keadaan sehat, tidak batuk pilek, tidak demam atau diare.

8. Tidur yang teratur


Seorang Anak sangat membutuhkan waktu tidur yang cukup banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Dengan memenuhi tidur si kecil ini adalah salah satu bentuk untuk menjaga kesehatannya, kebutuhan anak usia 1-3 tahun membutuhkan waktu tidur sebanyak 12-14 jam perharinya, anak usia 4-6 tahun membutuhkan waktu untuk tidur sekitar 11-13 jam perharinya. Penuhi kebutuhan anak-anak Anda dengan menciptakan pola tidur yang teratur ini adalah sebagai bagian dari pembentukan pola hidup yang sehat.

9.  Berikan nutrisi yang berimbang


Nutrisi sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak salah satunya adalah untuk membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Berikan makanan yang banyak mengandung vitamin C dengan membiasakan anak untuk gemar mengkonsumsi buah dan sayur- sayuran seperti brokoli, sawi, jeruk, stroberi dan lainnya. Selain makanan yang mengandung vitamin C berikan juga makanan yang yang mengandung vitamin D seperti ikan tuna dan susu.

Itulah tadi beberapa tips cerdas agar anak tidak mudah sakit dan selalu sehat, sangat sederhana bukan? namun terkadang kita para orang tua kurang fokus dalam memperhatikan kebutuhan dan keadaan anak. Faktor orang tua merupakan salah satu pemicu yang menyebabkan anak mudah sakit. Oleh sebab itu supaya anak tidak mudah sakit awasi anak anda dengan sebaik mungkin.

0 Response to "9 Tips Terpercaya Agar Anak Selalu Sehat Tidak Mudah Sakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel