-->

10 Cara Mengusir Semut dan Membasmi Semut Di Rumah

Pernahkah anda melihat pasukan semut berbaris melintasi barang-barang yang ada di rumah Anda?
Jika pernah, normalnya orang akan merasa kurang nyaman dengan beberadaan semut di tempat-tempat tertentu seperti, di meja, lantai, dan dalam lemari. Apa lagi jika semut berkerumun di makanan yang akan kita santap dan sedang lapar-laparnya. Untuk pembahasan kali ini akan menjelaskan cara mengusir dan membasmi semut dari rumah.

Mengingat keberadaan semut di dalam rumah membuat resah dan kurang nikmat untuk dipandang, tentu perlu adanya solusi untuk mengatasinya. Solusi agar semut tidak lagi berada di dalam rumah adalah dengan membasminya. Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk menghilangkan atau membasmi semut yang ada di rumah. Untuk itu, ikuti cara-cara yang akan kami jelaskan dibawah ini. 

Cara Mengusir Semut Dari Rumah


Sebenarnya cara menghilangkan semut di rumah ada beberapa cara, namun cara yang paling aman adalah dengan menghilangkan hal-hal yang semut senangi. Hal-hal yang semut senangi seperti, gula atau benda yang rasanya manis, sisa makanan, dan serangga-serangga yang sudah mati. Untuk itu, cara yang paling efektif adalah membersihkan rumah dari segala sesuatu yang disukai semut atau menutup rapat-rapat benda-benda seperti gula.
Cara Menghilangkan dan Membasmi Semut
Banyak Semut Di Rumah, Ini Cara Membasminya

1. Mengenali Koloni Semut Dan Ratunya


Semut memiliki tugas masing-masing dalam berkoloni. Semut yang sering terlihat berjalan-jalan di sekitar rumah disebut dengan semut pekerja yang mencari dan membawa makanan ke sarang. Nah, ada juga semut yang hanya bertugas berkembang biak alias bertelur saja. Semut tersebut disebut dengan ratu semut.

Untuk mengatasi semut-semut yang berada di dalam rumah, maka Anda harus mengetahui sarangnya. Ketika Anda sudah mengetahui tempat tinggal atau sarangnya, maka Anda akan mudah membasmi semut langsung di sarangnya. Karena dengan membasmi semut langsung pada sarangnya, ratu semut yang memiliki tugas bertelur akan ikut mati.


2. Menggunakan Cuka


Cukup dengan usap larutan ini ke bawah kaki meja, kursi, lemari atau tempat-tempat lainnya dimana anda melihat semut. Basmi mereka dengan campuran cuka putih yang dicampur air. Ulang proses ini berkali kali agar larutan ini bekerja dengan maksimal. 

Mengapa larutan ini dapat bekerja? ada alasan untuk menjelaskan, yang pertama adalah semut sangat benci dengan bau cuka, karena bau cuka dapat menghilangkan jejak bau yang mereka tinggalkan untuk kembali kesarangnya. Amati semut dan Anda akan melihat bahwa mereka semua mengikuti jalan yang sama untuk masuk dan keluar dari sarang. 

Peringatan:

Penggunaan cuka ini tidak cocok untuk properti yang terbuat dari batu alam. Jika anda menggunakan granit, marmer atau beberapa jenis lainnya, gunakan pembersih semprotan reguler untuk membasmi semut di rumah anda.

2. Menggunakan Borak


Silahkan Anda campurkan borak dengan jeli, yaitu dengan takaran yang seimbang, kemudian tempatkan cairan itu ke tempat dimana semut akan menemukannya. Jika Anda masih mempunyai anak kecil, jauhkan cairan ini dari jangkauannya. Ini memang bahan alami tetapi sedikit mengandung racun. Bagaimana borak bekerja? setelah dikonsumsi semut, borak dapat merusak sistem pencernaan semut dan kerangka lainnya, ini berarti kematian bagi koloni semut.

3. Kapur Bayi


Silahkan gambar atau goreskan kapur tepat di tempat semut masuk ke rumah Anda. Kapur ini akan bertindak sebagai penghalang ketika akan lewat dan masuk garis-garis kapur secara berkala.  Mengapa kabur bisa mencegah semut? Beberapa orang pernah berfikir jika semut tidak menyukai kalsium karbohidrat yang terdapat di kapur. Sebagian lagi mengira garis kapur dapat mengganggu jejak aroma yang ditinggalkan semut. Apapun alasannya nampaknya anda harus melakukannya dan kemudian lihat hasilnya.


4. Menggunakan Herba Rempah-Rempah Minyak Atsiri


Anda bisa menaburi kayu manis, mint, lada hitam, cabai bubuk dan beberapa siung bawang putih di daerah tempat anda melihat semut. Kemudian bersihkan pondasi rumah Anda dengan cara yang sama. Menempatkan daun salam di lemari, laci dan wadah bisa juga membantu mencegah semut datang dan berkeliaran. Minyak esensial tertentu juga terbukti efektif melawan semut, tempatkan beberapa tetes peppermint, citrus atau miyak kayu manis pada beberapa kapas, kemudian taruhlah ke tempat yang biasanya menjadi sarang semut, ganti kapas saat wanginya habis.

5. Mentimun Atau Jeruk


Dengan membiarkan mentimun dan kulit jeruk disimpan di daerah yang terdapat banyak semut, akan mencegah koloni semut datang kembali. Mentimun dan kulit jeruk bersifat racun terhadap hormon yang dihasilkan oleh semut, jadi semut akan akan menghindarinya. Jika anda ingin membasmi semut di kamar mandi atau di dapur, beralihlah untuk menggunakan pembersih yang berasal dari mentimun atau jeruk. Untuk hasil terbaik, carilah produk pembersih yang mengandung minyak sitrus atau mentimun yang asli.

6. Ampas Kopi


Apakah anda termasuk seorang pecinta kopi? Jika benar, biasakan diri anda untuk memercikkan ampas kopi bekas di kebun dan di sekitar bagian luar rumah anda. Mengapa ini bisa bekerja? karena semut tidak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh kopi, karena kopi penuh dengan mineral seperti potasium, fosfor dan magnasium. Hal ini juga sangat bagus untuk tanah kebun anda.

7. Merica Bubuk


Jika semut telah menyerang dapur untuk mencari gula atau makanan yang lainnya, Anda tidak perlu panik. Taburkan bubuk lada ditempat semut berkumpul. Anda juga bisa menggunakan bubuk cabai rawit dan taburkan di daerah dimana semut mencari makanan seperti di meja, di dekat wastafel samping meja anda. Jika anda menemukan koloni rumah semut dan tempatnya tidak jauh dari anda, anda bisa langsung menaburinya dengan merica bubuk.

8. Tepung Terigu


Anda bingung bagaimana cara menyingkirkan semut tanpa pestisida yang berbahaya untuk kesehatan? Jika ia silahkan gunakan yang sederhana seperti menaburkan tepung. Cukup taburkan tepung ke deretan bagian belakang dapur atau dibagian dimana anda melihat koloni semut. Hal ini bisa membantu semut tidak akan kembali lagi kerumah.

9. Dengan Menggunakan Daun Siri


Daun siri biasanya digunakan sebagai bahan susur (kunyah-kunyah) oleh orang tua pada zaman dahulu. Daun Siri ternyata tanaman yang juga mampu mengatasi masalah semut yang ada di rumah. Anda hanya perlu menggunakan beberapa lembar daun siri dengan diremas-remas sampai mengeluarkan aroma. Letakkan daun siri yang diremas tadi pada sarang atau kerumunan semut. Aroma ini sangat tidak disukai oleh semut, dan semut tidak akan kembali lagi.

10. Dengan Menggunakan Sabun


Cara ini memang sangat unik, selain memanfaatkan sabun untuk mandi ternyata sabun bisa juga dapat mengusir semut. Caranya cukup dengan melarutkan sabun dengan air, kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Percikan atau semprotkan cairan sabun tersebut ke tempat-tempat semut berkerumun atau langsung pada sarang semut.

Itulah beberapa cara mengusir dan membasmi semut yang ada di rumah anda. Pastikan anda dengan berhati-hati jika membasmi semut, karena semut bisa menggigit kaki Anda dan apabila tidak tahan, kaki akan bengkak dan gatal.

0 Response to "10 Cara Mengusir Semut dan Membasmi Semut Di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel