-->

15 Ciri-Ciri Makanan Sehat Di Sekitar Kita Yang Harus Kamu Tahu

Sekarang ini banyak sekali penyakit-penyakit yang berbahaya yang dapat mengancam tubuh kita. Dan semua itu salah satu penyebabnya adalah dari makanan yang tidak sehat. Agar dapat hidup sehat tanpa adanya gangguan maka kita harus mengkonsumsi makanan yang sehat juga. Maksud makanan sehat di sini adalah makanan yang cukup kandungan gizi agar bisa membantu kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa adanya gangguan dalam tubuh.
Makanan sehat untuk kesehatan
Ilustrasi Makanan Sehat | Sumber : pixabay.com

Saat ini sebagian orang cenderung memilih makanan yang disukai dan memilih yang serba praktis tanpa banyak mempertimbangkan nilai gizi yang terkandung pada makanan tersebut. Padahal makanan sehat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang ciri-ciri makanan yang sehat sehingga baik untuk tubuh Anda baik sekarang atau masa yang akan datang atau masa tua.

Ciri-Ciri Makanan Sehat


Mengenali makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi sangatlah penting demi menjaga kesehatan tubuh. Jika mengetahui ciri makanan sehat maka akan lebih berhati-hati dalam memilih atau mengkonsumsi makanan karena akan cenderung mementingkan kandungan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Nah, ciri-ciri makanan sehat diantaranya sebagai berikut : 

1. Makanan Tidak Ber-MSG


Memang makanan yang lezat dan nikmat disemua lidah adalah makanan yang ber-MSG, tetapi perlu Anda ketahui bahwa MSG tidaklah baik untuk kesehatan Anda karena dapat mengakibatkan resiko penyakit kanker bila dikonsumsi dalam waktu yang panjang. Biasanya makanan-makanan yang ber-MSG ini terdapat pada makanan yang sudah diolah seperti makanan-makanan ringan. Jadi lebih baik membuatnya sendiri di rumah agar lebih sehat dan terjaga kehigenisannya.

2. Kandungan Serat Yang Cukup 


Makanan yang mempunyai kandungan serat tentu akan baik untuk tubuh kita seperti gado-gado yang terbuat dari sayuran dan lalapan. Untuk mengolahnya dengan cara dikukus saja agar asupan serat terpenuhi dan tidak hilang dengan sia-sia.

3. Cukup Matangnya


Makanan yang sudah matang tentu akan enak dan akan lebih sehat. Jika makanan belum matang maka akan menimbulkan virus seperti sate yang setengah matang atau telur setengah matang. Hal ini tentu sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan anak-anak. Banyak yang mengalami gangguan setelah mengkonsumsi makanan yang setengah matang seperti diare, karena makanan yang setengah matang itu virus yang terkandung dalam makanan belum sepenuhnya mati. 

4. Komposisi Seimbang


Makanan yang baik dan sehat merupakan makanan yang mengandung komposisi gizi atau nutrisi yang seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, semua ini tentu haruslah seimbang. Makanan yang seperti ini biasanya digunakan untuk program diet.

5. Kandungan Garam Sedikit


Makanan yang sedikit garam adalah makanan yang paling sehat karena jika garam terlalu banyak ini akan mengakibatkan tekanan darah naik. Untuk makanan yang dibuat dengan menggunakan garam sebaiknya gunakan garam yang beriodium tinggi dan penggunaan garam juga tidak boleh terlalu tinggi.

6. Minyak Goreng Sedikit


Makanan yang digoreng atau istilahnya gorengan dengan menggunakan minyak yang suhu tinggi bisa memicu rusaknya gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Apalagi menggoreng makanan dengan menggunakan minyak jelantah yaitu minyak yang sudah dibuat untuk menggoreng makanan kemudian digunakan lagi, ini sangat berbahaya. Mungkin dampak dari minyak tersebut tidak secara langsung tapi suatu saat pasti akan menjadi kanker.

7. Makanan yang Mengandung Air Garam dan Mineral


Makanan sehat selanjutnya yaitu makanan yang kandungan air garam dan mineralnya terpenuhi, sehingga makanan ini sangat baik untuk Anda konsumsi. Jadi selain adanya kandungan vitamin, karbohidrat, lemak dan protein anda harus memastikan bahwa makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda adalah yang bergaram mineral tinggi.

8. Lemak Hewani Yang Cukup


Makanan sehat yang selanjutnya yaitu makanan yang kandungan lemak hewaninya cukup. ketika kita makan dengan menggunakan lauk itu saja sudah cukup, tak perlu banyak-banyak.

9. Tidak Menggunakan Santan


Sayuran atau camilan yang bersantan seperti rendang, opor, nutrijel yang bersantan dan masih banyak yang lainnya mengandung lemak yang tinggi. Jangan terlalu sering atau banyak mengkonsumsi makanan yang bersantan karena jumlah kolestrol jahat dalam tubuh akan semakin meningkat.

Dampak dari Anda seringnya mengkonsumsi santan ini tidak secara langsung tetapi bisa Anda rasakan ketika beberapa tahun kemudian. Anda bisa mengalami penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung yang mematikan.

10. Makanan Yang Terlalu Pedas


Makanan pedas memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pencintanya. Dengan memakan makanan yang pedas biasanya akan ketagian dan akan semakin bertambah porsi makannya. Tetapi Anda perlu berhati-hati karena makanan yang pedas bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dan gejala yang ditimbulkan adalah perut akan mulas kemudian diare. Makan makanan yang pedas juga akan menyebabkan sakit maag oleh sebab itu kurangi makanan yang terlalu pedas demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

11. Rasa Manis Yang Cukup


Makanan yang menyehatkan adalah makanan yang rasa manisnya tidak berlebihan karena makanan yang terlalu manis akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan semakin naik bisa menjadi diabetes dan serangan jantung.

12. Porsi Yang Cukup


Makanan makanan yang terlalu banyak adalah hal yang terpenting harus Anda perhatikan. Memang terkadang kita lupa saking lezatnya makanan tersebut membuat kita menjadi rakus. Jangan terlalu banyak makan sekalipun itu bergizi karena yang berlebihan itu juga tidak baik. Ambillah makanan yang jumlahnya cukup yang tidak begitu membuat perut kekenyangan. Ketika perut Anda kekenyangan maka yang ditimbulkan perut akan sakit dan rasanya ingin muntah.

13. Makanan Yang Mengandung Kalori


Kandungan Kalori merupakan kandungan yang perlu Anda perhatikan disetiap makanan Anda. Sebaiknya setiap makanan yang masuk ke perut anda harus yang berkalori. Karena kalori adalah sumber tenaga yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Makan lah makanan yang berkalori yang cukup dan jangan terlalu banyak karena ini akan berisiko kelebihan berat badan.

14. Tidak Terlalu Panas


Makan makanan panas seperti soto ataupun bakso memang paling enak disantap ketika masih panas. Mungkin ada beberapa orang yang baik-baik saja dan tahan dengan makanan yang panas tetapi perlu Anda ingat bahwa makan makanan yang panas akan merusak gigi.

15. Makanan Yang Higenis


Makanan yang sehat adalah makanan yang sudah bersih atau higenis. Makanan yang hegenis ini adalah makanan yang menjadi faktor penentu kesehatannya. Dengan terjaganya kebersihan maka kuman tidak akan masuk ke dalam tubuh kita, bahkan makanan yang sehat wajib mempunyai syarat yang satu ini. Jadi buat apa makanan yang bergizi tetapi tidak bersih malah akan menjadi masalah baru untuk kita.

Itulah tadi ciri-ciri makanan sehat yang ada di sekitar Anda yang harus Anda ketahui. Tetapi tetap ingatlah bahwa yang berlebihan itu sangat tidak baik. So, konsumsilah makanan dengan porsi yang cukup. Terima kasih semoga bermanfaat

0 Response to "15 Ciri-Ciri Makanan Sehat Di Sekitar Kita Yang Harus Kamu Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel